Penguatan Baca Tulis Al-Qur’an Bagi Siswa di Laboratorium Ismubaquristik SMP Muhammadiyah 1 Medan
DOI:
https://doi.org/10.24256/iqro.v8i2.8111Keywords:
Baca Tulis Al-Qur’an, Laboratorium Ismubaquristik, penguatanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penguatan baca tulis Al-Qur’an di laboratorium Ismubaquristik dan bagaimana pemanfaatan laboratorium Ismubaquristik untuk penguatan baca tulis Al-Qur’an di SMP Muhammadiyah 1 Medan. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif melalui pendekatan penelitian lapangan dengan menggabungkan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dimulai dengan mengumpulkan data, mereduksi data penyajian data dan diakhiri dengan penarikan kesimpulan. Penelitian dilakukan di SMP Muhammadiyah 1 Medan yang berlokasi di Jl. Demak No. 1, Medan Area, Sumatera Utara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penguatan baca tulis Al-Qur’an dilaksanakan melalui beberapa tahapan yaitu pertama, perencanaan dengan seleksi. Kedua, pengelompokan berdasarkan kemampuan yang terbagi atas 1) Iqro’ Jilid 1-3, 2) Iqro’ Jilid 4-6 dan Baca Tulis Al-Qur’an. Ketiga, Metode pembelajaran berdasarkan ketuntasan materi ajar yang terbagi atas 1) Mahir dan 2) Kurang Mahir. Adapun pemanfaatan laboratorium dalam penguatan baca tulis Al-Qur’an adalah pertama, mendukung pembelajaran agama Islam. Kedua, tersedianya alat peraga sebagai sarana. Ketiga, melatih kemampuan siswa dan guru.
References
Abadi, abu ath-thayib muhammad syamsul haq al azhim. (2008). AUNUL MABUD Syarah SunanAbu Daud. Pustaka Azzam.
Agustia, nanda rahayu, Batubara, fitri amaliyah, & Nofianti, R. (2023). meningkatkan kesadaran beribadah sholat pada anak melalui bimbingan orang tua. pt. sonpedia publishing indonesia.
Aswanto, F., Yusri, F., & Yunita, sri darma. (2024). Peran Pengasuh dalam Membentuk Karakter Religius Anak di Panti Asuhan Yayasan Gerakan Bunda Berbagi. Jurnal Inspirasi Pendidikan (ALFIHRIS), 2(2), 67–76.
Bandura, A. (2019). Social Learning Theory: Applications in Modern Education.
Dalmeri. (2014). PENDIDIKAN UNTUK PENGEMBANGAN KARAKTER (Telaah terhadap Gagasan Thomas Lickona dalam Educating for Character). Al-Ulum, 14(1), 269–288.
Dewi, R. M. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pengamalan Ibadah Sholat Pada Remaja. Jurnal Pendidikan Agama Islam Indonesia (JPAII), 2(3), 38–42. https://doi.org/10.37251/jpaii.v2i3.597
Elisya, D. W. P., & Jatiningsih, O. (2023). STRATEGI PENGEMBANGAN JIWA KEPEMIMPINAN ANAK DI PANTI ASUHAN MUSLIMAT NU DARUL MUHSININ PONOROGO. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 11(1), 237–255.
Goa, L. (2020). Peran Pengasuh Dalam Pelayanan Anak Berkebutuhan Khusus di Wisma Dewandaru Kota Malang. SAPA - Jurnal Kateketik Dan Pastoral, 5(1), 70–87. https://doi.org/10.53544/sapa.v5i1.124
Hastjarjo, D. (2021). Sekilas Tentang Kesadaran (Consciousness),Buletin Psikologi 13. pustaka pelajar.
Hastuti, D. (2022). pengasuhan: Teori, Prinsip, Dan Aplikasinya Di Indonesia. IPB press.
Heriyati, P., & Kurniatun, T. C. (2022). Pemberdayaan Ruang Publik Terpadu Rumah Anak Sebagai Pengembangan Potensi Usaha Kecil Warga. qiara media.
Husna, K., & Arif, M. (2021). Ibadah dan praktiknya dalam masyarakat. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 4(2), 143–151.
KBBI. (2024). KBBI VI Daring. badan pengembangan dan pembinaan bahasa.
Kohlberg, L. (1969). Stage and sequence: The Cognitive-Developmental Approach to Socialization. In D.A. Goslin. Handbook of Socialization Theory and Research. Rand McNally.
Majah, abu abdullah muhammad bin yazid ibnu. (1992). sunan ibnu majah (tarjamah sunan ibnu majah). CV. Asy syifa’.
Majieb, M. A. (2022). Kamus Istilah Fiqih. PT. Pustaka Firdaus.
Maryani. (2021). Esensi Ibadah dan Pengamalannya Perspektif Hukum Islam. Jurnal Literasiologi, 7(1), 1–15.
Muis, M. A., Pratama, A., Sahara, I., Yuniarti, I., & Putri, S. A. (2024). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Bangsa di Era Globalisasi. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 7(7), 7172–7177.
Noviani, R. C. (2020). Perilaku Kelekatan Aman Balita Pada Pengasuh di TPA. Perdana Publishing.
Octaviana, D. R., Fadlilah, K., & Ramadhani, R. A. (2023). Peningkatan Kesadaran Beribadah Peserta Didik melalui Pembelajaran Ibadah Amaliyah dan Ibadah Qauliyah di Lembaga Bimbingan Masuk Gontor IKPM Magetan. Shibghoh: Prosiding Ilmu Kependidikan UNIDA Gontor, 2, 675–687.
Praekanata, W. I., Yuliastini, N. K. S., Zagoto, S. F. L., & Ratnaya, I. G. (2023). KAJIAN KESEHATAN MENTAL PADA ANAK-ANAK YATIM PIATU. Jurnal Pelita Paud, 8(1), 257–263.
Raihani, U., Syam, H., & Afrita, S. (2024). Peran Panti Asuhan dalam Menanamkan Pendidikan Karakter Anak Asuh (Studi Kasus Panti Asuhan ’Aisyiyah Putri di Kelurahan Tiakar Hilir, Kecamatan Payakumbuh Utara, Kota Payakumbuh). Faedah : Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(1), 17–26.
Rattu, P. N., Pioh, N. R., & Sampe, S. (2022). Optimalisasi Kinerja Bidang Sosial Budaya Dan Pemerintahan Dalam Perencanaan Pembangunan (Studi Di Kantor Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian Dan Pengembangan Daerah Kabupaten Minahasa). JURNAL GOVERNANCE, 2(1), 1–9.
Ritonga, anas habibi. (2020). gerakan dakwah muhammadiyah dan pemberdayaan sosial ekonomi masyarakat. agree media publishing.
Shiddiqy, H. A. (2022). Kuliah Ibadah. PT. Pustaka Rizki Putra.
Shihab, m. quraish. (2002). tafsir al-misbah. lentera hati.
Sholikatin, hafsah kurnia binti, Natasya, A., & Munawir. (2024). Optimalisasi Peran Masjid sebagai Sarana Pendidikan Islam di Indonesia. JURNAL BASICEDU, 8(2), 1411–1419.
Solehuddin, D., & Suminar, D. R. (2021). PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP KESEJAHTERAAN SUBJEKTIF REMAJA YATIM PIATU. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Perkembangan, 7, 21–28.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
SUMIYATI, SHOFIYATI, & Marlina, H. (2023). Penanaman Nilai Agama dan Moral (Ibadah Sholat ) Dalam Pendidikan Keluarga pada Anak usia dini. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 17–28. DOI: 10.24235/awlady.v9i1.10186
Walgito, B. (2021). Psikologi Sosial. andi offset.
Zulfa, N. A., Sutrisno, & Sari, N. (2024). Pembentukan Karakter Islami Anak Usia Dini : Tinjauan Peran Pendidik. Nak-Kanak: Journal of Child Research, 1(November), 153–163. DOI: https://doi.org/10.21107/njcr.v1i4.82
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Rizky Nurfadillah, Ahmad Yunus Mokoginta Harahap

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.