TANTANGAN PEMBELAJARAN DARING DI INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.24256/kelola.v5i2.1397Keywords:
Online learning, teacher quality, learning infrastructureAbstract
This article contains the challenges faced by the Indonesian education world in the implementation of online learning. The method used is literature study by collecting various sources that discuss the challenges of online learning in Indonesia. The literature search results show that there are two main challenges to online learning in Indonesia, namely the quality of teachers and infrastructure. Teacher quality is related to the ability of teachers to use information technology in the learning process which is considered to be very low, influenced by age and laptop ownership. Facilities and infrastructure include internet networks that have not yet reached rural areas, unstable internet networks, and costs to buy internet quotas.
References
Badan Kepegawaian Negara, ʺStatistik PNS per Desember 2018: Tenaga Guru dan Kesehatan Menjadi Fokus Pemenuhan Kebutuhan ASNʺ. Diakses tanggal 14 Mei 2020. https://www.bkn.go.id/wp-content/uploads/2019/04/Statistik-PNS-per-Desember-2018-Tenaga-Guru-dan-Kesehatan-Menjadi-Fokus-Pemenuhan-Kebutuhan-ASN.pdf.
Batubara,Delia Sari,ʺKompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi Guru SD/MI (Potret, Faktor-faktor, dan Upaya Meningkatkannya) ʺ, Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, vol. 3 no. 1 (2017): 48-65. ISSN: 2476-9703. Diakses tanggal 13 Mei 2020. https://media.neliti.com/media/publications/222457-kompetensi-teknologi-informasi-dan-komun.pdf.
Bilfaqih, Yusuf, dan M. Nur Qomarudin, Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. Yogyakarta: Penerbit Deepublish, 2015. Diakses tanggal 28 Mei 2020.https://www.researchgate.net/publication/291357368_Esensi_Pengembangan_Pembelajaran_Daring.
Chodzirin, M., ʺPemanfaatan Information and Communication Technology bagi Pengembangan Guru Madrasah Sub Urbanʺ, DIMAS, vol.16 no.2 (2016): 309-332. Diakses tanggal 13 Mei 2020. http://journal.walisongo.ac.id/index.php/dimas/article/download/1095/pdf.
Djaja, Sutrisno, ʺHarapan dan Tantangan Guru Pembelajar Moda Daringʺ. Diakses tanggal 13 Mei 2020. http://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/download/3807/2971.
Evandio, Akbar, ʺPelaksanaan Proyek Satelit Satria Mengambangʺ. Diakses tanggal 27 Mei 2020. https://teknologi.bisnis.com/read/20200313/101/1213163/pelaksanaan-proyek-satelit-satria-mengambang.
Ferdinandus, ʺMau Belajar Online, Siswa Flores Timur Mesti Cari Sinyal Duluʺ. Diakses tanggal 27 Mei 2020. https://mediaindonesia.com/read/detail/304590-perjuangan-siswa-mencari-koneksi-internet-untuk-belajar-daring.
Haryanto, Agus Tri, ʺTantangan Bangun Jaringan Internet Pedesaanʺ. Dikases tanggal 28 Mei 2020. https://inet.detik.com/telecommunication/d-4038505/tantangan-bangun-jaringan-internet-di-pedesaan.
Idhom, Addi M. ,ʺSatelit Satria Milik Indonesia Bakal Mengorbit Pada 2022ʺ. Diakses tanggal 27 Mei 2020. https://tirto.id/satelit-satria-milik-indonesia-bakal-mengorbit-pada-2022-ew7d.
Kementerian Riset dan Teknologi, ʺPengembangan Pembelajaran Daringʺ. Diakses tanggal 28 Mei 2020. http://unp.ac.id/sites/default/files/2018-05/pengembangan%20pembelajaran%20daring.pdf.
Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, ʺModel Desain Sistem Pembelajaran Blendedʺ. Diakses tanggal 28 Mei 2020. https://mooc.unud.ac.id/pluginfile.php/5102/mod_resource/content/1/PEDATI%20-%20Model%20revisi%204%206-8-17%20-%20edit%20-%20dikti.pdf.
Myori, Dwiprima Elvanny, et.al., ʺPeningkatan Kompetensi Guru dalam Penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi Melalui Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Androidʺ, Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional (JTEV), vol. 5 no. 2 (2019): 102-109. ISSN: 2302-3309.Diakses tanggal 13 Mei 2020. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jtev/article/view/106832/102672
Prodjo, Wahyu Adityo, ʺPemerintah Diminta Gratiskan Internet Untuk Pembelajaran Daringʺ. Diakses tanggal 27 Mei 2020. https://www.kompas.com/edu/read/2020/04/17/080000871/pemerintah-diminta-gratiskan-internet-untuk-pembelajaran-daring.
Prodjo,Wahyu Adityo,ʺ23.000 Mahasiswa UGM Ikuti Kuliah Online, Kendalanya Kuota Internet ʺ. Diakses tanggal 27 Mei 2020. https://edukasi.kompas.com/read/2020/03/21/202637171/23000-mahasiswa-ugm-ikuti-kuliah-online-kendalanya-kuota-internet?page=2.
Putra, Ilham Pratama, ʺBelajar Daring di PAUD Kerap Terkendala Akses Internetʺ. Diakses tanggal 27 Mei 2020. https://www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/0k80mL2k-belajar-daring-di-paud-kerap-terkendala-akses-internet.
Ramadhan, Muhammad Syahrul, ʺMayoritas Guru di Indonesia Gaptekʺ. Diakses tanggal 26 Mei 2020. https://www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/akW5D04N-mayoritas-guru-di-indonesia-gaptek.
Republik Indonesia, ʺPeraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guruʺ. Diakses tanggal 26 Mei 2020. https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/bsnp/Permendiknas16-2007KompetensiGuru.pdf.
Republik Indonesia, ʺUndang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosenʺ. Diakses tanggal 26 Mei 2020. http://luk.staff.ugm.ac.id/atur/UU14-2005GuruDosen.pdf.
Safitri, Eva, ʺKominfo: 24.000 Desa Belum Tersentuh Layanan Internetʺ. Diakses tanggal 27 Mei 2020. https://inet.detik.com/telecommunication/d-4505284/kominfo-24000-desa-belum-tersentuh-layanan-internet.
Syukur,Imam Abdul,ʺProfesionalisme Guru dalam Mengimplementasikan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kabupaten Nganjukʺ, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20 (2014): 200-210. Diakses tanggal 13 Mei 2020.https://www.researchgate.net/publication/323630745_Profesionalisme_Guru_dalam_Mengimplementasikan_Teknologi_Informasi_dan_Komunikasi_di_Kabupaten_Nganjuk/fulltext/5aa13461a6fdcc22e2d10810/Profesionalisme-Guru-dalam-Mengimplementasikan-Teknologi-Informasi-dan-Komunikasi-di-Kabupaten-Nganjuk.pdf.
Wernely, ʺUpaya Peningkatan Kemampuan Guru dalam Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di TK Aisyiyah Kota Dumaiʺ, Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran). Vol. 2 no. 3 (2018): 415-418. ISSN Online : 2614 – 1337. Diakses tanggal 13 Mei 2020. https://media.neliti.com/media/publications/258142-upaya-peningkatan-kemampuan-guru-dalam-p-e15d81e0.pdf.