CERITA GAMBAR BERSERI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS DI LEMBAGA PAUD YOGYAKARTA

Authors

  • Novianti Retno Utami Universitas PGRI Yogyakarta
  • Jhoni Warmansyah IAIN Batu Sangkar

DOI:

https://doi.org/10.24256/cendekia.v2i2.1215

Keywords:

Hasil Belajar Sains, Cerita Gambar Berseri

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk melakukan mengenalkan Sains melalui cerita gambar berseri pada anak kelompok A TK Aba Dukuh 1 Seleman Yogyakarta. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa media gambar seri dapat meningkatkan hasil belajar Sains anak dengan kegiatan pembelajaran tiga tahap yaitu: (1) kegiatan awal, (2) kegiatan inti, dan (3) kegiatan akhir. Guna mengetahui peningkatan hasil belajar sains media gambar seri digunakan data yang sesuai dengan aktifitas anak dan aktifitas guru, serta pencapaian hasil belajar anak. Berdasarkan siklus I keterlaksaan RPPS diperoleh hasil sebesar 13,8% dan hasil perhitungan penilaian ketuntasan belajar siswa adalah 0%. Hasil dari siklus II sesuai dengan RPPS adalah 26,86% dan hasil perhitungan penilaian ketuntasan klasikal sebesar 100%. Berdasarkan hasil tersebut, terdapat peningkatan keaktifan anak dalam proses pembelajaran. Kesimpulan pada penelitian ini adalah melalui cerita dengan media gambar seri dapat meningkatkan hasil belajar anak.

References

Abdul Majid. (2006). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Arif Sudiman. (2003). Media Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Arsyad G. Midar dan Mukti U.S. (1991). Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Azhar Arsyad. (2006). Media Pembelajaran. Jakarta: PT.RajaGrafindo Persada.

Basuki, Wibaya. (1991). Media Pengajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar. Jakarta: Depertemen Pendidikan Nasional.

Hamzah Uno. (2008). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Mansur Muslich. (2008). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Proses Pemahaman dan Pengembangan. Jakarta: Bumi Aksara.

Matthe B Miles, and A. Michael Hubberman. (1992). Analisis Data Kualitatif. Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: Universitas Indonesia.

Nana Sudjana dan Ahmad Riva’i. (1997). Media Pengajaran. Bandung: CV. Sinar Bandung.

Sugiyono. (2007). Methode Penelitian kuantitatif, Kualitatif, dan R dan B. Bandung: PT. Alberta.

Downloads

Published

2019-10-01