OPTIMALISASI POTENSI KECERDASAN ANAK SEJAK DINI DALAM BELAJAR BAHASA ARAB

Andi Arif Pamessangi

Abstract


Abstrak: Tulisan ini membahas tentang Optimalisasi potensi kecerdasan anak sejak dini dalam belajar bahasa Arab. Dalam tulisan ini dibahas tentang faktor-faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang kecerdasan seorang anak, faktor faktor yang mempengaruhi proses belajar anak baik yang bersifat internal maupun eksternal, optimalisasi potensi kecerdsan anak dalam mensinergikan kecerdasan spiritual, emosional dan intelektual yang mereka miliki, kemampuan untuk memahami hakikat iman, rasio, dan rasa dalam diri mereka. tulisan ini juga membahas tentang optimalisasi potensi kecerdasan anak dalam belajar bahasa Arab, baik dari segi metode, teknik, dan materi pelajaran bahasa Arab bagi anak diusia dini. Kecerdasan dan potensi yang dimiliki oleh seorang anak harus diasah dan dikembangkan sejak dini, pembelajaran yang menyenangkan dan menarik akan sangat menumbuhkan minat dan bakat mereka dalam belajar. Oleh sebab itu para pakar menganjurkan untuk tidak terlalu cepat memberikan materi-materi yang membosankan pada anak seperti menghapal rumus, teori dan sebagainya. Pembelajaran bahasa asing, selain membiasakan anak untuk berkomunikasi dengan lingkungan sejak dini, pembelajaran ini juga bisa menghibur dan menyenangkan bagi anak, khusunya bahasa Arab. Sebab bahasa sejatinya bukanlah penghapalan kosakata melainkan pembiasaan pengunaan dalam percakapan dan aktifitas sehari-hari yang mereka alami langsung. Pembelajaran bahasa arab yang menyenangkan dapat disajikan kepada anak melalui berbagai metode dan teknik pembelajaran yang bervariatif dan inovatif seperti, bermain peran, drama, berdongeng, dan bermin game. 

Kata Kunci: Kecerdasan Anak, Belajar Bahasa Arab, Optimalisasi


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ahmadi Abu, Drs. Psikologi umum. Jakarta PT,Rineka, 1992.

Basuki AR. Buku Panduan Pelatihan Heart Intelligence Training (HI=IQ+EI+SI). Yogyakarta, Sinergy Press, TT.

Chaer, Abdul. Psikolonguistik Kajian Teoritik. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2003.

Fachrurrazi, Aziz dan Ertha Mahyudin, Pembelajaran Bahasa Asing Metode Tradisional dan Kontemporer. Bania Publishing, Jakarta: 2010.

Gunawan, Adi W. Apakah IQ Anak Bisa Ditingkatkan?. Jakarta, PT Gramedia Pustaka Utama, 2007.

Hariwijaya. Tes IQ Anda. Yogyakarta, Pustaka Belajar, 2007.

Indrakusuma, Amir Daien. Pengantar Ilmu Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional, 1973.

Novianti, Sarah. thathwir ta’limi al-Lughah al-Arabiyyah fii dar al-Qur’an al-Anwariyah Maluku Tengah min sanah 1963-2010. Thesis. Malang UIN Maliki, 2013.

Saputra, Aji. Seratus Orang ber-IQ Super Tinggi. Jogjakarta, Flashbooks, 2010.

Sukmadinata, Nana Syaodih. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2007.

Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008.

Thaimah, Rusydi Ahmad. al-Asas as-Tsaqafiyah lita’limi al-lughah al-Arabiyyah lighairi natiqina biha. Makkah al-Mukarramah: Jamiah Ummul Qura. TT.

Yunus, Mahmud. Kamus Arab-Indonesia. Jakarta: PT. Mahmud Yunus Wadzuriyah.

Yusuf, Tayar. Metodologi Pengajaran Agama dan Bahasa Arab. Raja Grafindo Persada, Jakarta 1995.




DOI: https://doi.org/10.24256/tunas%20cendekia.v3i2.1295

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Andi Arif Pamessangi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License ©TunasCendekia : Jurnal Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. This is an open access article under the Creative Commons - Attribution-ShareAlike 4.0 International license (CC BY-SA 4.0) Tunas Cendekia : Jurnal Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, e-ISSN: 2541-6499