PERAN GURU DALAM PENGEMBANGAN SENI TARI PADA ANAK USIA DINI DI RA AR-RAUDAH WONOBOSO

Authors

  • Rifngatul Faizah Universitas Sains Al-Qur'an
  • Fatna Nur Sholikhah Universitas Sains Al Qur’an
  • Fatkhurrohman Universitas Sains Al Qur’an

DOI:

https://doi.org/10.24256/tunascendekia.v7i1.5371

Keywords:

Peran Guru, Seni Tari, Anak Usia Dini

Abstract

Tujuan diadakannya penelitian ini yaitu untuk menganalisis peran guru dalam pengembangan seni tari pada anak usia dini di RA Arraudah. Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan, dapat dikatakan bahwa peran guru dalam pengembangan seni tari pada anak usia dini di RA Arraudah belum maksimal. Hal ini dikarenakan minimnya pengetahuan guru dan kepala sekolah tentang pengembangan seni tari dan juga kurangnya kepedulian guru terhadap pengembangan seni tari pada anak usia dini, sehingga peran guru dalam pengembangan seni tari pada anak usia dini di RA Ar-Raudah belum maksimal.

References

Ahmad Tanzeh. (2009). Pengantar metode penelitian. Teras.

Ari Subekti. (2010). Seni tari untuk SMA/MA kelas X-XI. Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional.

E. Mulyasa. (2007). Standar kompetensi dan sertifikasi guru. PT Rosda Karya.

Intan, A. D. (2017). Pembelajaran seni tari bagi anak usia dini. Jurnal PGPAUD, (No. VIII).

Margono. (2010). Metodologi penelitian pendidikan. Rineka Cipta.

Mukti Amini. (n.d.). Modul 01 1.1 Hakikat anak usia dini (PAUD 4306 / MODUL 1).

Mulyani, N. (2016). Pendidikan seni tari anak usia dini. Gava Media.

Narawati, T. (2013). Pengkajian tari etnis dan kegunaannya dalam pendidikan seni. FBS Universitas Negeri Padang.

Novi Mulyani. (2010). Pendidikan seni tari anak usia dini. Gava Media.

Nuryanti. (2010). Pengembangan kemampuan motorik kasar anak melalui kegiatan senam ceria. Harmonia: Journal of Arts Research and Education.

Purwanto, N. (2002). Ilmu pendidikan dan praktis. Remaja Rosda Karya.

Rondhi, M. (2017). Apresiasi seni dalam konteks pendidikan seni. Jurnal Imajinasi, 11(1), 110.

Sanapiah Faisal. (2007). Format-format penelitian sosial. Raja Grafindo.

Suyadi, & Maulidya Ulfah. (2013). Konsep dasar PAUD. PT Remaja Rosdakarya.

Triyanto. (2016). Paradigma humanistik dalam pendidikan seni. Jurnal Imajinasi.

Weni, R., dkk. (2009). Mengenal seni tari. PT Mediantara Semesta.

Widia Pekerti, dkk. (2015). Metode pengembangan seni. Universitas Terbuka.

Yulian. (2009). Pendidikan anak usia dini. http://www.gmail.com. Diakses pada 1 Januari 2024.

Zein, M. (2016). Peran guru dalam pengembangan pembelajaran.

Downloads

Published

2024-04-25