MEMPERMUDAH BELAJAR SALAT ANAK USIA DINI: PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL GE’TENGAN

Authors

  • Wiskel Safitri TK Aisyiyah Bustanul Athfal Ge’tengan

DOI:

https://doi.org/10.24256/tunascendekia.v6i1.5488

Keywords:

Belajar Shalat, anak usia dini, media audio visual

Abstract

Artikel ini membahas tentang upaya meningkatkan kemampuan gerakan salat anak melalui media audio visual di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Ge’tengan Tana Toraja Kecamatan Mengkendek. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kemampuan gerakan salat anak usia 5-6 tahun menggunakan media audio visual di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Ge’tengan Tana Toraja Kecamatan Mengkendek Kabupaten Tana Toraja.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Dengan 2 siklus yaitu siklus I terdiri dari 3 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 3 kali Pertemuan. Subjek dari penelitian ini adalah anak kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal Ge’tengan Kecamatan Mengkendek Kabupaten Tana Toraja yang berjumlah 15 orang anak. Metode pemecahan masalah digunakan yaitu menerapkan proses belajar mengajar menggunakan media audio visual untuk meningkatkan kemampuan gerakan salat anak yang diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keberhasilan penelitian ini dengan skor hasil penelitian yang menunjukan hasil belajar anak pada gerakan salat. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan skor pada kondisi awal atau pra tindakan bahwa persentase kemapuan gerakan salat anak sebesar 0%, setelah digunakan media pembelajaran menggunakan media audio visual pada siklus I sebesar 60%, sedangkan pada siklus II persentase kemampuan gerakan salat anak sebesar 86.67% secara keseluruhan dari semua indikator. Dengan demikian, penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini berhasil karena disetiap siklus mengalami peningkatan.

References

Budiman, Sri, Suharto, Bambang, A.C. (2021). Filsafat Ilmu Pendidikan Islam. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 5 (3), 505-514. https://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/article/view/2195

Harfiani, R. (2019). Media dan Sumber Belajar. Deepublish.

Hasan, Muhammad and Milawati, Milawati and Darodjat, Darodjat and Harahap, Tuti Khairani and Tahrim, Tasdin and Anwari, Ahmad Mufit and Rahmat, Azwar and Masdiana, Masdiana and Indra, I Made (2021). Media Pembelajaran. Tahta Media Group, Klaten.

Hendratmoko, T., Kuswandi, D., Setyosari, P. (2017). Tujuan Pembelajaran Berlandaskan Konsep Pendidikan Jiwa Merdeka Ki Hajar Dewantara. JINOTEP, 3 (2), 152-157. d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net

Ismail, M. I. (2020). Media & Teknologi Pembelajaran. Prenadamedia.

Khodijah, K. (2020). Upaya meningkatkan Kemampuan Praktik Gerakan Shalat Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Audio Visual [Unpublished Thesis]. UIN Sumatra Utara Medan.

Latif, M. (2020). Pendidikan Anak Usia Dini. Prenadamedia Group.

Marlena, N., Dwijayanti, R. & Widayati, I. (2019). Is Audio Visual Media Effective for Learning? Proceedings of the 1st International Conference on Education Social Sciences and Humanities, 2352-5398. https://doi.org/10.2991/icesshum-19.2019.42

Nurfadillah, S. (2021). Media Pembelajaran; Pengertian Media Pembelajaran, Landasan Fungsi dan Manfaat Jenis-jenis Media Pembelajaran dan Cara Penggunaan Media Pembelajaran. CV. Jejak

Pristiwanti, D., Badariah, B. ., Hidayat, . S. ., & Dewi, R. S. . (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911–7915. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498

UU Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Yuliana. (2019). Pengembangan Beribadah Anak Usia Dini, Perdana Publishing.

Downloads

Published

2023-04-27