SINERGI EDUKASI: ANALISIS KOMUNIKASI GURU-ORANG TUA DALAM MANAJEMEN PERILAKU ANAK HIPERAKTIF

Authors

  • Annisa TK Al-Hidayah
  • Fatmaridah Sabani TK Paramata Bunda

DOI:

https://doi.org/10.24256/tunascendekia.v6i2.5490

Keywords:

Strategi Kemunikasi, Guru-Orang Tua, Hiperaktif, anak usia dini

Abstract

Penelitian ini mengkaji komunikasi antara guru dan orang tua dalam menstimulasi anak hiperaktif di TK AL-Hidayah. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan informan utama ibu anak hiperaktif dan guru TK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak hiperaktif di TK AL-Hidayah memiliki karakteristik beragam. Mereka cenderung tidak bisa diam, bertindak semaunya, dan sering mengganggu teman. Beberapa anak sulit mengikuti perintah guru dan tidak fokus dalam pembelajaran, namun sebagian masih bisa mengikuti pembelajaran yang menyenangkan. Aktivitas berlebihan dan kesulitan menyelesaikan tugas juga umum ditemui. Komunikasi guru-orang tua dalam menstimulasi anak hiperaktif melibatkan keterbukaan dalam mengungkapkan pikiran dan perasaan, empati dalam berkomunikasi, serta upaya menjaga dan melestarikan hubungan antar keluarga. Strategi ini penting untuk mengatasi tantangan dalam menangani anak hiperaktif, seperti kesulitan mengarahkan dan mengendalikan perilaku mereka. Penelitian ini menyoroti pentingnya kolaborasi antara guru dan orang tua dalam mengoptimalkan perkembangan anak hiperaktif, dengan fokus pada komunikasi efektif dan pendekatan yang disesuaikan dengan kebutuhan individual anak.

References

Lisinus, R. & Sembring, P. (2020). Sebuah Perspektif Bimbingan dan Konseling. Yayasan Kita Menulis.

Angraeni, D., Putro, K.Z. (2021). Strategi Penanganan Hambatan Perilaku dan Emosi Pada Anak Hiperaktif dan Tunalaras. Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal, 4 (2), 46-47. https://doi.org/10.15575/japra.v4i2.13024

Rahmi, U. (2022). Peran Orang Tua Dalam Menangani Perilaku Hiperaktif Pada Anak ADHD [Thesis Unpublished]. UIN Riau.

Mingkala, H. (2021). Pendamping Peran Guru dan Orang Tua Dalam Mendidik Anak Hiperaktif Serta cara Menangani Anak Hiperaktif. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1 (1), 28-35. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/indekx.php/dikmas

Hidayat, M.I. (2021). Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak Hiperaktif. Journal Unimatara, 14 (1), 41-57. https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10604

Hayati, D.L. & Apsari, N.C. (2019). Pelayanan Khusus Bagi Anak Dengan (ADHD). Prosiding Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 6 (2), 114-127. http://jurnal.unpad.ac.id/prosiding/article/download/22497/pdf

Bening, T.P. & Putro, K.Z. (2022). Upaya Pemberian Layanan Pendidikan Untuk Anak Hiperaktif. Jurnal Basicedu, 6 (5), 3-14. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3401

Rozie, F., Safitri, D. & Haryani. W. (2019). Peran Guru Dalam Penanganan Perilaku Anak Hiperaktif. Journal of Early Childhood Education, 1 (2), 27 36. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/jece/article/download/12874/pdf

Chasanah, E.N. (2019). Peran Konseler Dalam Mengatasi Siswa Yang Hiperaktif Melalui Pendekatan Behavioral Dengan Konseling. Jurnal Prodi Bimbingan dan Konseling, (5 (1), 3-13. https://doi.org/10.33061/jm.v5i1.2791

Mingkala, H. (2021). Pendampingan Peran Guru Dalam Mendidik Anak Hiperaktif Serta Cara Menangani Anak Hiperaktif. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1 (1) 29-37. http://ejournal.pps.ung.ac.id/index.php/dikmas

Downloads

Published

2023-10-25