OPTIMALISASI KOGNITIF ANAK PRASEKOLAH (Efektivitas Permainan Scramble di TK Pelita Harapan, Sulawesi Selatan)

Authors

  • Nurmelinia Kasim IAIN Palopo
  • Asmah TK Pelita Harapan
  • Nilam Pahrisa TK Pelita Harapan

DOI:

https://doi.org/10.24256/tunascendekia.v6i2.5493

Keywords:

Kognitif, Permaian Scramble, Anak Pra Sekolah

Abstract

Penelitian ini memberikan informasi bagaimana peningkatan perkembangan kognitif anak di TK Pelita Harapan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan dua siklus yaitu Siklus I yang terdiri dari 4 kali pertemuan dan Siklus II yang terdiri dari 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A TK Pelita Harapan, yang berjumlah 12 orang anak, yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 4 anak perempuan. Metode pemecahan masalah yang digunakan yaitu dengan menerapkan proses belajar mengajar dengan menggunakan media Scramble untuk meningkatkan perkembangan kognitif belajar anak yang diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keberhasilan penelitian ini ditentukan dengan skor hasil penelitian yang menunjukkan peningkatan hasil belajar anak. Skor pada kondisi awal atau pra tindakan sebesar 35% dari semua indikator dan belum memenuhi kategori baik. Siklus I dengan rata-rata skor observasi sebesar 53% dari semua jumlah indikator dan belum memenuhi kategori baik. Siklus II dengan rata-rata skor 85% secara keseluruhan dari semua jumlah indikator dan mencapai kategori baik. Dengan demikian, penelitian tindakan kelas (PTK) ini berhasil sehingga peneliti merekomendasikan pembelajaran menggunakan Scramble dapat meningkatkan perkembangan kognitif belajar anak di TK Pelita Harapan.

References

Amala, N., Lestari, B. P., & Anggraini, D. D. (2023). Pengaruh Media Softbook pada Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 30-43. https://doi.org/10.33367/piaud.v3i1.2961

Imani, I. C., Laely, K., & Sulistyaningtyas, R. E. (2023). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Permainan Scrabble di Tk ‘Aisyiyah Pituruh Kecamatan Pituruh Kabupaten Purworejo. Prosiding University Research Colloquium, 393–408. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/2335

Karim, M.B. & Wifroh, S.H. (2014). Meningkatkan Perkembangan Kognitif pada Anak Usia Dini Melalui Alat Permainan Edukatif. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini. 1 (2), 103-112. https://journal.trunojoyo.ac.id/pgpaudtrunojoyo/article/view/3554

Liansari, V., & Zulikhatin Nuroh, E. (2023). THE SCRABBLE GAME AS LEARNING MEDIA IN STUDENTS’ READING OF ELEMENTARY SCHOOL: SCRABBLE GAME SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Academic Journal Research, 1(1), 58–67. https://doi.org/10.61796/acjoure.v1i1.22

Lismayani, A., Rahmi, S., Amriani, S. R., & Pratama, M. I. (2023). Pengembangan Model Permainan Scrabble Sederhana untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 6(1), 26-34. https://doi.org/10.30605/cjpe.612023.2462

Mahendra, J.W., Maghfiroh, A., Harmanto, B. & Hatmoko, D. (2023). The Effectiveness of Scrabble Games to Promote Vocabulary Achievement of Migrant Workers’ Children in Malaysia. JOLLT, 12 (2), 963-973. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jollt/article/view/10478/5622

Maimanah, S., Musayyadah, & Prasetyo, D. (2022). Pengembangan Media Labirin Berbasis Loose Part untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia 4-5 tahun. Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 25-35. https://doi.org/10.33367/piaud.v2i2.2935

Maimanah, S., Musayyadah, & Prasetyo, D. (2022). Pengembangan Media Labirin Berbasis Loose Part untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia 4-5 tahun. Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 25-35. https://doi.org/10.33367/piaud.v2i2.2935

Mulyana, E. H. ., Rahman, T. ., & Nur Alfioni, L. (2022). Elaborasi Instrumen Perkembangan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2669–2676. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5870

Musfiroh, T. & Tatminingsih, S. (2016). Bermain Dan Permainan Anak, ed. by Tadkiroatun Musfiroh and Sri Tatminingsih, 1st edn. Universitas Terbuka.

Rahmayanti, E., N, Z., & Kurnia, R. (2023). Pengaruh Permainan Arrange Ball Letters Terhadap Penguasaan Kosakata Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Negeri Pembina 1 Pekanbaru . Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 476–489. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i4.3331

Sianturi, . R. ., Loita, . A. ., & Utami, T. M. (2022). Eskalasi Instrumen Deteksi Dini Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2561–2571. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5835

Widayati, S. (2021). Pengembangan Media Stekpan Untuk Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Audhi; Anak Usia Dini Holistik Integratif, 4 (1), 8-17. https://jurnal.uai.ac.id/index.php/AUDHI/article/view/698/585

Downloads

Published

2023-10-25