PENGGUNAAN MEDIA BAHAN ALAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA RA RAODHATUL HIDAYAH KOTA PALOPO

Authors

  • Sri Maharani Ilyas IAIN Palopo
  • Lisa Aditya Dwiwansyah Musa IAIN Palopo
  • Suharni RA Raodhatul Hidayah
  • Ruhani RA Raodhatul Hidayah

DOI:

https://doi.org/10.24256/tunascendekia.v6i2.5494

Keywords:

Bahan Alam, Kemampuan Kognitif, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini mengkaji efektivitas penggunaan media bahan alam dalam meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik, khususnya dalam mengenal angka, di RA Raodhatul Hidayah Kota Palopo. Menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), studi ini melibatkan observasi dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Analisis data dilakukan melalui reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan mengenal angka. Pada pra-tindakan, rata-rata kemampuan anak adalah 6,5 (24%). Setelah intervensi, terjadi peningkatan pada Siklus I menjadi 7,8 (29%), dan lebih lanjut pada Siklus II mencapai 13,0 (48%). Temuan ini mengonfirmasi hipotesis bahwa penggunaan media bahan alam efektif dalam meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik. Peningkatan sebesar 24% dari pra-tindakan hingga Siklus II menunjukkan dampak positif dari intervensi yang dilakukan.Penelitian ini memberikan wawasan berharga tentang potensi media bahan alam dalam pembelajaran anak usia dini. Hasil yang diperoleh dapat menjadi pertimbangan bagi pendidik dan pemangku kebijakan dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih efektif, khususnya dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini.

References

Djaali. (2018). Psikologi pendidikan. PT. Bumi Aksara.

Hasan, A. B. P. (2018). Psikologi perkembangan Islam. Raja Grafindo Persada.

Lestari, A. W. (2020). Penerapan mengenal konsep geometri melalui kegiatan bermain meronce sebagai upaya pengembangan kognitif anak usia dini di PAUD Anggrek Sidoarjo. Jurnal PG-PAUD, 2(1), 22. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/

Mulyasa. (2019). Manajemen PAUD. PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Musa, L.A.D. (2023). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbantuan Articulate Storyline di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 1 (1), 39-50. https://ssed.or.id/journal/socratika/article/view/37/27

Rahmat, F. (2018). Konstribusi permainan konstruktivis (media balok) dengan peningkatan kemampuan kognitif. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(2), 239. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpud/article/view/4897

Samarqandi, A. L. (2015). Tafsir Bahrul ‘Ulum (Vol. 3). [CD-ROM]. Internet Archive. https://archive.org/details/TafsirBahrululumAbullaithAlsamarqandiSamarqandiVol3

Sujiono, Y. N. (2019). Konsep dasar pendidikan anak usia dini. PT. Indeks.

Sulaiman, U. (2023). Tingkat Pencapaian Aspek Perkembangan Anak Usia 5-6 Tahun Berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Early Childhood Education, 2 (1), 78-89. https://doi.org/1024252/nananeke.v2i1.9385.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/UU_tahun2003_nomor020.pdf

Yusuf, M. (2022). Pengembangan Media Komik Berbasis Kearifan Lokal Luwu Pada Tema 5 Pahlawanku di Kelas IV MI. Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan, 1 (3), 54-63. file:///C:/Users/USERM/Downloads/430-Article%20Text-21

Downloads

Published

2023-10-25