STRATEGI INOVATIF UNTUK PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI: DAMPAK MEDIA FIND AND MATCH BOX DI TKIT WAHDAH ISLAMIYAH 04 KALAENA

Authors

  • Baiq Linda Apriani

DOI:

https://doi.org/10.24256/tunascendekia.v5i2.5504

Keywords:

Anak Usia 5-6 Tahun, Find And Match Box, Kemampuan Kognitif

Abstract

artikel ini membahas pengaruh penggunaan Media Find and Match Box terhadap kemampuan kognitif anak di kelompok B TKIT Wahdah Islamiyah 04 Kalaena, Kabupaten Luwu Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur peningkatan kemampuan belajar anak dan manfaat dari penggunaan media tersebut. Menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus masing-masing terdiri dari tiga pertemuan-penelitian ini melibatkan 16 anak usia prasekolah (7 laki-laki dan 9 perempuan) pada tahun ajaran 2021/2022. Metode pemecahan masalah yang diterapkan adalah proses belajar mengajar dengan Media Find and Match Box, dan data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta dianalisis secara statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum tindakan, skor rata-rata kemampuan kognitif anak adalah 32%, yang dinilai kurang baik. Setelah siklus I, ketuntasan klasikal masih di bawah target (80%), namun siklus II menunjukkan peningkatan signifikan dengan rata-rata ketuntasan mencapai 87%. Manfaat Media Find and Match Box termasuk proses pembelajaran yang efektif, menarik perhatian anak, serta meningkatkan semangat dan kepercayaan diri anak. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan Media Find and Match Box berhasil meningkatkan kemampuan kognitif anak di kelompok B TKIT Wahdah Islamiyah 04 Kalaena.

References

Wayan, I, C, J. (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia”. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar 4, 3 (1) 105–112. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/1072715

Wulandari, H. & Purwanta, E. (2020). Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Selama Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5 (1), 452-462. <https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.626.

Aghnaita. (2017). Perkembangan Fisik-Motorik Anak 4-5 Tahun Pada Permendikbud No. 137 Tahun 2014 (Kajian Konsep Perkembangan Anak). Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 3 (2), 219–34. <https://doi.org/10.14421/al-athfal.

Sumardi, S., Rahman, T., & Gustini, I.S. (2017). Peningkatan Kemampuan Anak Usia Dini Mengenal Lambang Bilangan Melalui Media Playdough. Jurnal Paud Agapedia, 1(2), 190-202. https://doi.org/10.17509/jpa.v1i2.9359

Kementerian Agama. (2018). Al-Qur’an Al-Karim. Unit Percetakan Al-Qur’an

Hamka. (1983). Tafsir Al-Azhar Juz IV. Pustaka Panjimas.

Dwijayani, N.M. (2019). Development of Circle Learning Media to Improve Student Learning Outcomes. Journal of Physics: Conference Series, 1321 (2), 171–87. <https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099.

Downloads

Published

2022-10-25