MELANGKAH BERSAMA, TUMBUH BERSAMA: PERMAINAN BAKIAK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK TK BUNGA MASAMBA

Authors

  • Yuniza Aulia Mutmainnah TK Bunga Masamba

DOI:

https://doi.org/10.24256/tunascendekia.v5i2.5507

Keywords:

Kecerdasan Emosinal, Permainan Bakiak, Perkembangan Anak Usia Dini

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan informasi mengenai peningkatan kemampuan sosial emosional anak mengunakan permainan tradisional bakiak di TK Bunga Masamba Kelurahan baliase Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Dengan 2 siklus yaitu siklus I terdiri dari 4 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 4 pertemuan. Subjek dari penelitian ini adalah anak kelompok B TK Bunga Masamba Kelurahan Bone Tua Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara tahun 2021/2022 yang berjumlah 12 orang 5 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Metode pemecahan masalah digunakan yaitu menerapkan proses belajar mengajar mengunakan permainan tradisonal bakiak untuk meningkatan kemampuan sosial emosional yang diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Keberhasilan penelitian ini dengan skor hasil penelitian yang menunjukkan hasil belajar anak. Skor pada kondisi awal atau pra tindakan sebesar 35% dari semua indikator dan belum memenuhi kategori baik. Siklus I dengan rata-rata skor observasi sebesar 51% dari semua jumlah indikator dan belum memenuhi kategori baik. Siklus II dengan rata-rata skor 86% secara keseluruhan dari semua jumlah indikator dan mencapai kategori baik. Dengan demikian, penelitian tindakan kelas (PTK) ini berhasil sehingga peneliti merekomendasikan pembelajaran menggunakan permainan tradisional bakiak dapat meningkatkan perkembangan sosial emosional belajar anak di TK Bunga Masamba.

References

Alfian, A. (2022). Peningkatan Kemampuan Sosial Emosional Anak Melalui Permainan Tradisional Bakiak Usia 5-6 Tahun di TK Bunga Masamba. Unpublished manuscript, Universitas Sulawesi Selatan.

Anning, A. (2015). Understanding early childhood education: Perspectives from theory and practice. SAGE Publications.

Cowan, C. P., & Cowan, P. A. (2014). The family as a context for early social and emotional development. Routledge.

Denham, S. A. (2015). Social-emotional development in early childhood: What every teacher needs to know. Guilford Press.

Dockett, S., & Perry, B. (2014). Researching with young children: Insights from practice. Springer.

Gordon, A. M., & Browne, K. W. (2012). Beginnings & beyond: Foundations in early childhood education. Cengage Learning.

Ismail, H. (2018). The role of traditional games in early childhood education. Journal of Educational Research, 25(3), 45-58.

Johnson, J. E., & Christie, J. F. (2019). Play, development, and early education. Pearson.

Jones, E., & Smith, K. (2018). The power of play: A research summary on play and learning. American Journal of Play, 10(2), 221-232.

Kane, R. (2013). The importance of early childhood education. Early Childhood Education Journal, 41(4), 235-246.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mustafa, M. (2017). Islamic perspectives on early childhood education. Islamic Studies Review, 30(1), 78-89.

Nurhayati, S. (2020). Observasi perkembangan anak di TK Bunga Masamba. Unpublished manuscript, Universitas Sulawesi Selatan.

Smith, P. K., Jones, B., & Hooper, C. (2017). Understanding children's social development. Routledge.

Sulaiman, M. (2020). Peran keluarga dalam pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 123-135.

Sutterby, J. A. (2018). Traditional games in early childhood education. Early Years Journal, 46(1), 89-102.

Syihab, M. (2019). Tafsir QS. Al-Kahfi /18:66. Al-Maktabah Publishing.

Sylva, K., Melhuish, E., Sammons, P., Siraj-Blatchford, I., & Taggart, B. (2010). Early childhood matters: Evidence from the effective pre-school and primary education project. Routledge.

Williams, A. D., & O'Connor, D. (2016). Play and social development in early childhood. Journal of Early Childhood Research, 14(4), 357-372.

Downloads

Published

2022-10-25