PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN KANTONG STIK BERHITUNG DI TK NUR ALAM TAROBOK KABUPATEN LUWU UTARA

Authors

  • Erna

DOI:

https://doi.org/10.24256/tunascendekia.v5i2.5515

Keywords:

Kemampuan Berhitung, Kantong Stik

Abstract

Penelitian ini membahas peningkatan kemampuan berhitung anak melalui penggunaan Kantong Stik Berhitung di TK Nur Alam Tarobok, Kabupaten Luwu Utara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peningkatan kemampuan berhitung anak usia dini dapat dicapai melalui media Kantong Stik di TK Nur Alam Tarobok. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari empat tahapan: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas B2 TK Nur Alam Tarobok tahun pelajaran 2023/2024, yang berjumlah 18 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan kategori perkembangan anak didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Kantong Stik Berhitung dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak di TK Nur Alam Tarobok. Berdasarkan persentase peningkatan kemampuan berhitung, hasil dari pra-siklus sebesar 30,01%, siklus I sebesar 43,99%, dan siklus II sebesar 76,54%. Dengan demikian, penggunaan media Kantong Stik terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berhitung anak didik dan dapat direkomendasikan sebagai media pembelajaran yang bermanfaat.

References

Usman, F., & Romba, S. S. (2022). Peningkatan kemampuan berhitung melalui permainan ular tangga pada anak kelas B di TK Bukit Permai 2 di Desa Kampili, Kabupaten Gowa. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 3191-3205.

Martinis Yamin. (2018). Panduan PAUD Pendidikan Anak Usia Dini. Ciputat: Referensi.

Isjoni. (2019). Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Alfabeta.

Utami, N. P., Rahman, A., & Yunita Putri, R. (2022). Penggunaan media kantong stik berhitung untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Curup).

Prawesti, L. N. I., & Dewi, M. (2021). Efektivitas penggunaan media stick pouch (kantong stik) sebagai media pengembangan kemampuan kognitif mengenal konsep bilangan 1-10 anak TK. Journal of Early Childhood Education (JoEE): Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 24-38.

Hutami, E. P., & Yusannang, Y. (2022). Peningkatan kemampuan kognitif belajar anak melalui flip chart. Jurnal Panrita, 2(2), 47-62.

Yusuf, M., & Jurniati, J. (2018). Pengaruh pendidikan bagi perkembangan anak usia dini. Tunas Cendekia: Jurnal Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 31-38.

Sabani, F. (2019). Perkembangan anak-anak selama masa sekolah dasar (6–7 tahun). Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(2), 89-100.

Musa, L. (2018). Alat Peraga Matematika. Penerbit Aksara Timur.

Yaie, F. I. J. Y., Fauzi, T., & Andriani, D. (2022). Upaya meningkatkan kemampuan berhitung melalui permainan kotak pintar pada anak usia dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(01), 8-16.

Utami, N. P., Rahman, A., & Yunita Putri, R. (2022). Penggunaan media kantong stik berhitung untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Curup).

Downloads

Published

2022-10-25