Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Dengan Menerapkan Metode Pembelajaran Kolaboratif Siswa SMA Negeri 1 Mallusetasi

Sinarmawati Sinarmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas XI. IPS. 2 SMA Negeri 1 Mallusetasi pada pokok bahasan menulis naskah drama melalui model pembelajaran kolaboratif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas XI IPS2 SMA Negeri 1 Mallusetasi yang berjumlah 29 orang siswa. Data hasil observasi dan tanggapan siswa dianalisis dengan menggunakan analisis persentase, sedangkan data hasil tes dianalisis menggunakan  statistik deskriptif. Adapun hasil penelitian yang diperoleh menggambarkan hasil tes siswa mengalami peningkatan prestasi belajar setelah diberikan penerapan metode pembelajaran kolaboratif. pokok bahasan menulis naskah drama, siswa kelas XI. IPS. 2 SMA Negeri 1 Mallusetasi melalui penerapan metode pembelajaran kolaboratif yang ditandai dengan tercapai ketuntasan belajar secara individu dan kelompok, yakni pada siklus I sebanyak 4 orang atau 13,8% dan pada siklus II 29 orang atau 100%. Hasil terbut membuktikan bahwa penerapan pembelajaran kolaboratif dapat meningkatkan prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas XI IPS2 SMA Negeri 1 Mallusetasi.


Keywords


pembelajaran; kolaboratif; bahasa Indonesia

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24256/jtlr.v1i2.943

Article Metrics

Abstract view : 3 times
PDF - 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright CC-BY- SA.

Creative Commons License

Journal of Teaching and Learning Research, e-ISSN: 2656-9086

View My Stats