Penerapan Prinsip-Prinsip Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di SMA Muhammadiyah Luwuk Kabupaten Banggai

Armin Haluti(1*)
(1) Universitas Muhammadiyah Luwuk
(*) Corresponding Author
DOI : 10.24256/jtlr.v1i2.944

Abstract

Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah untuk menganalisis sekaligus mendeskripsikan penerapan prinsip manajemen berbasis sekolah terhadap kepuasan pelanggan (customer), prinsip manajemen berbasis sekolah dalam melibatkan 3 komponen dari 5 komponen  yaitu fokus pada pelanggan, teamwork, dan pengukuran (measurements) dalam pelaksanaan manajemen berbasis sekolah (MBS) di SMA Muhammadiyah Luwuk. Metodologi dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Kesimpulan dari penelitian ini adalah prinsip MBS khususnya pada pelanggan di SMA Muhammadiyah Luwuk diterapkan pada mata pelajaran bimbingan dan konseling, sementara penerapan MBS pada prinsip teamwork yaitu setiap warga dan stakeholders, harus berpartisipasi dalam informasi mutu. Mutu bukan hanya menjadi tanggung jawab warga sekolah atau komite saja, melainkan juga menjadi tanggung jawab semua pihak dan penerapan prinsip pengukuran yaitu tercermin dalam pelaksanaan efektivitas  evaluasi pembelajaran.

Keywords


Prinsip MBS; pelanggan; keterlibatan total; pengukuran

Article Statistic

Abstract view : 46 times
PDF views : 27 times

The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.