IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBANGUNAN BUDAYA SEKOLAH (CULTURE SCHOOL)
Abstract
Abstract
Perkembangan ilmu pengetahuan teknologi informasi dan komunikasi era revolusi industry 4.0 memberikan perubahan hampir mencakup seluruh aspek kehidupan. Perkembangan zaman yang sangat cepat hingga sampai pada era yang dinamakan era disrupsi yang lebih dikenal denga evolusi Industri 4.0. Era disrupsi ini ditandai dengan berbagai konektivitas manuis, mesin dan data semua ada dimana-mana yang dikenal dengan Internet of thing (IoT) sehingga memberikan memberikan dampak dalam kehidupan sosial yang bersifat positif maupun negatif sebagai dampak kemajuan yang tidak diimbangi dengan pendidikan karakter, Dalam beberapan kurun waktu ini, banyak kejadian dalam kehidupan sosial masyarakat, diantaranya tingginya kasus tindak pidana korupsi, penyalahgunaan narkoba,tawuran pelajar antar sekolah, pergaulan bebas, tindak kekerassan dan criminal, bullying dan lain sebagainya. Secara factual dan realistic menunjukan runtuhnya moralitas maupun karakter bangsa memberikan dampak terhadap musibah dan bencana yang meluas pada ranah sosial-keagamaan, hukum, maupun politik. Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) mensinyalir bahwa sumber dari musibah dan bencana meluluhlantakan moralitas bangsa adalah terabaikannya pendidikan karakter. Merujuk pada realitas tersebut perlunya penguatan pendidikan karakter pada lembaga pendidikan mulai pendidikan usia dini sampai dengan pendidikan tinggi. Salah penguatan pendidikan karakter adalah di sekolah atau satuan pendidikan, tidak hanya sarana melakukan penyampaian ilmu pengetahuan (transfer knowledge) tetapi lebih dari mengintegrasikan antara transfer knowledge dengan penanaman nilai karakter (transfer of values), sehingga generasi yang dilahirkan bukan hanya intelektual semata namun juga berkarakter melalui budaya sekolah yang bisa membangun, menciptakan dan mengkondisikan suasana lingkungan sekolah berkarakter sehingga akan menjadi kebiasaan baik bagi semua warga sekolah, terutama peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24256/jtlr.v1i2.946
Article Metrics
Abstract view : 1 timesPDF - 2 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright CC-BY- SA.
Journal of Teaching and Learning Research, e-ISSN: 2656-9086