Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembangunan Budaya Sekolah (Culture School)

Muhammad Soleh Hapudin

Abstract


Salah satu penguatan pendidikan karakter di sekolah atau satuan pendidikan, tidak hanya sarana penyampaian ilmu pengetahuan (transfer knowledge) tetapi juga penanaman nilai karakter (transfer of values), sehingga generasi yang dilahirkan bisa membangun, menciptakan dan mengondisikan suasana lingkungan sekolah berkarakter terutama peserta didik. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk memahami lebih mendalam bagaimana implementasi pendidikan karakter berbasis budaya sekolah pada satuan pendidikan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di Telkom School. Adapun teknik yang digunakan dalam mendapatkan data yakni menggunakan teknik interview, observasi dan studi pustaka, catatan lapangan dan studi pustaka. Data yang terkumpul dideskripsikan dan dianalisis melalui reduksi data secara naratif dan verifikatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan karakter yang diimplementasikan di lingkungan Telkom School,  mengacu pada YPT Way yang merupakan sebuah budaya organisasi di dalam lingkungan kerja yang terdapat di dalam Yayasan Pendidikan Telkom. YPT Way merupakan sebuah budaya yang diadopsi dari budaya Telkom yang memiliki delapan (8) nilai, yaitu yang terdiri dari Key Behaviors ; Practice To Be Winner (Integrity, Harmony and Excellent), Core Value ; Principle To be Star (Solid, Speed, Smart), and Basic Belief  the best All way The Best, Philosophi To be The Best (Enthusiasm Totality).


Keywords


IoT, pendidikan karakter, transfer of knowledge, Transfer of Value

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24256/jtlr.v1i2.946

Article Metrics

Abstract view : 18 times
PDF - 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright CC-BY- SA.

Creative Commons License

Journal of Teaching and Learning Research, e-ISSN: 2656-9086

View My Stats