Penerapan Metode Peta Pikiran (Mind Mapping) Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Di Sekolah Dasar

Feny Fujianti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran menulis karangan narasi dengan metode peta pikiran (mind mapping) dan Untuk mengetahui keterampilan menulis karangan narasi dengan metode peta pikiran (mind mapping) pada siswa kelas V SDN 50 Bulu’ Datu Kota Palopo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan psikologi. yang terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan, dengan tahapan Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 50 Bulu’ Datu yang berjumlah 27 siswa. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh secara langsung dari siswa dan guru kelas V SDN 50 Bulu’ Datu Kota Palopo. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan obesrvasi, tes, dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pelajaran bahasa Indonesia dapat dilihat dari pemerolehan nilai siswa skor rata-rata siswa pada siklus I dan siklus II sangat meningkat dan dapat dikategorikan berhasil. Melalui metode tersebut siswa terlihat aktif dalam pembelajaran.

Keywords


Peta Pikiran; Keterampilan Menulis; Karangan Narasi.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24256/jtlr.v1i2.968

Article Metrics

Abstract view : 1 times
PDF - 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright CC-BY- SA.

Creative Commons License

Journal of Teaching and Learning Research, e-ISSN: 2656-9086

View My Stats