Metode Pembelajaran Mufradat dalam Menghafal Kosakata Bahasa Arab di Sekolah Menengah
DOI:
https://doi.org/10.24256/jale.v5i1.2913Abstract
Abstrak
Penelitian dalam skripsi ini membahas tentang Metode Pembelajaran Simulasi dalam Menghafal Kosakata Bahasa Arab di Sekolah Menengah. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana penggunaan metode simulasi dalam pembelajaran di sekolah menengah. (2) Untuk mengetahui bagaimana signifikansi penggunaan metode pembelajaran simulasi dalam menghafal kosakata bahasa Arab di sekolah menengah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kajian Pustaka atau Library Research. Subjek penelitiannya adalah Sumber Data. Adapun teknik pengumpulan datanya adalah Library Research atau kajian pustaka, Teknik yang ditempuh dalam pengumpulan data dengan penelitian Library research adalah kutipan langsung dan kutipan tidak langsung. Selanjutnya hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) Penggunaan simulasi dalam pembelajaran di sekolah menengah sesuai dengan kecenderungan pengajaran modern sekarang, yaitu meningkatkan pengajaran yang bersifat pasif, menuju kepada pembelajaran siswa yang bersifat individual dan kelompok kecil. (2) Metode simulasi penting digunakan bagi siswa dalam menghafal mufradat, karena metode simulasi merupakan penggunaan strategi untuk memberikan kemungkinan kepada siswa agar dapat menguasai keterampilan dan dapat memahaminya dengan mudah.
Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Simulasi, Kosakata.References
DAFTAR PUSTAKA
Ahmadi, H. Abu & Joko Tri Prasetya, Strategi Belajar Mengajar (SBM), (Cet. 1; Bandung: CV. PUSTAKA SETIA, 1997).
Asy’ari, M, Metode, Sistem dan Prinsip Pembelajaran Bahasa Arab yang Inovatif, (IAIN Palu: An-Nabigoh, Vol. 20 No. 02, Tahun 2018).
Mustafa, Syaiful, Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif, (Cet. I; Malang: UIN Maliki Press, 2017).
Nuha, Ulin, Ragam Metodologi & Media Pembelajaran Bahasa Arab, (Cet. I; Yogyakarta: DIVA Press, 2016).
Moleong, Lexy J, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Roskarya, 2010).
Kartini, K., Pamessangi, A. A., Pallawagau, B., & Wahibah, W. (2022). منهج شعبة تدريس اللغة العربية بناء على الوسطية الدينية ي٠اجلامعات اإلسالمية اØلكومية بسوالويسي اجلنوبية. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 25(1), 16-34.‎
Prastowo, A. (2011). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. Yogyakarta: DIVA press.
Pratyaksa, I. G. T. (2020). Komik Online Sebagai Media Penyuluhan Agama Hindu Bagi Generasi Milenial. Maha Widya Duta: Jurnal Penerangan Agama, Pariwisata Budaya, dan Ilmu Komunikasi, 3(2), 21–29.
Pamessangi, A. A. (2021). Istirâtîjiyyah Ta’lim al-Lughah al-‘Arabiyyah ‘ala Asâsi Khasâ’is al-Ṭalabah. Jurnal Alfazuna: Jurnal Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 5(02), 138-154.
Pamessangi, A. A. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Islam berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Bahasa Arab di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo. IQRO: Journal of Islamic Education, 4(2), 117-128.
Pamessangi, A. A. (2022). Developing Arabic Language Textbooks Based on Religious Moderation in Madrasah. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(1), 147-156.
Rahmani, Naila. fauzia. Pengembangan Media Interaktif Powerpoint Dalam Pembelajaran Wayang Untuk Siswa SMP Kelas VIII d. Yogyakarta. Skripi: Universitas Yogyakarta, 2004.
Suryabrata, Sumadi, Metodologi Penelitian, (Cet. XXIII; Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012).
Taniredja, H. Tukiran, Model-model Pemeblajaran Inovatif dan Efektif, (Cet. VII; Bandung: Alfabeta, 2017).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
This work is licensed under CC BY-SA 4.0
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.