UPAYA PENINGKATAN PENGUASAAN ISIM DHOMIR MELALUI METODE TALKING STICK SISWA KELAS VIII MTs DARUL ISTIQAMAH CILALLANG

Authors

  • Muhammad Zuhri Abunawas IAIN Palopo
  • Mubassyirah Bakri IAIN Palopo
  • Satriani Jabbar IAIN Palopo

DOI:

https://doi.org/10.24256/jale.v5i1.2914

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan penguasaan isim dhomir siswa kelas VIII MTs Darul Istiqamah Cilallang melalui metode talking stick dalam mata pelajaran bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan mengikuti alur yang dikemukakan oleh Kemmis dan Taggart.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode talking stick (tongkat berbicara) sangat berpengaruh terhadap peningkatan penguasaan isim dhomir siswa kelas VIII MTs Darul Istiqamah Cilallang. Pada pra tindakan persentase prestasi belajar siswa 41,4% sedangkan pada siklus I persentase prestasi belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 84% termasuk dalam kategori baik.  Pada siklus II persentase prestasi belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 90% termasuk dalam kategori sangat baik.

Berdasarkan hasil penelitian ini, talking stick merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru bahasa Arab dalam mengatasi masalah pembelajaran isim dhomir sehingga siswa tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran bahasa Arab.

Kata kunci: isim dhomir, metode talking stick.

References

DAFTAR PUSTAKA

القرآن الكريم

الدليمي، طه علي حسين و سعاد عبد الكريم الوائلي. اللغة العربية مناهجها وطرائق تدريسها. الطبعة العربية الأولى: الإصدار الثانى، 2005.

محمد، الشيخ عبد الرحمن السخاوى. المقاصد الحسنة ÙÙŠ بيان كثير من الأحاديث المشتهرة على الأسنة. الطبعة الأولى: دار الكتاي العربي، 1405 – 1985 Ù‡

Ùوزية، دندوقة. ضمائر العربية: المÙهوم والوظيÙØ©. كلية الآداب واللغات جامعة محمد خيضر-بسكرة، الجزائر، 2010.

Afdholifa, Nur, Penggunaan Metode Talking Stick untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Materi Permasalahan Sosial di Kelas IV MI Darul Falah Boro Bunut Pakis Malang. Skripsi: UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 2013.

Marni, dan M. Yusuf T, Penggunaan Metode Talking Stick untuk Meningkatkan Maharat Al-kalam dalam Mata Pelajaran Bahasa Arab, Aladuna Vol 2 No 1, Makassar: Universitas Alauddin Makassar, 2015

Mustafa, Syaiful, Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif, (Cet. I; Malang: UIN Maliki Press, 2017).

Nuha, Ulin, Ragam Metodologi & Media Pembelajaran Bahasa Arab, (Cet. I; Yogyakarta: DIVA Press, 2016).

Moleong, Lexy J, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Roskarya, 2010).

Kartini, K., Pamessangi, A. A., Pallawagau, B., & Wahibah, W. (2022). منهج شعبة تدريس اللغة العربية بناء على الوسطية الدينية ي٠اجلامعات اإلسالمية احلكومية بسوالويسي اجلنوبية. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 25(1), 16-34.‎

Prastowo, A. (2011). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. Yogyakarta: DIVA press.

Pratyaksa, I. G. T. (2020). Komik Online Sebagai Media Penyuluhan Agama Hindu Bagi Generasi Milenial. Maha Widya Duta: Jurnal Penerangan Agama, Pariwisata Budaya, dan Ilmu Komunikasi, 3(2), 21–29.

Pamessangi, Andi Arif. "تطبيق تعليم اللغة الجماعة ÙÙŠ تعليم اللغة العربية." لسـانـنـا (LISANUNA): Jurnal Ilmu Bahasa Arab dan Pembelajarannya 9.2 (2020): 299-308.‎

Pamessangi, A. A. (2022). Developing Arabic Language Textbooks Based on Religious Moderation in Madrasah. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(1), 147-156.

Rahmani, Naila. fauzia. Pengembangan Media Interaktif Powerpoint Dalam Pembelajaran Wayang Untuk Siswa SMP Kelas VIII d. Yogyakarta. Skripi: Universitas Yogyakarta, 2004.

Suryabrata, Sumadi, Metodologi Penelitian, (Cet. XXIII; Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012).

Taniredja, H. Tukiran, Model-model Pemeblajaran Inovatif dan Efektif, (Cet. VII; Bandung: Alfabeta, 2017).

Downloads

Published

2022-07-26

How to Cite

Abunawas, M. Z., Bakri, M., & Jabbar, S. (2022). UPAYA PENINGKATAN PENGUASAAN ISIM DHOMIR MELALUI METODE TALKING STICK SISWA KELAS VIII MTs DARUL ISTIQAMAH CILALLANG. AL IBRAH: Journal of Arabic Language Education, 5(1). https://doi.org/10.24256/jale.v5i1.2914

Citation Check