UPAYA PENINGKATAN PENGUASAAN ISIM DHOMIR MELALUI METODE TALKING STICK SISWA KELAS VIII MTs DARUL ISTIQAMAH CILALLANG
DOI:
https://doi.org/10.24256/jale.v5i1.2914Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan penguasaan isim dhomir siswa kelas VIII MTs Darul Istiqamah Cilallang melalui metode talking stick dalam mata pelajaran bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan mengikuti alur yang dikemukakan oleh Kemmis dan Taggart.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode talking stick (tongkat berbicara) sangat berpengaruh terhadap peningkatan penguasaan isim dhomir siswa kelas VIII MTs Darul Istiqamah Cilallang. Pada pra tindakan persentase prestasi belajar siswa 41,4% sedangkan pada siklus I persentase prestasi belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 84% termasuk dalam kategori baik. Pada siklus II persentase prestasi belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 90% termasuk dalam kategori sangat baik.
Berdasarkan hasil penelitian ini, talking stick merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru bahasa Arab dalam mengatasi masalah pembelajaran isim dhomir sehingga siswa tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran bahasa Arab.
Kata kunci: isim dhomir, metode talking stick.
References
DAFTAR PUSTAKA
القرآن الكريم
الدليمي، طه علي Øسين Ùˆ سعاد عبد الكريم الوائلي. اللغة العربية مناهجها وطرائق تدريسها. الطبعة العربية الأولى: الإصدار الثانى، 2005.
Ù…Øمد، الشيخ عبد الرØمن السخاوى. المقاصد الØسنة ÙÙŠ بيان كثير من الأØاديث المشتهرة على الأسنة. الطبعة الأولى: دار الكتاي العربي، 1405 – 1985 Ù‡
Ùوزية، دندوقة. ضمائر العربية: المÙهوم والوظيÙØ©. كلية الآداب واللغات جامعة Ù…Øمد خيضر-بسكرة، الجزائر، 2010.
Afdholifa, Nur, Penggunaan Metode Talking Stick untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Materi Permasalahan Sosial di Kelas IV MI Darul Falah Boro Bunut Pakis Malang. Skripsi: UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 2013.
Marni, dan M. Yusuf T, Penggunaan Metode Talking Stick untuk Meningkatkan Maharat Al-kalam dalam Mata Pelajaran Bahasa Arab, Aladuna Vol 2 No 1, Makassar: Universitas Alauddin Makassar, 2015
Mustafa, Syaiful, Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif, (Cet. I; Malang: UIN Maliki Press, 2017).
Nuha, Ulin, Ragam Metodologi & Media Pembelajaran Bahasa Arab, (Cet. I; Yogyakarta: DIVA Press, 2016).
Moleong, Lexy J, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Roskarya, 2010).
Kartini, K., Pamessangi, A. A., Pallawagau, B., & Wahibah, W. (2022). منهج شعبة تدريس اللغة العربية بناء على الوسطية الدينية ي٠اجلامعات اإلسالمية اØلكومية بسوالويسي اجلنوبية. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 25(1), 16-34.‎
Prastowo, A. (2011). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. Yogyakarta: DIVA press.
Pratyaksa, I. G. T. (2020). Komik Online Sebagai Media Penyuluhan Agama Hindu Bagi Generasi Milenial. Maha Widya Duta: Jurnal Penerangan Agama, Pariwisata Budaya, dan Ilmu Komunikasi, 3(2), 21–29.
Pamessangi, Andi Arif. "تطبيق تعليم اللغة الجماعة ÙÙŠ تعليم اللغة العربية." لسـانـنـا (LISANUNA): Jurnal Ilmu Bahasa Arab dan Pembelajarannya 9.2 (2020): 299-308.‎
Pamessangi, A. A. (2022). Developing Arabic Language Textbooks Based on Religious Moderation in Madrasah. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(1), 147-156.
Rahmani, Naila. fauzia. Pengembangan Media Interaktif Powerpoint Dalam Pembelajaran Wayang Untuk Siswa SMP Kelas VIII d. Yogyakarta. Skripi: Universitas Yogyakarta, 2004.
Suryabrata, Sumadi, Metodologi Penelitian, (Cet. XXIII; Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012).
Taniredja, H. Tukiran, Model-model Pemeblajaran Inovatif dan Efektif, (Cet. VII; Bandung: Alfabeta, 2017).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
This work is licensed under CC BY-SA 4.0
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.