Thatbiq Hifdz al-Mufradat li Taarqiyyah Maharah al-Imla' Laday Thalabah al-Madrasah al-Tsanawiyyah al-Mutakamilah Hidayatullah Palopo

Muhammad said mahmud

Abstract


Abstrak

Penelitian ini berbicara tentang implementasi menghapal kosakata dalam meningkatkan keterampilan imla pada siswa-siswi dari Sekolah Menengah Pertama Integral Hidayatullah Palopo. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Adapun metode pengumpulan data menggunakan wawancara, kuesioner, dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah: 1. Penerapan menghapal kosakata di sekolah Madrasah Tsanawiyah Integral Hidayatullah Palopo sangat menarik dan menyenangkan siswa. Dalam penerapan metode menghapal kosakata dalam bahasa Arab, guru menuntut tetapi dapat membuat belajar menjadi menarik dan menyenangkan sehingga peserta didik dapat bersemangat dan siap untuk menyerap pelajaran. 2. Keterampilan imla di Sekolah Menengah Pertama Integral Hidayatullah Palopo telah meningkat. Hal ini disebabkan karena dalam pembelajaran guru mampu menjadikan suasana yang menenangkan dan menarik, sehingga keterampilan imla dengan metode hapalan dari siswa-siswi menjadi menigkat. 3. Penerapan hapalan kosakata di Sekolah Menengah Pertama Integral Hidayatullah Palopo sangat berpengaruh dalam kemampuan imla dalam metode pembelajaran yang bertujuan untuk menentukan keberhasilan siswa. Sesugguhnya metode pembelajaran bertujuan untuk memudahkan siswa dalam memahami pelajaran terutama bahasa Arab.

Kata kunci: Penerapan metode hapalan kosa kata, maharah imla


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Cet. XII; Jakarta: Renika Cipta, 1993.

Arsyad, Azhar ,Metodologi Pembelajaran Bahasa Asing Buat Pengajaran pengajaran Bahasa Arab ,Cet.1-Ujung pandang: Ahkam,1998,

Hasanuddin, Muhammad Irfan, Metodologi Pembelajran Bahasa Arab , Cet.1 ; Palopo LPS STAIN Palopo, 2010

Ibrahim, Abdul Alim, Al-Muwajjahul Fanniyu Li-Mudarisati al-Lughati Arabiya , Cet. X; Bandung : Al-Maarif, t.th.

Miftahul Jannah Pengaruh Pembelajaran Bahasa Arab Terhadap Penguasaan Kosa Kata Pada Sswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTSN) Belopa (Skipsi: Perpustakaan IAIN Palopo, 2010.

Poerwadarminta, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Duta Rakyat, 2002.

Tarangi, Henri Guntur. Pelajaran Kosa Kata. Cet. III; Bandung: Angkasa, 1993.

,???? ,??????? ??? ???? ( ??? ????? ???????? ?????? ),( ?????????: ??????? ????????? ?????????, 2012




DOI: https://doi.org/10.24256/jale.v1i1.361

Article Metrics

Abstract view : 73 times
PDF - 64 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.