PARADIGMA BARU KEBIJAKAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN INDONESIA

Eko Sulistiyanto, Prim Masrokan, As’aril Muhajir

Abstract


 The government has issued and evaluated various policies to improve the quality of Indonesian Education. This study aims to analyze various policies and new paradigms of policies related to National Education Standards. The method used in this research is a literature study. The results of the study show that there is a paradigm shift related to policies regarding National Education Standards from those oriented to content standards, then shifted to graduate Competency Standards as an effort to improve the quality of Indonesian education.


Keywords


SNP New Paradigm; SNP Policy; Education Quality

Full Text:

PDF

References


Raharjo, Sabar Budi, dkk. Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan. Jakarta: Puslitjakdikbud. 2019

Danim, Sudarwan. Visi baru manajemen sekolah dari unit birokrasi hingga institusi akademik. Jakarta: Literasi Bumi. 2008

Usman, Husaini. Manajemen: Teori, Praktik, dan Reset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. 2009

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan

Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2022 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2016 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah.

Risalah Kebijakan No. 5 Tahun 2022. Urgensi Standar Nasional Pendidikan yang Lebih Sederhana dan Berorientasi pada Kualitas Pembelajaran. PSKP Kemendikbud.

https://worldtop20.org/education-database/ (diakses pada 18 Maret 2023).




Office Address:Prodi Manajemen Pendidikan Islam, Gedung S Lt.2, IAIN Palopo

Creative Commons License

Kelola: Journal of Islamic Education Management. This is an open access article under the Creative Commons - Attribution-ShareAlike 4.0 International license (CC BY-SA 4.0)

Kelola: Journal of Islamic Education Management, p-ISSN: 2548-4052 and e-ISSN: 2685-9939