PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA GURU

Tensy Daun, Rahmathias Jusuf

Abstract


Kepala madrasah harus menunjukan kemampuannya dalam bersikap dan berperilaku yang mendukung kepribadiannya sehingga dapat dikatakan pantas menjadi seorang pemimpin khususnya di madrasah. Keteladanan melalui kepribadian yang luhur merupakan salah satu aspek yang dapat menentukan kemajuan guru dan madrasah. Kinerja guru berkaitan dengan tugas perencanaan, pengelolaan pembelajaran dan penilaian hasil belajar siswa. Berbagai asumsi dan indikator kompetensi kepribadian yang harus ada pada diri kepala madrasah melandasi pemikiran dan analisis data penelitian statistik yang memberikan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dan positif kompetensi kepribadian kepala madrasah terhadap kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kotamobagu. Hubungan pengaruh antara variabel menunjukan kategori kuat sebesar 0.731 dan kontribusi yang diberikan oleh kompetensi kepribadian kepala madrasah terhadap kinerja guru adalah 73,1%. Semakin baik dan efektif kompetensi kepribadian kepala madrasah maka semakin meningkat kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kotamobagu.


Keywords


Kompetensi Kepribadian dan Kinerja Guru

Full Text:

PDF

References


Ardianto dan Kadir, Aplikasi Statistik dalam Penelitian dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS, Yogyakarta: Budi Utama, 2021

Aryesam, Agnes, Peran Kompetensi Kepribadian Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Sma Korpri Jayapura, NOKEN Jurnal Pengelolaan Pendidikan, Vol. 1, No. 2

Basuki, Evaluasi dan Supervisi Standar Kepala Sekolah dalam Peningkatan Proses Pembelajara, Jurnal Pendidikan Guru Vol. 1 No. 2 Tahun 2020

Daryanto, Administrasi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 1996

Djafri, Novianty, Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah (Pengetahuan Manajemen, Efektivitas, Kemandirian Keunggulan Bersaing dan Kecerdasan Emosi), Yogyakarta: Budi Utama, 2016

Dolong, H. M. Jufri, Standar Kualifikasi dan Kompetensi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Vol. VIII, No. 2, Tahun 2019

Firdaus dkk, Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Kinerja Guru Madrasah Tsanawiyah, Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 4 No. 2, 2022, h. 1793-1803

Grafindo,2012

Hidayat, Rahmad dkk, Manajemen Problematika Madrasah, Bengkulu: Buku Literasiologi, 2019

Iskandar, UKepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan. Vol. 10, No. 1, 2013

Jaenudin, U, Psikologi Kepribadian, Bandung: Pustaka Setia, 2012

Menteri Agama, Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2018 tentang Perubahan atas peraturan menteri agama nomor 58 tahun 2017 tentang kepala madrasah, No.1575, Tahun 2018

Minan, M, Praktik Kepemimpinan Tranformasional Dalam Meningkatkan Kompetensi Kepribadian Guru Perspektif Al-Qur’an. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 1, No. 1, 217

Munthe, Arina Denggan, Strategi Manajemen Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Kepribadian Guru di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Fadhilah Medan, Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 6, No. 2, 2022

Nurdin, Aceng Ali, Kemampuan Kepribadian Pemimpin Sekolah Masa Kini Pada Motivasi Kinerja Guru, primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. 11 No. 2 2022

Nurdin, Aceng Ali, Kemampuan Kepribadian Pemimpin Sekolah Masa Kini Pada Motivasi kinerja guru, primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 11 No. 2, 2022

Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2017 Bab I Ketentuan Umum Pasal 1

Pramesti, Getut, Mudah dan Menyenangkan Mengolah Data dengan SPSS Statistika 26, Jakarta: Gramedia, 2021

Priansa, Menjadi Kepala sekolah dan guru Profesional Konsep, Peran Strategis dan Pengembangannya, Bandung: Pustaka Setia, 2017

Raqib dan Nurfuadi, Kepribadian Guru Upaya Mengembangkan Kepribadian Guru, Yogyakarta:

Rosyadi, I.Y dan Pardjono, Peran Kepala Sekolah sebagai Manajer dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMP Cilawu Garut, Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan. Vol. 3 No. 1, 2015

Sari, Desilia Rachma, Kompetensi Kepribadian Kepala Sekolah, Jurnal Manajer Pendidikan Universitas Bengkulu, Vol. 13, No. 2. 2019

Shulhan, Muwahid, Manajemen Pendidikan Islam Strategi Dasar Menuju Peningkatan Mutu Pendidikan Islam,Yogyakarta: Teras, 2013

Sinambela, Lijan Poltak, Metodologi Penelitian Kuantitatif; Untuk Bidang Ilmu Administrasi, Kebijakan Public, Ekonomi, Sosiologi, Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2014

Subroto, Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta. 1997

Sudarman, Kompetensi Kepala Sekolah, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2008

Tugiono, Implementasi Kompetensi Kepribadian Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Kepribadian Guru, Indonesian Journal of Education Management and Administration, Vol. 4 No. 1, 2020




Office Address:Prodi Manajemen Pendidikan Islam, Gedung S Lt.2, IAIN Palopo

Creative Commons License

Kelola: Journal of Islamic Education Management. This is an open access article under the Creative Commons - Attribution-ShareAlike 4.0 International license (CC BY-SA 4.0)

Kelola: Journal of Islamic Education Management, p-ISSN: 2548-4052 and e-ISSN: 2685-9939