Pelaksanaan Model Pengembangan Kinerja Guru pada SMA Negeri di Kota Palopo

Hilal Mahmud

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap: (1) model pengembangan kinerja guru pada SMA Negeri di Kota Palopo; (2) pelaksanaan model pengembangan kinerja guru melalui supervisi pendidikan pada SMA Negeri di Kota Palopo; dan (3) Pelaksanaan model pengembangan kinerja guru melalui pemberdayaan pada SMA Negeri di Kota Palopo. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan yang kajiannya bersifat kualitatif-verifikatif untuk mengungkap makna yang ada di balik fenomena realitas sosial tentang pelaksanaan model pengembangan kinerja guru pada SMA Negeri di Kota Palopo. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan fenomenologi dalam upaya memahami fenomena-fenomena yang berkaitan dengan realitas, situasi, kondisi, dan interaksi yang terjadi dalam pelaksanaan model pengembangan kinerja guru pada SMA Negeri di Kota Palopo. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Model pengembangan kinerja guru yang diterapkan di SMA Negeri di Kota Palopo adalah model pengembangan kinerja guru melalui supervisi pendidikan; (2) Pelaksanaan model pengembangan kinerja guru pada SMA Negeri di Kota Palopo belum berjalan optimal karena sejumlah kelemahan, yaitu: (a) perencanaan baru sebatas penjadualan kegiatan serta belum dibuat khusus dan detail berdasarkan analisis kebutuhan; (b) pembinaan dan pendampingan belum optimal dan belum fokus pada kebutuhan guru; dan (3) Pelaksanaan model pengembangan kinerja guru melalui pemberdayaan baru sebatas memenuhi kebutuhan persyaratan kenaikan pangkat. Potensi guru belum dimanfaatkan melalui pemberdayaan.


Keywords


Pelaksanaan Model; Pengembangan; Kinerja Guru

Full Text:

PDF

References


Al-Quran al-Karim.

Allmon, Barbara dan Sara Freeman. Menjadi Guru Kreatif. Yogyakarta: Golden Book, 2010.

Anggraeni, Mustika. Pengaruh Manajemen Pembelajaran dan Pengalaman Kerja dalam Upaya Pengembangan kinerjan Guru di SMA PGRI Slawi, Thesis Program Pascasarjana, Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta. 2008.

Anonim. Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Depdiknas, 2007.

Appelo, Jurgen. Management 3.0: Memimpin Pengembang Agile, Mengembangkan Pemimpin yang Tangkas, Lincah, dan Gesit. Penerjemah Ati Cahayani. Jakarta: PT. Indeks, 2013.

Arcaro, Jerome S. Pendidikan Berbasis Mutu. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.

Arikunto, Suharsimi. Dasar-Dasar Supervisi. Buku Pegangan Kuliah. Jakarta: Rineka Cipta, 2004.

Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, dan Supardi. Penelitian Tindakan Kelas. Cet. X; Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2011.

Amstrong, Michael. Performance Management. Alih bahasa Tony Setiawan. Yogyakarta: Tugu, 2004.

Armstrong, Thomas. Sekolah Para Juara. Bandung: Kaifa, 2002.

_______ . The Best School. Bandung: Kaifa, 2006.

Arniati PH dan Deni Hadiana. Pemanfaatan Hasil Ujian Nasional Untuk Peningkatan Mutu Pendidikan. Jakarta: Puspendik, 2008.

Bacal, Robert. Performance Management, terj. Surya Darma. Jakarta: Gramedia, 2001.

_______ . How to Manage Performance. New York: McGraw-Hill Companies, inc., 2004.

Barclay, I., Dann, Z., and Holroyd, P. New Product Development a Practical Workbook for Improving Performance. Oxford: Butterworth Heinemann, 2000.

Bell, Julie. Performance Intelligence at Work. New York: McGraw-Hill Companies, inc., 2009.

Bono, Edward de. New Thinking for the New Millenium. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2000.

Braham, Barbara J. Creating A Learning Organization, terj. Zalzulifa. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2003.

Bungin, Burhan. Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat, ed. 1. Cet. 4; Jakarta: Kencana, 2009.

_______ . Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik. Dan Ilmu Sosial Lainnya, ed. 1. Cet. 4; Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010.

Bush, T., L. Bell & D. Middlewood. The Principles of Educational Leadership. Second Edition. London: A Sage Publications Company, 2010.

Cascio, Wayne F. Managing Human Resource. New York: McGraw Hill, 2006.

Ciptono dan Ganjar Triadi. Guru Luar Biasa. Yogyakarta: Bentang, 2009.

Collins, J. Good to Great. New York: Harper Collins, 2001.

Covey, Stephen R. The Leader in Me. Jakarta: Gramedia, 2008.

Daft, Richard L. Era Baru Manajemen (New Era of Management), Buku 2, Ed. 9. Penerjemah Tita Maria Kanita, Jakarta: Salemba Empat, 2011.

Danim, Sudarwan. Inovasi Pendidikan dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Bandung: Pustaka Setia, 2002.

Departemen Agama Republik Indonesia. Al-Quran dan Terjemahnya, juz 1-30. Surabaya: Mekar Surabaya, 2004.

Depdiknas, Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Buku I. Jakarta: Depdiknas, 2003.

DePorter, Bobbi. Quantum Note-Taker. Bandung: Kaifa, 2004.

_______ . Quantum Thinker. Bandung: Kaifa, 2004.

_______ . Quantum Learner. Bandung: Kaifa, 2004.

DePorter, Bobbi, Mark Reardon, dan Sarah Singer-Nourie. Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang Kelas. Bandung: Kaifa, 2009.

Dharma, Surya. Manajemen Kinerja, Falsafah, Teori dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.

Direktorat Pendidikan Menengah Umum Dirjen Dikdasmen Depdiknas. Pedoman Pengembangan Kultur Sekolah. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum, 2004.

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Depdiknas. Panduan Penyelenggaraan Program Rintisan SMA Bertaraf Internasional (R-SMA-BI). Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas, 2009.

Direktorat Tenaga Kependidikan. Penilaian Kinerja Guru. Jakarta: Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Djohar. Pendidikan Strategik Alternatif untuk Pendidikan Masa Depan. Yogyakarta: Lesfi, 2003.

Dressler, G. Human Resources Management. Nineth Edition. New Jersey: Upper Saddler River, Prentice Hall, 2003.

Endrotomo. Masalah Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Surabaya: P3AI ITS, 2004.

Engkoswara dan Aan Komariah. Administrasi Pendidikan (Bandung: Alfabeta, 2010.

Engkoswara. Paradigma Manajemen Pendidikan Menyongsong Otonomi Daerah. Bandung: Yayasan Amal Keluarga, 2001.

Fahmi, Irham. Manajemen Kinerja Teori dan Aplikasi. Cetakan Ketiga; Bandung: Alfabeta, 2013.

Fiedler, B. Strategic Management for School Development Leading Your Schools Improvement Strategy. London: A Sage Publications Company, 2005.

Gill, R. Theory and Practice of Leasership. New York: A Sage Publications Company, 2009.

Godard, Alain and Vincent Lenhardt. Transformational Leadership, Shared Dreams to Succeed. London: Macmillan Publishers, 2000.

Griffin, Ricky W. Manajemen. Jakarta: Salemba Empat, 2004.

Hoon, Hum Sin. Memenangkan Persaingan Cara Cheng Ho Seni Kolaborasi, Kepemimpinan, Pengelolaan SDM dan Logistik, serta Warisan Iman Sang Laksamana Agung. Terj. Djohan Diaz Tjahjadi. Jakarta: PT. Kompas Media Nusantara, 2012.

Hughes, R.L., R.C. Ginnet & G.J. Curphy. Leadership Enhancing the Lesson of Experience. New York: McGraw Hill.

Hunsanker, P.L. Training in Management Skill. Upper Saddle River, New Jersey: Prantice Hall, 2002.

Hussey, D.E. How to Manage Organisational Change. London: Kogan Page Limited, 2000.

Iskandar. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitati). Cet. II; Jakarta: Gaung Persada Press, 2009.

Jalal, Fasli & Deddy Supriadi (Editor). Reformasi Pendidikan dalam KOnteks Otonomi Daerah. Yogyakarta: Adi Cita, 2001.

Jensen, Eric. Guru Super & Super Teaching, Lebih dari 1000 Strategi Praktis Pengajaran Super, terj. Benyamin Molan. Jakarta Barat: PT. Indeks Permata Puri Media, 2010.

Kadarisman, M. Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia, ed. 1. Cet. 1; Jakarta: Rajawali Pers, 2012.

Kasali, Rhenald. Change. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2005.

Kirkpatrick, Donald L. Improving Employee Performance. New York: Amacom, 2006.

Lawson, Ken. Performance Review. London: Axis Publishing Limited, 2005.

Lako, A. Kepemimpinan dan Kinerja Organisasi (Isu, Teori, dan Solusi). Yogyakarta: Amara Books, 2004.

Mahmud, Hilal. Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi Kepala Sekolah terhadap Prestasi Kerja Guru SMA Negeri di Kabupaten Luwu Utara, Thesis Program Pascasarjana, Program Pascasarjana Universitas Narotama Surabaya(UNS), Surabaya. 2007.

_______ . Administrasi Pendidikan (Menuju Sekolah Efektif), Edisi Perdana (Palopo: Lembaga Penerbitan Kampus (LPK) STAIN Palopo, 2013.

Maddux, Robert B. Effective Performance Appraisals. California: Crisp Publication, Inc., 2000.

Madya, Suwarsih, Penelitian Tindakan (Action Research), Teori dan Praktik. Cet. 4; Bandung: Alfabeta, 2011.

Manz, Charles C. and Henry P Sims Jr. The Superleadership Learning Others to Lead Themseves. San Fransisco: Berrett-Koehler Publishers, Inc. 2001.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif, edisi revisi. Cet. 30; Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011.

Muhadjir, Noeng. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin, 1994.

Mulyasa, E. Menjadi Kepala Sekolah Profesional: Dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2004.

Neal, James E. Jr. Guide to Performance Appraisals. Ohio: Neal Publication, Inc., 2001.

Noe, Raymond A, John R. Hollenbeck, Barry Gerhart, Patrick M. Wright. Human Resource Management: Gaining A Competitive Advantage, terj. David Wijaya, 6th ed. Jakarta Selatan: Salemba Empat, 2011.

Pardong, A. Tugas Pokok dan Fungsi Pengawas. Jakarta: Badan Diklat Depdiknas, 2003.

Parkay, F.W & G.J. Hass & E.J. Ancil. Curruculum Leadership Reading for Developing Quality Educational Program. Nineth Edition. New York: Pearson. 2010.

Republik Indonesia. Peraturan Pemerintah R.I. Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

_______ . Peraturan Pemerintah R.I. Nomor 19 Tahun 2007 Tentang Standar Pengelolaan Sekolah/Madrasah.

______ . Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

_______ . Undang-Undang R.I. Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Rivai, Veithzal, Deddy Mulyadi. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi, ed. 3. Cet. 9; Jakarta: Rajawali Pers, 2012.

Rivai, Veithzal. Islamic Human Capital Dari Teori ke Praktik Manajemen Sumber Daya Islami. Ed.1, Cet.1; Jakarta: Rajawali Pers, 2009.

Robbins, Stephen P., Coulter, Mary. Management. Tenth Edition, Terj. Bob Sabran dan Devri Burnadi Putera. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2010.

Rusman. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru, ed. 1. Cet. 1; Jakarta: Rajawali Pers, 2010.

Rustan S. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah Aliyah terhadap Motivasi Kerja dan Kinerja Guru Bahasa Inggeris di Sulawesi Selatan, Disertasi Program Pascasarjana, Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Makassar, Makassar, 2010.

Sahertian. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: Bhinneka Cipta, 2000.

Sedarmayanti. Membangun dan Mengembangkan Kepemimpinan serta Meningkatkan Kinerja untuk Meraih Keberhasilan. Cet. I; Bandung: PT. Refika Aditama, 2011.

Sharma, S.L. Educational Management, A Unified Approach of Education. New Delhi: Global India Publications, 2009.

Smith, Jane. Empowering People. London: Kogan Page Limited, 2000.

Stuart-Kottze, Robin. Performance. London: Prentice Hall, 2006.

Sugiyono. Metode Penelitian Bisnis. Cet. X; Bandung: Alfabeta, 2007.

_______ . Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif. Cet. V; Jakarta: Alfabeta, 2008.

_______ . Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2012.

Suharsaputra, Uhar. Administrasi Pendidikan. Cet, I; Bandung: PT. Refika Aditama, 2010.

Suhardan, Dadang. Supervisi Profesional, Layanan dalam Meningkatkan Mutu Pengajaran di Era Otonomi Daerah. Cet. 3; Bandung: Alfabeta, 2010.

Suherman, Atip. Kontribusi Implementasi Manajemen Partisipatif Terhadap Kinerja Guru dan Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar di SMA Negeri 4 Bogor, Thesis Program Pascasarjana, Program Pascasarjana Universditas Gunadarama Jakarta,. 2011.

Supardi. Kinerja Guru. Ed. 1, Cet. 1; Jakarta: Rajawali Pers, 2013.

Supriadi, Dedi. Mengangkat Citra dan Martabat Guru. Cet. 1; Yogyakarta: Adicita Karya Nusa, 1998.

Susanto, A. B. dan R. Masri Sareb Putra. 60 Management Gems: Applying Management Wisdom in Life. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2010

Wade, D. and Recardo, R. Coorporate Performance Management: How to Build a Better Organization Through Measurement-Driven Strategic Allignment. Oxford: Butterworth-Heinemann, 2001.

Wahyudi, Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajar. Cet. I; Bandung: Alfabeta, 2009.

Wibisono, Dermawan. Manajemen Kinerja Konsep, Desain, dan Teknik Meningkatkan Daya Saing Perusahaan. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2006.

Wibowo. Manajemen Kinerja, ed. III. Cet. V; Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2011.

_______. Manajemen Perubahan, ed. 3. Cet. 3; Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2011.

Wiles, J & J. Bondi. Supervision A Guide to Practice. Second Edition. London: Charles E. Merrill Publishing Company, 2003.

Yaumi, Muhammad. Pengembangan kinerja Guru Melalui Penerapan Kecerdasan Jamak, Disertasi Program Pascasarjana, Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta, Jakarta, 2011.

_______. Model Perbaikan Kinerja Guru dalam Pembelajaran. Makassar: Alauddin Press, 2014.

Yulk, G. Leadership in Organization. Seventeenth Edition. Upper Saddler River, New Jersey: Pearson. 2010.




DOI: https://doi.org/10.24256/kelola.v1i1.426

Article Metrics

Abstract view : 148 times
PDF - 412 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Office Address:Prodi Manajemen Pendidikan Islam, Gedung S Lt.2, IAIN Palopo

Creative Commons License

Kelola: Journal of Islamic Education Management. This is an open access article under the Creative Commons - Attribution-ShareAlike 4.0 International license (CC BY-SA 4.0)

Kelola: Journal of Islamic Education Management, p-ISSN: 2548-4052 and e-ISSN: 2685-9939