Pendekatan Manajemen Peserta Didik

Taqwa Taqwa

Abstract


Manajemen peserta didik dapat diartikan sebagai usaha pengaturan terhadap peserta didik mulai dari peserta didik tersebut masuk sekolah sampai dengan mereka lulus sekolah. Ada dua pendekatan yang digunakan dalam manajemen peserta didik. Pertama, pendekatan kuantitatif (the quantitative approach). Pendekatan ini lebih menitik beratkan pada segi-segi administratif dan birokratik lembaga pendidikan. Dalam pendekatan demikian, peserta didik diharapkan banyak memenuhi tuntutan-tuntutan dan harapan-harapan lembaga pendidikan di tempat peserta didik tersebut berada. Asumsi pendekatan ini adalah, bahwa peserta didik akan dapat matang dan mencapai keinginannya, manakala dapat memenuhi aturan-aturan, tugas-tugas, dan harapan-harapan yang diminta oleh lembaga pendidikannya. Wujud pendekatan ini dalam manajemen peserta didik secara operasional adalah: mengharuskan kehadiran secara mutlak bagi peserta didik di sekolah, memperketat presensi, penuntutan disiplin yang tinggi, menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan kepadanya. Pendekatan demikian, memang teraksentuasi pada upaya agar peserta didik menjadi mampu. Kedua, pendekatan kualitatif (the qualitative approach). Pendekatan ini lebih memberikan perhatian kepada kesejahteraan peserta didik. Jika pendekatan kuantitatif di atas diarahkan agar peserta didik mampu, maka pendekatan kualitatif ini lebih diarahkan agar peserta didik senang. Asumsi dari pendekatan ini adalah, jika peserta didik senang dan sejahtera, maka mereka dapat belajar dengan baik serta senang juga untuk mengembangkan diri mereka sendiri di lembaga pendidikan seperti sekolah. Pendekatan ini juga menekankan perlunya penyediaan iklim yang kondusif dan menyenangkan bagi pengembangan diri secara optimal.

Keywords


Pendekatan; Manajemen; Peserta Didik

Full Text:

PDF

References


Diambil dan adaptasi dari Materi Pembinaan Kepala Sekolah. Direktorat Tenaga Kependidikan. Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Departemen Pendidikan Nasional. 2007)

Maman, Rahman. Manajemen Kelas. Jakarta: Depdikbud. 1998

Meilina, Bustari. Manajemen Peserta Didik. Yogyakarta: FIP UNY. 2005

Prihatin, Eka, M.Pd.Dr. manajemen Peserta Didik. Alfabeta, Bandung, 2011

Sudrajat, Akhmad. Pendekatan Manajemen Peserta Didik. https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2010/02/14/konsep-dasar-manajemen-peserta-didik/. Diunduh pada hari jumat tanggal 7 oktober 2016 pukul 10.00 wita

Sulistyorini, M.Pd, Manajemen Pendidikan Islam, SUKSES offset, Yogyakarta, 2009




DOI: https://doi.org/10.24256/kelola.v1i1.428

Article Metrics

Abstract view : 668 times
PDF - 7696 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Office Address:Prodi Manajemen Pendidikan Islam, Gedung S Lt.2, IAIN Palopo

Creative Commons License

Kelola: Journal of Islamic Education Management. This is an open access article under the Creative Commons - Attribution-ShareAlike 4.0 International license (CC BY-SA 4.0)

Kelola: Journal of Islamic Education Management, p-ISSN: 2548-4052 and e-ISSN: 2685-9939