Fungsi Pengorganisasian dan Evaluasi Peserta Didik

Manda Manda

Abstract


Tujuan pengorganisasian adalah agar dalam pembagian tugas dapat dilaksanakan dengan penuh tanggungjawab. Dengan pembagian tugas diharapkan setiap anggota organisasi dapat meningkatkan keterampilannya secara khusus (spesialisasi) dalam menangani tugas-tugas yang dibebankan. Apabila pengorganisasian itu dilakukan secara serampangan, tidak sesuai dengan bidang keahlian seseorang, maka tidak mustahil dapat menimbulkan kegagalan dalam penyelenggaraan pekerjaan itu. Evaluasi merupakan bagian dari kegiatan kehidupan manusia sehari-hari. Disadari atau tidak, orang sering melakukan evaluasi, baik terhadap dirinya sendiri, terhadap lingkungan sosialnya, atau lingkungan fisiknya. Evaluasi dilakukan seseorang dari hal-hal yang sangat sederhana sampai yang sangat rumit. Hal ini dilakukan supaya seseorang menentukan arah pengembangan dirinya. Evaluasi atau penilaian berarti usaha untuk mengetahui sejauh mana perubahan itu telah terjadi melalui kegiatan belajar mengajar.

Keywords


Fungsi; Pengorganisasian; Evaluasi; Peserta Didik

Full Text:

PDF

References


Madya, Wahyu. 2011. Pendekatan Pembelajaran (Online),http://kerorowahyu.blogspot.com/2011/10/pendekatan-pembelajaran.html, diakses 4 Oktober 2016.

Notako. 2013. Pendekatan Pembelajaran (Online),https://notako.wordpress.com/2013/10/19/makalah-pendekatan-pembelajaran-2/ , diakses 4 Oktober 2016

Nuryani, Cucu. 2011. Pembelajaran Individual dan Pembelajaran Kelompok, (Online), (cucunuryani.blogspot.com/2011/08/pembelajaran-individual-dan.html. Jumat, 12 Agustus 2011), diakses 7 Oktober 2016.

Saputra, Trio Redo. 2012. Pengorganisasian Siswa (Online),http://tirtanizertrs.blogspot.com/2012/11/pengorganisasian-siswa.html , diakses 7 Oktober 2016

Suhardan, Dadang, dkk. 2009. Manajemen Pendidikan. Bandung: PT. Albeta.

Stiava Rizema, 2012, Desain Evaluasi Belajar Berbasis Kinerja, Jogjakarta: Diva Press.

Slameto, 1988, Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bina Aksara.




DOI: https://doi.org/10.24256/kelola.v1i1.432

Article Metrics

Abstract view : 563 times
PDF - 9400 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Office Address:Prodi Manajemen Pendidikan Islam, Gedung S Lt.2, IAIN Palopo

Creative Commons License

Kelola: Journal of Islamic Education Management. This is an open access article under the Creative Commons - Attribution-ShareAlike 4.0 International license (CC BY-SA 4.0)

Kelola: Journal of Islamic Education Management, p-ISSN: 2548-4052 and e-ISSN: 2685-9939