Efektivitas Model Learning Cycle 7e (Lc 7e) Berbasis Pendekatan Konstruktivisme

Andi Musdalifa, Taqwa Taqwa

Abstract


Permasalahan pokok dalam penelitian ini yaitu (1). Bagaimana hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs. Batusitanduk yang tidak diajar dengan model Learning Cycle 7E berbasis pendekatan konstruktivisme? (2). Bagaimana hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs. Batusitanduk yang diajar dengan model Learning Cycle 7E berbasis pendekatan konstruktivisme? (3). Apakah model Learning Cycle 7E berbasis pendekatan konstruktivisme efektif meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs. Batusitanduk?. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen dengan true-experimental tipe pre test-post test control group design dengan populasi yaitu seluruh siswa kelas VII MTs. Batusitanduk tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 115 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu cluster random sampling sehingga terpilih dua kelas yang menjadi sampel yaitu kelas VII A sebagai kelas kontrol dengan jumlah 29 siswa dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu dengan pemberian tes dan lembar observasi aktivitas siswa. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai siswa sebelum perlakuan untuk kelas eksperimen sebesar 65,66 dan untuk kelas kontrol sebesar 67,31. Dari hasil uji statistik z diperoleh dengan taraf signifikan 5% diperoleh , sehingga maka H0 diterima, artinya tidak ada perbedaan yang signifikan antara kedua kelas. Rata-rata nilai siswa setelah perlakuan untuk kelas eksperimen sebesar 75,83 dan untuk kelas kontrol sebesar 70,86. Dari hasil uji statistik z diperoleh dengan taraf signifikan 5% diperoleh . Sehingga , maka H0 ditolak dan H1 diterima, artinya hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dari hasil belajar kelas kontrol.


Keywords


Efektivitas; Model Learning Cycle 7E; Pendekatan Konstruktivisme; Hasil Belajar Matematika.

Full Text:

PDF

References


Anonim, http://belajar psikologi. com/teori-kepribadian-dan-motivasi-jean-piaget/, (8 Agustus 2016).

Aziz, Zulfiani, penggunaan model pembelajaran Learning Cycle 7E untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMP pada pokok bahasan usaha dan energi, http://lib.unnes.ac.id /pdf, (9 Agustus 2016).

Cahyo, Agus N, Panduan Aplikasi Teori Belajar Mengajar, Cet. I ; Yogyakarta : DIVA Press, 2013.

Departemen Agama RI, Al Quran dan Terjemahnya, Bandung: Jumanatul-Ali Art, 2005.

Fajaroh dan Dasna, Pembelajaran Dengan Model Siklus Belajar (Learning Cycle), http://sahaka.multiply.com/journal/item/29/pembelajarandengan_model_siklus_belajar_learning_cycle, (5 september 2015).

Hamzah B. Uno, Model Pembelajaran, Ed. I, Cet. I; Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

Kaso, Nurdin, Filsafat Pendidikan, Cet. III; Palopo: LPK-Press STAIN Palopo, 2010.

Kayati, Nur, Efektivitas Model Learning Cycle 7E Terhadap Hasil Belajar Akuntansi di SMK Negeri 1 Salatiga, http://lib.unnes.ac.id/.pdf , (8 Agustus 2016)

Lucki, Penerapan Model Learning Cycle 7E untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Fisika dan Hasil Belajar Siswa Kelas X-2 MAN 2 Malang Kota Batu, http://jurnalonline.um.ac.id/data/artikel/.pdf , (21 April 2016).

Saud, Udin Syaefudin, Inovasi Pendidikan, Cet. V ; Bandung : ALFABETA, 2012.

Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Cet. III; Jakarta : Rineka Cipta, 2003.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Cet. XV; Bandung: ALFABETA, 2012.

Widyaningsih, Mitasari, Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Learning Cycle 7E pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013, http://eprints.ums.ac.Id/ NASKAH_PUBLIKASI. pdf, ( 9 Agustus 2016).




DOI: https://doi.org/10.24256/kelola.v2i2.439

Article Metrics

Abstract view : 126 times
PDF - 488 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Office Address:Prodi Manajemen Pendidikan Islam, Gedung S Lt.2, IAIN Palopo

Creative Commons License

Kelola: Journal of Islamic Education Management. This is an open access article under the Creative Commons - Attribution-ShareAlike 4.0 International license (CC BY-SA 4.0)

Kelola: Journal of Islamic Education Management, p-ISSN: 2548-4052 and e-ISSN: 2685-9939