Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas Tenaga Kerja Industri Kecil Kota Palopo

Imran Ukkas

Abstract


Kualitas produksi yang dihasilkan oleh industri kecil sangat ditentukan oleh produktivitas tenaga kerjanya. Tingkat produktivitas tenaga kerja yang cenderung rendah dapat mengakibatkan menurunnya jumlah produksi. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor antara lain tingkat pendidikan, usia, pengalaman kerja, dan jenis kelamin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh tingkat pendidikan, usia, pengalaman kerja, dan jenis kelamin terhadap produktivitas tenaga kerja pada industri kecil di Kota Palopo. Sampel penelitian sebanyak 100 orang tenaga kerja pada industri kecil yang ada di Kota Palopo yang diambil dengan menggunakan teknik probability random sampling. Adapun metode analisis dalam penelitian yaitu menggunakan analisis kuantitatif dengan rumus regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pendidikan, usia, pengalaman kerja dan jenis kelamin berpengaruh positif signifikan terhadap produktivitas tenaga kerja industri kecil Kota Palopo. Selanjutnya dari keempat variabel independen tersebut yang memiliki pengaruh dominan terhadap produktivitas tenaga kerja yaitu variabel usia sebesar 2,331. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pengembangan kajian ilmu manajemen sumber daya manusia terkhusus mengenai produktivitas tenaga kerja dalam rangka upaya peningkatan produksi pada industri kecil.


Keywords


Tingkat Pendidikan, Usia, Pengalaman Kerja, Jenis Kelamin; Produktivitas Tenaga Kerja; Industri Kecil.

Full Text:

PDF

References


Amron dan Taufiq Imran. 2009. Analisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Produktivitas Tenaga kerja Outlet Telekomunikasi Seluler Kota Makassar. Jurnal Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Nobel Indonesia.

Hasanah, Erni Ummi dan Widowati, Puri. 2011. Analisis Produktivitas Tenaga Kerja pada Industri Rumah Tangga Krecek di Kelurahan Segoroyoso. Efektif Jurnal Bisnis dan Ekonomi, vol.2, no.2, hal. 169-182.

Korawijayanti, Lardin dan Listyani, Tyas. 2009. Pengaruh Perkembangan Usaha Kecil Menengah Terhadap Keberdayaan Perempuan di Jawa Tengah, Jurnal Ragam, vol. 9, no. 2, hal. 166-182.

Ngantindriatun dan Ikasari, Hertiana. 2011. Efisiensi Produksi Industri Skala Kecil Batik Semarang: Pendekatan Fungsi Produksi Frontier Stokastik. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan, no.1, tahun 4, hal. 28-36.

Rahmana, Arif. 2009. Peranan Teknologi Informasi dalam Peningkatan Daya Saing Usaha Kecil Menengah. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi Yogyakarta.

Sitanggang, Ignatia Rohana dan Nachrowi, Djalal. 2006. Pengaruh Struktur Ekonomi Pada Penyerapan Tenaga Kerja Sektoral: Analisis Model Demometrik di 30 Provinsi Pada 9 Sektor di Indonesia. Jurnal Ekonomi danPembangunan Indonesia, vol.5, no.1, hal 103-133.

Sulaeman, Ardika. 2014. Pengaruh Upah dan Pengalaman Kerja terhadap Produktivitas Karyawan Kerajinan Ukiran Kabupaten Subang. Jurnal Trikonomika, vol. 13, no.1, hal. 91-100.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta, Bandung.

Suyono, Bambang dan Hermawan, Hery. 2013. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Produktivitas Tenaga Kerja pada Industri Kerajinan Kulit di Kabupaten Magetan. Jurnal Ekomaks, vol.2, no.2.

Utami, Annisa Wanda dkk. 2015. Analisis Produktivitas Tenaga Kerja pada Usaha Domba Analysis Farm Worker Productivity in Sheep Farm. Fakultas Peternakan Universitas Padjajaran. Artikel tidak terpublikasi.

Wartana, I Made Hedy. 2011. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Produktivitas Kerja Karyawan pada Como Shambala Estate at Begawan Giri Ubud Bali. Jurnal Perhotelan dan Pariwisata, vol.1, no.1, hal. 14.




DOI: https://doi.org/10.24256/kelola.v2i2.440

Article Metrics

Abstract view : 513 times
PDF - 3187 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Office Address:Prodi Manajemen Pendidikan Islam, Gedung S Lt.2, IAIN Palopo

Kelola is indexed by: