Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Matematika Realistik

Lisa Aditya Dwiwansyah Musa

Abstract


Salah satu pembelajaran matematika yang berorientasi pada matematisasi pengalaman sehari-hari dan menerapkan matematika dalam kehidupan sehari-hari adalah Pembelajaran Matematika Realistik. Penelitianini bertujuan untuk mengetahui bahwa hasil belajar matematika dapat ditingkatkan melalui pendekatan matematika realistik pada siswa kelas VII1 SMPNegeri 8 Parepare. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Researce) yang dilaksanakan dengan tahapan yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.Data yang dikumpulkan dianalisis dengan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian disimpulkan bahwa hasil belajar matematika mengalami peningkatan melalui pendekatan matematika realistik pada siswa kelas VII1 SMP Negeri 8 Parepare, hal ini dapat dilihat dari: (1) meningkatnya rata-rata hasil belajar matematika siswa yaitu pada siklus I sebesar 64,36 menjadi 88,2 pada siklus II; (2) meningkatnya persentase siswa yang tuntas belajar yaitu pada siklus I sebesar 48% menjadi 92% pada siklus II; dan (3) meningkatnya aktivitas siswa dalam proses pembelajaran sesuai dengan lembar observasi yang dilakukan selama penelitian yaitu aktivitas siswa yang sesuai dengan pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 51,77% menjadi 72,88% pada siklus II dan menurunnya aktivitas siswa yang tidak sesuai dengan pembelajaran dari siklus I sebesar 20% menjadi 9,33% pada siklus II.

Keywords


Hasil Belajar; Pendekatan Matematika Realistik

Full Text:

PDF

References


Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Arikunto, Suharsimi., Suharjono., & Supardi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara

Hudoyo, Herman. 1990. Strategi Mengajar Belajar Matematika. Malang: IKIP Malang

Kunandar. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rajawali Pers.

Maskur. 2009. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa melalui Pendekatan Realistik pada Materi Operasi Bilangan Bulat. Skripsi: UMPAR

Muslich, Masnur. 2007. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Malang: Bumi Aksara.

Sagala, Syaiful. 2005. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Shadiq, Fajar.,& Nur amini. 2010. Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Realistik di SMP.http://ebook.p4tkmatematika.org. Diakses tanggal 12 November 2010

Sudjana, nana. 1987. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Suherman, Erman. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Syarifulfahmi. 2009. Pendekatan Matematika Realistik. http://syarifulfahmi.blogspot.com. Diakses tanggal 3 Maret 2011

Tim Instruktur Jurusan Matematika. 2008. Model-model Pembelajaran Inovatif dan Asesmen Pembelajaran Matematika. Makassar: UNM

Zainurie. 2007.Realistic Mathematics Education(RME). http://zainurie.wordpress.com. Diakses tanggal 7 Oktober 2010




DOI: https://doi.org/10.24256/kelola.v2i1.445

Article Metrics

Abstract view : 166 times
PDF - 684 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Office Address:Prodi Manajemen Pendidikan Islam, Gedung S Lt.2, IAIN Palopo

Creative Commons License

Kelola: Journal of Islamic Education Management. This is an open access article under the Creative Commons - Attribution-ShareAlike 4.0 International license (CC BY-SA 4.0)

Kelola: Journal of Islamic Education Management, p-ISSN: 2548-4052 and e-ISSN: 2685-9939