PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BACA TULIS AL-QUR’AN UNTUK SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.24256/kelola.v10i1.5794Abstract
Tesis ini membahas tentang “Pengembangan bahan ajar baca tulis al-Qur’an berbasis siswa kelas 3 sekolah dasar DDI 2 Palopo”. Tujuan penelitian ini yaitu: Untuk mengetahui Analisis Kebutuhan bahan ajar baca tulis al-Qur’an berbasis tingkat kemampuan siswa kelas 3 sekolah dasar DDI 2 Palopo. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Dalam penelitian dan pengembangan pada tesis ini menggunaka model ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementasi, Evaluation). Adapun subjek penelitian ini yaitu semua yang berhubungan dengan pengembangan bahan ajar baca tulis al-Qur’an yaitu Guru BTQ, Kepala sekolah, Bagian Umum Sekolah, serta Siswa SD DDI 2 Palopo. Bahan ajar baca tulis al-Qur’an yang peneliti lakukan sudah layak digunakan untuk proses pembelajaran dikelas 3 SD DDI 2 Palopo dengan presentase validitas produk mencapai di angka 90% dengan kategori sangat valid untuk validasi ahli bahasa, 90% dengan kategori valid untuk untuk validasi ahli materi, dan 87, 7% dengan kategori valid untuk validasi ahli desain. Bahan ajar baca tulis al-Qur’an dikembangkan praktis digunakan dalam proses pembelajaran dikelas 3 SD DDI 2 Palopo dengan presentase praktikalitas mencapai 80, 7% kategori praktis. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa bahan ajar baca tulis al-Qur’an sudah layak digunakan, mudah digunakan, dan dapat meningkatkan proses dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran dikelas 3 SD DDI 2 Palopo.
Kata Kunci: Pengembangan Bahan Ajar, Baca Tulis Al-Qur’an
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.