PELUANG DAN TANTANGAN PERENCANAAN BERBASIS DATA DENGAN MEMANFAATKAN RAPOR PENDIDIKAN

Authors

  • Nuansa Ayu Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Haniatul Mas`udah
  • Ayu Rosydina
  • Nurkolis

DOI:

https://doi.org/10.24256/kelola.v10i1.6094

Abstract

Kualitas pendidikan merupakan hal yang sangat penting untuk ditingkatkan salah satunya yaitu dengan memanfaatkan Rapor Pendidikan sebagai dasar untuk perencanaan berbasis data. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peluang dan tantangan dalam perencanaan berbasis data dengan memanfaatkan Rapor Pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu campuran kuantitatif kualitatif menggunakan desain concurrent embedded terkait dengan pemanfaatan Rapor Pendidikan sebagai dasar dalam penyusunan RKAS (Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah) dengan teknik purposive sampling dan validitas penelitian maka dilakukan triangulasi metode yaitu dengan wawancara, observasi, dan penelusuran dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peluang dalam perencanaan berbasis data Rapor Pendidikan yaitu data yang didapatkan merupakan data yang akurat dan terkini sehingga penyusunan RKS/RKT/RKAS menjadi lebih tepat sasaran sesuai dengan masalah yang dialami sekolah, lebih efisien, lebih partisipatif, lebih transparan, lebih dapat dipertanggung jawabkan serta lebih cepat dan mudah. Selain peluang, terdapat juga tantangan dalam perencanaan berbasis data Rapor Pendidikan yaitu minimnya pemahaman dan keterampilan menganalisa terhadap data dalam Rapor Pendidikan sehingga dibutuhkan pelatihan/ pendampingan dalam mecari permasalahan yang tertera dan menentukan kegiatan alternatif untuk mengatasi permasalahan tersebut sehingga dapat membantu satuan pendidikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

Kata Kunci,: Perencanaan Berbasis Data (PBD), Rapor Pendidikan, RKAS, Kualitas Pembelajaran.

Downloads

Published

2025-04-01

Citation Check