STRATEGI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI KELUARGA DALAM PROSES PENDIDIKAN
DOI:
https://doi.org/10.24256/kelola.v10i1.6108Abstract
Studi ini bertujuan untuk mendalami strategi kepemimpinan transformasional yang
dapat diterapkan oleh kepala sekolah guna meningkatkan partisipasi keluarga di
sekolah. Dengan memanfaatkan studi literatur dan analisis pustaka, penelitian ini
mengeksplorasi beragam teori dan konsep yang berkaitan dengan kepemimpinan
transformasional serta peran keluarga dalam proses pendidikan. Hasil kajian
menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional, yang ditandai oleh kemampuan
untuk menginspirasi, memfasilitasi, dan memberdayakan, memiliki potensi besar dalam
mendorong partisipasi keluarga. Beberapa strategi yang dapat diterapkan meliputi
membangun hubungan yang kuat dengan keluarga, melibatkan mereka dalam
pengambilan keputusan, serta menyediakan berbagai program dan aktivitas yang
melibatkan partisipasi keluarga. Diharapkan, peningkatan partisipasi keluarga ini akan
berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan, prestasi siswa, dan terciptanya
iklim sekolah yang positif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kepemimpinan
transformasional kepala sekolah merupakan faktor kunci dalam membangun kemitraan
yang solid antara sekolah dan keluarga, sehingga hal ini perlu mendapatkan perhatian
dari para pemimpin di bidang pendidikan.
Kata Kunci: Kepemimpinan Transformasional, Partisipasi Keluarga, Proses Pendidikan
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.