KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH

Authors

  • Yusuf
  • Yulianti Universitas Puangrimaggalatung Sengkang, Indonesia
  • Husni
  • Arianto Syahruddin
  • Munawir
  • Roswati
  • Ujuh Ilham Simak

DOI:

https://doi.org/10.24256/kelola.v10i1.6124

Abstract

Kepala sekolah adalah sosok yang memimpin di lembaga pendidikan. Kemajuan kepemimpinan
seorang kepala sekolah bergantung pada penerapan teori atau model kepemimpinan yang
sesuai. Salah satu model kepemimpinan yang diterapkan adalah kepemimpinan
transformasional. Kepemimpinan transformasional adalah gaya kepemimpinan yang
mengubah energi dari berbagai sumber daya, termasuk manusia, alat, dan situasi, guna
mencapai tujuan yang diinginkan. Kepemimpinan transformasional didasari oleh sifat-sifat
yang kharismatik, memiliki kemampuan dalam membangkitkan inspirasi, mampu merangsang
intelektual bawahan secara aktif, dan bersikap empatik terhadap individu. Kepemimpinan
transformasional ditandai oleh memiliki visi yang jelas, peduli pada kebutuhan individual,
memberikan motivasi inspiratif, dan merangsang intelektualitas. Salah satu ciri dari gaya
kepemimpinan transformatif Kepala Sekolah adalah keahliannya dalam merumuskan visi, misi,
dan program sekolah, menjadi agen perubahan yang memiliki daya tarik, kepemimpinan yang
empatik, mendorong pertumbuhan intelektual dan kreativitas, serta memberikan kesempatan
yang adil kepada seluruh elemen di lingkungan sekolah. Penerapan kepemimpinan
transformasional oleh kepala sekolah berdampak pada penyelenggaraan proses pembelajaran
dengan tingkat profesionalisme yang lebih baik. Dengan terciptanya budaya dan iklim sekolah
yang kondusif, prestasi belajar siswa dapat mencapai tingkat yang tinggi.


Kata Kunci: Kepemimpinan Transformasional, Kepala Sekolah.

Downloads

Published

2025-04-01

Citation Check