KERANGKA KERJA MANAJEMEN HUBUNGAN MASYARAKAT DALAM MENCIPTAKAN MADRASAH UNGGUL

subairi subairi

Abstract


The progress of a madrasa or educational institution needs to be supported jointly by all elements, small environment (family), madrasas (educational institutions), and the environment (community). These three elements must be combined, synergized, with the hope of producing results or good quality education outcomes. This expectation must of course be carried out / improved by the education provider (madrasa). in the sense that madrasas play an active role in establishing communication with elements of the environment (community), both with teachers, education personnel, student guardians, or with surrounding communities. in realizing this good relationship, the implementation of community relations management is needed. Madrasas in the current era really require an active role from the community in supporting its success, both in educating, providing great opportunities and giving birth to capable, independent sons of the nation. so that later, students can adapt to the environment, in establishing good communication. Management of public relations management is very important, so that communication links between educational institutions and the surrounding environment (community) generally encourage and participate in supporting the success of an educational institution.

Keywords


Public Relations Management Framework, Creating Superior Madrasas,

Full Text:

PDF

References


abdul rahmat, Manajemen Humas Sekolah, Manajemen Humas Sekolah, Cetakan I (Yogyakarta: Media Akademi, 2016)

Abdullah, Ma’ruf, Manajemen Dan Evaluasi Kinerja Karyawan, ed. by Budi Rahmat Hakim (Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2014)

Afkarina, Nur Izza, ‘Strategi Komunikasi Humas Dalam Membentuk Public Opinion Lembaga Pendidikan’, Jurnal Idaarah, 2 (2018), 61

Asrul Anam, ‘Strategi Hubungan Masyarakat Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Mts Darut Taqwa’, Jurnal Al-Murabbi, 1 (2016), 176

Baharun, Hasan, ‘Manajemen Kinerja Dalam Meningkatkan Competitive Advantage Pada Lembaga Pen Didikan Islam’, Jurnal Ilmu Tarbiyah “At - Tajdid, 5 (2016), 244

———, ‘Manajemen Kinerja Dalam Meningkatkan Competitive Advantage Pada Lembaga Pendidikan Islam’, At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 5 (2016), 243–62

Elfridawati Mai Dhuhani, ‘Manajemen Humas Dalam Meningkatkan Mutu Madrasah Studi Kasus Di Madrasah Ibtidiyah Terpadu (Mit) As-Salam Ambon’, Jurnal Al- i l t i z a M, 1 (2016), 40

Hakim, Muhammad Nur, ‘MENGEMBANGKAN LEMBAGA PENDIDIKAN ( Studi Kasus Di SMK Negeri 1 Dlanggu Mojokerto )’, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4 (2019), 125

Hasan, Mohammad, ‘MANAJEMEN PUBLIC RELATIONS DALAM MEMBANGUN CITRA DAN KONTESTASI PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM SWASTA (Studi Pada Sekolah Tinggi Agama Islam Syaikhona Moh. Kholil Bangkalan)’, Nuansa, 14 (2017), 35

Idrangingrum, Ersin, ‘Peran Kepala Sekolah Dan Partisipasi Dari Masyarakat Dalam Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Unruk Mewujudkan Kualitas Pendidikan Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Madiun’, Jurnal Studi Sosial, 3 (2018), 11–21

Ira Nur Harini, ‘Manajemen Hubungan Masyarakat Dalam Upaya Peningkatan Pencitraan Sekolah’, Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, Vol. 4 No. 4, April 2014, Hlm. 8-20, 4 (2014), 8–20

Kriyanto, ‘Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising 21’ (Yogyakarta: Media Akademi, 2006), p. 21

Luqman, Yanuar, ‘Peran Dan Posisi Hubungan Masyarakat Sebagai Fungsi Manajemen Perguruan Tinggi Negeri Di Semarang’, Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2 (2013)

Maskur, M., ‘Eksistensi Dan Esensi Pendidikan Madrasah Di Indonesia’, Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar Volume, 4 (2017), 101–19

Mubarok, Dian Marhaeni K, ‘Konstruksi Prinsip Kinerja Public Relations Dalam Pandangan Syariat Islam’, Jurnal Messenger, VIII (2016), 20–34

Mukhtar, Jazuli, and Ichwan Nugroho, ‘PONDOK PESANTREN ( Studi Kasus Di Pondok Pesantren As ’ Adiyah Belawa Baru , Masamba , Sulawesi Selatan )’, Al-Tanzim, 03 (2019), 82–101

Mulyono, ‘Teknik Manajemen Humas Dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam’, Jurnal Ulumuna, XV (2011), 168

Murni, ‘Konsep Manajemen Humas Pada Lembaga Pendidikan’, Jurnal Manajemen Pendidikan Islamjemen, 1 (2003), 26–45

Musyarrofah, Mifrohatul, ‘Peran Humas Dalam Pengembangan Pendidikan Tinggi’, Jurnal Idaarah, 2 (2018), 19

Nurul, ‘Strategi Manajemen Humas Dalam Menyampaikan Program Unggulan Madrasah’, Al Tanzim, 2 (2018), 46

Pandit Isbianti, ‘Peran Humas Sebagai Upaya Menjalin Kerja Sama’, Jurnal Manajemen Pendidikan, 01 (2009), 41–49

Rahutomo, Adi Nugroho, ‘Strategi Humas Dalam Mempublikasikan Informasi Pelayanan Publik Pada Pt Pln (Persero) Rayon Di Samarinda Ilir’, EJournal Ilmu Komunikasi, 1 (2013), 324–40

Rosita, Rosi, ‘Usaha Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam (Studi Kasus Di MTS AL-INAYAH Bandung)’, Jurnal Tarbawy, 3 (2016), 75–89

Sugiono, ‘Strategic Planning : Shaping or Emerging From Organisations’, Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2 (2018), 177–84

Sutikno, Sobry, ‘Manajemen Pendidikan, Langkah Praktis Mewujudkan Lembaga Pendidikan Yang Unggul (Tinjauan Umum Dan Islami)’ (Lombok: Holistica, 2012), p. 94

Syamsuddin, ‘Penerapan Fungsi-Fungsi Manajemen Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan’, Jurnal Idaarah, I (2017), 3–4

Trimanah, Diah Wulandari, ‘Prinsip Public Relations Dalam Ajaran Islam Menurut Persepsi Anggota Perhumas Jawa Tengah’, Asi, Vol 11 (1), Juni 2018, 11 (2018), 66–74

Vitri Yuniarti, ‘Aplikasi Manajemen Humas Dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Di MAN Malang 1’, Jurnal Manajemen Pendidikan, 1 (2017), 5




DOI: https://doi.org/10.24256/joiem.v4i2.868

Article Metrics

Abstract view : 2 times
PDF - 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.