Analisis Manajemen Humas dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Masyarakat terhadap Lembaga Pendidikan

Authors

  • Suardi M Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Bina Adinata, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/kelola.v2i2.434

Keywords:

Manajemen Humas, Partisipasi Masyarakat, lembaga pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seperti apa manajemen humas dalam upaya  meningkatkan partisipasi masyarakat terhadap lembaga pendidikan smp negeri satap 9 Bulukumba. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui penelitian lapangan dengan cara observasi dan wawancara. Data yang diperoleh diolah dan dianalisis melalui tiga alur, yakni reduksi data, display data (penyajian) dan verifikasi data. Hasil penelitian ditemukan bahwa upaya smp negeri satap 9 bulukumba dalam meningkatkan partisipasi masyarakat terhadap lembaga pendidikan smp negeri satap 9 bulukumba melalui menajemen humas yaitu menggunakan berbagai macam tekhnik komunikasi, baik secara lisan, tulisan maupun melalui perbuatan (uswah hasanah). Hal  demikian dilakukan agar pesan yang di sampaikan dapat lebih mudah menyebar dan di terima dengan baik oleh masyarakat sekitar yang relatif  majemuk dari segi pendidikan, ekonomi dan strata sosial. Sedangkan penggunaan media sosial smp negeri satap 9 bulukumba sangat memperhitungkan aspek efektifitas dan efesiensinya.

References

Made Pidarta, Manajemen Pendidikan Indonesia, (Jakarta:PT Bina Aksara, 1988).

----------------- Peranan Kepala Sekolah Pada Pendididkan Dasar (Jakarta: Gramedia Widiasarana, 1995).

M. Amin Nur, Strategi Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui Pemberdayaan Masyarakat (Fakultas Tarbiyah UIN Malang: El Hikmah, 2006).

M. Linggar Anggoro, Teori Dan Profesi Kehumasan Serta Aplikasinya di Indonesia (Jakarta: Bumi Aksara, 2000).

Onang Uchjana, Dinamika Komunikasi (Bandung: CV. Remaja Karya, 1986)

Piet A. Sahertian, Dimensi Administrasi Pendidikan (Surabaya: Usaha Nasional, 1994)

Suwarno, Penagantar Umum Pendidikan (Jakarta: Bina Aksara, 1988).

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (Jakarta: BP. Cipta Jaya, 2003).

Downloads

Published

2017-10-21

Citation Check