Tinjauan Filsafat Pendidikan Ibn Miskawaih Terhadap Fenomena Kenakalan Remaja

Authors

  • Zulkifli Safri UGM Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/kelola.v2i1.447

Keywords:

Filsafat Pendidikan Ibn Miskawaih, Kenakalan, Remaja

Abstract

Penilitian ini berjudul “Tinjauan Filsafat Pendidikan Ibn Miskawaih terhadap Fenomena Kenakalan Remaja”. Penelitian dilatarbelakangi permasalahan kenakalan remaja di masyarakat yang semakin banyak. Tujuan penelitian ini memahami konsep pendidikan Ibn Miskawaih yang menawarkan solusi terhadap kasus kenakalan remaja. Penelitian merupakan studi kepustakaan menggunakan metode hermeneutika filosofis. Sumber primer dan sekunder diteliti dengan menggunakan unsur-unsur metodis antara lain deskripsi, interpretasi, dan refleksi filosofis. Objek material dalam penelitian adalah fenomena kenakalan remaja. Objek formalnya adalah filsafat pendidikan Ibn Miskawaih. Hasil penelitian yang dicapai ialah: pertama, memetakan fenomena kenakalan remaja. Kedua, tinjauan filsafat pendidikan Ibn Miskawaih terhadap fenomena kenakalan remaja. Filsafat pendidikan Ibn Miskawaih dapat diketahui bahwa fenomena kenakalan remaja dapat dicegah ataupun diselesaikan dengan pembinaan karakter. Syariat agama merupakan kunci utama dalam hal ini. Disertai dengan pendidik teladan dalam keluarga dan masyarakat.

References

Ali, M. & Asrori, M. 2006. Psikologi Remaja, Perkembangan Peserta Didik. Jakarta : Bumi Aksara.

Al-Syaibani, Omar Muhammad Al-Toumy,1979. FalsafahAt-Tarbiyah Al-Islamiyah, terjemahan: Hasan Lunggalung, Jakarta:Bulan Bintang.

Alavi, S.M. Zianuddin, 2003. Pemikiran Pendidikan Islam Pada Abad Klasik dan Pertengahan. Penerbit Angkasa, Bandung.

Arifin, Muzayyin, 2003. Filsafat Pendidikan Islam, Bumi Aksara, Jakarta.

Ihsan, Hamdani & H.A. Fuad Ihsan, 1998. Filsafat Pendidikan Islam, Pustaka Setia, Bandung.

Fuhrmann, B.S. (1990). Adolescence, adolescent. London: Foresman and Company.

Hawari, Dadang. 1997. Al-Qur'an Ilmu Kedokteran Jiwa dan Kesehatan Jiwa, Yogyakarta: PT. Dana Bhakti Yasa.

Jalaluddin, 2001. Teologi Pendidikan. RajaGrafindo Persada, Jakarta.

Kartono, Dr.Kartini, 2010. Patologi Sosial 2 Kenakalan Remaja. Rajawali Press. Jakarta.

Miskawaih, Ibn, 1999. “Menuju Kesempurnaan Akhlak”, Buku Daras Pertama Tentang Filsafat Etika, Penerbit Mizan, Bandung.

Willis, Sofyan S. 2008. Remaja & Masalahnya. Bandung: Alfabeta.

Zuhraini, 1995. Filsafat Pendidikan Islam. bekerjasama dengan direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam Departemen Agama. Bumi Aksara, Jakarta

Downloads

Published

2017-04-27

Citation Check