KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PAIRED STORYTELLING TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA

Authors

  • Nurhidayah R Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Aliem Bahri Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Abd. Rajab Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/kelola.v9i1.4968

Keywords:

Model Pembelajaran, keterampilan murid

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Paired Storytelling Efektif Meningkatkan Keterampilan Menyimak Cerita Murid Kelas V SDN 149 Buntu Dama Kecamatan Baroko Kabupaten Enrekang. Penelitian ini bertujuan untuk Menguji Tingkat Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Paired Storytelling Terhadap Keterampilan Menyimak Cerita Murid Kelas V. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan jenis One Group pretest-posttest Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 167 Buntu Dama Kabupaten Enrekang sebanyak 22 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan hasil penilaian keterampilan menyimak cerita. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistika, yaitu statistika deskriptif dan statistika inferensial ini penelitian ini menggunakan teknik statistik t(uji-t). Hasil penelitian membuktikan bahwa t Hitung 14.339 dan t tabel 1,721maka diperoleh tHitung > tTabel atau 14.339 > 1,721. Berdasarkan hasil dari t Hitung dan t Tabel, dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Ini berarti bahwa penggunaan model pembelajaran paired storytelling efektif digunakan dalam pembelajaran keterampilan menyimak cerita siswa kelas V SDN 167 Buntu Dama Kecamatan Baroko Kabupaten Enrekang. Kata Kunci : Model Paired Storytelling, Keterampilan Menyimak Cerita.

References

Abidin,Yunus. 2015. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika

Aditama. Amaliah, Siti, Sri Rahayu Dwiastuti, dan Suhendra. 2013. Penggunaan Teknik Bercerita Berpasangan (Paired Storytelling) dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Bogor. Makalah Ilmiah. Bogor: Universitas Pakuan.

Anitah, Sri. 2008. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Yogyakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Asri, Yasnur. 2015. The Impact of the Application of Paired-storytelling Technique and Personality Type on Creative Writing. Journal of Language Teaching and Research. 6 (2):302-307.

Azwar, Syaifuddin. 2015. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 60

Baker, Daniel Paul. 2013. The Effects of Implementing the Cooperative Learning Structure, Numbered Heads Together, in Chemistry Classes at a Rural, Low Perfoming High School. Tesis. Lousiana: Lousiana StateUniversity.

Doyin, Mukhdan Wagiran. 2012. Bahasa Indonesia Pengantar Penulisan Karya Ilmiah. Semarang: UNNES PRESS. Faisal. 2007. Kajian Bahasa Indonesia SD. Jakarta: Dikti. Haryadi, Zamzani. 1996. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Depar-Temen Pendidikan Dan Kebudayaan. Hermawan,

Herry. 2012. Menyimak Keterampilan Berkomunikasi yang Terabaikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hidayat, Irpan. 2012. Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa MTs Melalui Model Problem Based Learning. Jurnal. Bandung: Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Siliwangi.

Huda, Miftahul. 2013. Cooperative Learning (Metode, Teknik, Struktur, dan Model Penerapan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Irwandi. 2018. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Pionir/article/view/3320 61

Iskandar Wassid, Dadang Sunandar. 2013. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Lie, Anita. 1994. Paired Storytelling: An Integrated Approach For English as a Foreign Laguage Students in Indonesia. Disertasi. Mexico: Baylor University. Pradeska,Yuuviter. 2019. http://www.guru-id.com/2017/10/panduan-lengkap-carapenilaian.html?m=1

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Tarigan. 2008. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Downloads

Published

2024-04-28

Citation Check