PENGEMBANGAN E-MODUL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI TERINTEGRASI LAGU NASYID
DOI:
https://doi.org/10.24256/kelola.v9i2.5344Abstract
Penelitian ini membahas tentang Pengembangan E-modul Pendidikan Agam Islam dan Budi Pekerti Terintegrasi Lagu Nasyid Gontor di SMA Negeri 4 Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk menguji validitas e-modul Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti terintegrasi lagu nasyid Gontor di kelas X SMA Negeri 4 Palopo, mengetahui praktikalisasi e-modul Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti terintegrasi lagu nasyid Gontor di kelas X SMA Negeri 4 Palopo, mengetahui efektivitas e-modul pembelajaran PAI terintegrasi lagu nasyid gontor di SMA 4 Negeri Palopo. Jenis Penelitian ini yaitu R&D ( Research and Development), dengan model pengembangan ADDIE (Analyisis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah Siswa kelas X SMA Negeri 4 Palopo tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar analisis, lembar validasi, angket praktikalitas, tes hasil belajar. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasi penelitian ini menunjukkan bahwa e-modul Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dari segi kevalidan telah memenuhi kriteria valid dengan perolehan skor 88,15% oleh ahli media, 95% oleh ahli materi 81,81% oleh ahli bahasa. Memenuhi kriteria praktis dengan perolehan skor 97% oleh pendidik dan 91% oleh Siswa. E-modul pendidikan agama Islam dan budi pekerti terintegrasi lagu nasyid gontor juga efektif digunakan dalam pembelajaran karena telah diperoleh ketuntasan klasikal 92% dan 84% tes pilihan ganda. Dengan demikian e-modul Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti terintegrasi lagu nasyid Gontor pada materi meraih kesuksesan dengan kompetisi dalam kebaikan dan etos kerja layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.