INTEGRASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS ISMUBA
DOI:
https://doi.org/10.24256/kelola.v9i2.5588Abstract
Penelitian ini mengkaji integrasi nilai-nilai Islam dalam manajemen Pendidikan berbasis ISMUBA (Al-Islam, Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab). Tujuan penelitian ini adalah menganalisis implementasi nilai-nilai Islam dalam manajemen Pendidikan ISMUBA dan mengidentifikasi tantangan serta solusinya. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai Islam dalam manajemen Pendidikan ISMUBA telah diterapkan melalui perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan yang berlandaskan al-Qur’an dan al-Hadits. Tantangan utama meliputi keterbatasan sumber daya manusia yang kompeten dan konsistensi penerapan nilai-nilai Islam dalam praktik kehidupan sehari-hari.
Kata Kunci,: Integrasi, Nilai-nilai Pendidikan Islam, ISMUBA
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.