PENERAPAN PEMBELAJARAN BILINGUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KOSAKATA ASING DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Authors

  • Asmi Pausya IAIN PALOPO, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/kelola.v9i2.5595

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penerapan pembelajaran bilingual untuk meningkatkan pemahaman kosakata asing dalam Pendidikan Agama Islam di SMA Tahfidz al-Qur’an Al-Mu’minun Wajo. Tujuan penelitian ini adalah: mengetahui penerapan pembelajaran bilingual dalam Pendidikan Agama Islam di kelas XI SMA Tahfidz al-Qur’an Al- Mu’minun Wajo, mengetahui pemahaman kosakata asing dalam Pendidikan Agama Islam melalui pembelajaran bilingual kelas XI di SMA Tahfidz al-Qur’an Al-Mu’minun Wajo dan mengetahui hasil pemahaman kosakata asing dalam pendidikan agama Islam melalui pembelajaran bilingual kelas XI di SMA Tahfidz al-Qur’an Al- Mu’minun Wajo.Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data yakni hasil tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI di SMA Tahfidz al-Qur’an Al-Mu’minun Wajo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran bilingual dapat meningkatkan pemahaman kosakata asing dalam Pendidikan Agama Islam kelas XI di SMA Tahfidz al-Qur’an Al-Mu’minun Wajo. Peserta didik memiliki pengetahuan agama Islam sekaligus pemahaman terhadap kosakata asing dalam pendidikan agama Islam dengan hasil tes pada siklus II yaitu mendapat nilai kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tes tersebut dapat diketahui bahwa penerapan pembelajaran bilingual dapat meningkatkan pemahaman kosakata asing dalam pendidikan Agama Islam di SMA Tahfidz al-Qur’an Al-Mu’minun Wajo.

Kata kunci: Pembelajaran Bilingual, kata asing, Pembelajaran Agama Asing

Downloads

Published

2024-10-01

Citation Check