ANALISIS KESALAHAN MORFOLOGIS DALAM PENULISAN AKADEMIK BAHASA ARAB OLEH MAHASISWA INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.24256/jale.v8i1.7344Keywords:
morfologi bahasa Arab, kesalahan morfologi, derivatif dan infleksional, interlanguage, penutur Indonesia, penulisan akademikAbstract
Kompetensi morfologi memainkan peran penting dalam penguasaan penulisan akademik berbahasa Arab, terutama bagi penutur asing yang bahasa ibunya memiliki struktur berbeda secara tipologis. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis kesalahan morfologi yang dilakukan oleh mahasiswa Indonesia dalam tulisan akademik bahasa Arab, dengan fokus pada dua ranah utama: morfologi derivatif dan morfologi infleksional. Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang didukung oleh analisis kuantitatif frekuensi, data dikumpulkan dari 50 esai mahasiswa dengan total lebih dari 12.000 kata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan infleksional—terutama dalam konjugasi verba, kesesuaian gender dan jumlah, serta pembentukan bentuk jamak—terjadi 1,2 kali lebih banyak dibanding kesalahan derivatif. Pola kesalahan ini bersifat sistematis dan mencerminkan keberadaan struktur interlanguage yang dipengaruhi oleh bahasa ibu (Bahasa Indonesia). Klasifikasi kesalahan mengikuti taksonomi Dulay, Burt, dan Krashen (1982): penghilangan, penambahan, pembentukan salah, dan kesalahan urutan. Temuan ini mengindikasikan bahwa tantangan morfologi Arab di kalangan mahasiswa Indonesia bukan hanya disebabkan oleh kompleksitas linguistik semata, tetapi juga oleh kurangnya pengajaran morfologi yang kontekstual. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam bidang linguistik Arab terapan dengan menyajikan kerangka klasifikasi kesalahan yang berbasis data empiris dan menawarkan refleksi pedagogis bagi pengembangan strategi pengajaran morfologi Arab yang lebih integratif dan komunikatif di perguruan tinggi.
References
Corder, S. P. (1974). Error Analysis and Interlanguage. Oxford University Press.
Dulay, H., Burt, M., & Krashen, S. (1982). Language Two. Oxford University Press.
Ellis, R. (1997). Second Language Acquisition. Oxford University Press.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook (2nd ed.). Sage Publications.
Muslich, M. (2008). Morfologi Bahasa Indonesia: Pendekatan Proses. Bumi Aksara.
Noprival, N., Abdurrahman, D., & Mukminin, A. (2020). Common grammatical errors in L2 Arabic writing among Indonesian students. International Journal of English as a Foreign Language, 10(2), 145–158.
Reyza, R., & Adila, M. (2022). An analysis of students’ Arabic writing errors: A case study. Muqaranah: Journal of Arabic Comparative Studies, 4(1), 89–105. https://doi.org/10.24252/muqaranah.v4i1.32114
Olimat, S., & Al-Jamal, D. (2022). Arabic writing challenges among non-native speakers: Insights from Jordan. International Journal of Health Sciences, 6(1), 350–364.
Ryding, K. C. (2005). A Reference Grammar of Modern Standard Arabic. Cambridge University Press.
Owens, J. (2013). The Oxford Handbook of Arabic Linguistics. Oxford University Press.
Watson, J. C. E. (2002). The Phonology and Morphology of Arabic. Oxford University Press.
Selinker, L. (1972). Interlanguage. International Review of Applied Linguistics in Language Teaching, 10(3), 209–231. https://doi.org/10.1515/iral.1972.10.1-4.209
Sawalmeh, M. H. M. (2013). Error analysis of written English essays: The case of students of the preparatory year program in Saudi Arabia. English for Specific Purposes World, 14(40), 1–17.
Ahmad, M. A., & Yusoff, N. M. (2024). A bibliometric review of Arabic academic writing studies. Journal of Language Studies, 24(1), 77–95.
Hamouda, A. (2021). Analysis of grammatical errors in Arabic writing among non-native speakers. Arab World English Journal for Translation & Literary Studies, 5(4), 250–265. https://doi.org/10.24093/awejtls/vol5no4.18
Hasyim, M. (2019). Error analysis in second language learning: A review article. International Journal of Humanities and Innovation, 2(1), 21–24. https://doi.org/10.33750/ijhi.v2i1.43
Mansoor, F. (2017). Investigating writing difficulties among Arabic students in second language acquisition. International Journal of English Linguistics, 7(3), 143–149. https://doi.org/10.5539/ijel.v7n3p143
Zikriah, S., & Mauludiyah, D. (2024). Strategi pengajaran morfologi bahasa Arab dalam konteks penutur Indonesia. Jurnal Al-Mahārah: Kajian Ilmu dan Pembelajaran Bahasa Arab, 10(2), 122–135.
Kurniawan, R. D. (2020). Analisis kesalahan morfologi dan sintaksis dalam tulisan mahasiswa program studi PBA. Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 7(1), 98–112.
Sari, D. M. (2021). Interferensi bahasa Indonesia terhadap struktur morfologis tulisan bahasa Arab mahasiswa. Taqdir: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab, 4(2), 150–162.
Faizah, N., & Alimuddin, M. (2022). Morfologi Arab dalam perspektif pengajaran bagi penutur non-native. Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, 6(1), 45–60.
Al-Jarf, R. (2010). Grammatical error correction in EFL learners' writing: What do students really need? Asian EFL Journal, 12(3), 146–168.
Farida, L. (2018). Analisis interferensi dan transfer negatif dalam tulisan bahasa Arab mahasiswa. Lisanuna: Jurnal Bahasa Arab dan Pembelajarannya, 8(1), 34–49.
Mahmoud, A. (2011). Interlingual and intralingual errors in the use of prepositions and articles in the writing of Arab learners of English. Journal of the College of Arts, 58, 23–45.
Aziza, N. F. (2023). Teaching morphology in Arabic language classrooms: Integrative approaches and challenges. AL-Ta'rib: Journal of Arabic Language Teaching, 11(2), 88–103.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Alfan Putra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under CC BY-SA 4.0
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.