ANALISIS KESALAHAN MORFOLOGIS DALAM PENULISAN AKADEMIK BAHASA ARAB OLEH MAHASISWA INDONESIA

Authors

DOI:

https://doi.org/10.24256/jale.v8i1.7344

Keywords:

morfologi bahasa Arab, kesalahan morfologi, derivatif dan infleksional, interlanguage, penutur Indonesia, penulisan akademik

Abstract

Kompetensi morfologi memainkan peran penting dalam penguasaan penulisan akademik berbahasa Arab, terutama bagi penutur asing yang bahasa ibunya memiliki struktur berbeda secara tipologis. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis kesalahan morfologi yang dilakukan oleh mahasiswa Indonesia dalam tulisan akademik bahasa Arab, dengan fokus pada dua ranah utama: morfologi derivatif  dan morfologi infleksional. Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang didukung oleh analisis kuantitatif frekuensi, data dikumpulkan dari 50 esai mahasiswa dengan total lebih dari 12.000 kata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan infleksional—terutama dalam konjugasi verba, kesesuaian gender dan jumlah, serta pembentukan bentuk jamak—terjadi 1,2 kali lebih banyak dibanding kesalahan derivatif. Pola kesalahan ini bersifat sistematis dan mencerminkan keberadaan struktur interlanguage yang dipengaruhi oleh bahasa ibu (Bahasa Indonesia). Klasifikasi kesalahan mengikuti taksonomi Dulay, Burt, dan Krashen (1982): penghilangan, penambahan, pembentukan salah, dan kesalahan urutan. Temuan ini mengindikasikan bahwa tantangan morfologi Arab di kalangan mahasiswa Indonesia bukan hanya disebabkan oleh kompleksitas linguistik semata, tetapi juga oleh kurangnya pengajaran morfologi yang kontekstual. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam bidang linguistik Arab terapan dengan menyajikan kerangka klasifikasi kesalahan yang berbasis data empiris dan menawarkan refleksi pedagogis bagi pengembangan strategi pengajaran morfologi Arab yang lebih integratif dan komunikatif di perguruan tinggi.

References

Corder, S. P. (1974). Error Analysis and Interlanguage. Oxford University Press.

Dulay, H., Burt, M., & Krashen, S. (1982). Language Two. Oxford University Press.

Ellis, R. (1997). Second Language Acquisition. Oxford University Press.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook (2nd ed.). Sage Publications.

Muslich, M. (2008). Morfologi Bahasa Indonesia: Pendekatan Proses. Bumi Aksara.

Noprival, N., Abdurrahman, D., & Mukminin, A. (2020). Common grammatical errors in L2 Arabic writing among Indonesian students. International Journal of English as a Foreign Language, 10(2), 145–158.

Reyza, R., & Adila, M. (2022). An analysis of students’ Arabic writing errors: A case study. Muqaranah: Journal of Arabic Comparative Studies, 4(1), 89–105. https://doi.org/10.24252/muqaranah.v4i1.32114

Olimat, S., & Al-Jamal, D. (2022). Arabic writing challenges among non-native speakers: Insights from Jordan. International Journal of Health Sciences, 6(1), 350–364.

Ryding, K. C. (2005). A Reference Grammar of Modern Standard Arabic. Cambridge University Press.

Owens, J. (2013). The Oxford Handbook of Arabic Linguistics. Oxford University Press.

Watson, J. C. E. (2002). The Phonology and Morphology of Arabic. Oxford University Press.

Selinker, L. (1972). Interlanguage. International Review of Applied Linguistics in Language Teaching, 10(3), 209–231. https://doi.org/10.1515/iral.1972.10.1-4.209

Sawalmeh, M. H. M. (2013). Error analysis of written English essays: The case of students of the preparatory year program in Saudi Arabia. English for Specific Purposes World, 14(40), 1–17.

Ahmad, M. A., & Yusoff, N. M. (2024). A bibliometric review of Arabic academic writing studies. Journal of Language Studies, 24(1), 77–95.

Hamouda, A. (2021). Analysis of grammatical errors in Arabic writing among non-native speakers. Arab World English Journal for Translation & Literary Studies, 5(4), 250–265. https://doi.org/10.24093/awejtls/vol5no4.18

Hasyim, M. (2019). Error analysis in second language learning: A review article. International Journal of Humanities and Innovation, 2(1), 21–24. https://doi.org/10.33750/ijhi.v2i1.43

Mansoor, F. (2017). Investigating writing difficulties among Arabic students in second language acquisition. International Journal of English Linguistics, 7(3), 143–149. https://doi.org/10.5539/ijel.v7n3p143

Zikriah, S., & Mauludiyah, D. (2024). Strategi pengajaran morfologi bahasa Arab dalam konteks penutur Indonesia. Jurnal Al-Mahārah: Kajian Ilmu dan Pembelajaran Bahasa Arab, 10(2), 122–135.

Kurniawan, R. D. (2020). Analisis kesalahan morfologi dan sintaksis dalam tulisan mahasiswa program studi PBA. Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 7(1), 98–112.

Sari, D. M. (2021). Interferensi bahasa Indonesia terhadap struktur morfologis tulisan bahasa Arab mahasiswa. Taqdir: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab, 4(2), 150–162.

Faizah, N., & Alimuddin, M. (2022). Morfologi Arab dalam perspektif pengajaran bagi penutur non-native. Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, 6(1), 45–60.

Al-Jarf, R. (2010). Grammatical error correction in EFL learners' writing: What do students really need? Asian EFL Journal, 12(3), 146–168.

Farida, L. (2018). Analisis interferensi dan transfer negatif dalam tulisan bahasa Arab mahasiswa. Lisanuna: Jurnal Bahasa Arab dan Pembelajarannya, 8(1), 34–49.

Mahmoud, A. (2011). Interlingual and intralingual errors in the use of prepositions and articles in the writing of Arab learners of English. Journal of the College of Arts, 58, 23–45.

Aziza, N. F. (2023). Teaching morphology in Arabic language classrooms: Integrative approaches and challenges. AL-Ta'rib: Journal of Arabic Language Teaching, 11(2), 88–103.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Putra, A. (2025). ANALISIS KESALAHAN MORFOLOGIS DALAM PENULISAN AKADEMIK BAHASA ARAB OLEH MAHASISWA INDONESIA. Al Ibrah: Journal of Arabic Language Education, 8(1), 41–63. https://doi.org/10.24256/jale.v8i1.7344

Citation Check