PERSEPSI DOSEN FAKULTAS USHULUDDIN ADAB DAN DAKWAH TERHADAP PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19 DI IAIN PALOPO

Authors

  • AGUSTAN AGUSTAN AGUSTAN IAIN PALOPO, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/iqro.v4i2.1894

Keywords:

Kata Kunci, Persepsi dosen, Pembelajaran daring, Pandemi covid-19.

Abstract

Pembelajaran secara daring dan bekerja dari rumah merupakan kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah khususnya Kementerian Agama RI dalam upaya meminimalisir terjadinya penyebaran dan penularan Covid-19 termasuk di lingkungan Perguruan Tinggi Islam Negeri. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui bagaimana perspepsi dosen Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Palopo terhadap pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survei deskriptif dengan menggunakan simple random sampling di mana sampel dalam penelitian ini sebanyak 21 dosen. Teknik pengumpulan data menggunakan angket  (quesioner)  melalui  google form  kepada dosen yang telah melaksanakan pembelajaran daring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis media pembelajaran yang paling banyak digunakan dalam pembelajaran daring yaitu Whatsapp group, Pelaksanaan perkuliahan daring pada umumnya  dilaksanakan di lokasi kampus IAIN Palopo, Metode perkuliahan daring dengan menggunakan tatap muka secara langsun melalui aplikasi video converence, Kendala yang dihadapi dosen dalam melaksanakan perkuliahan daring  yaitu kesulitan dalam menyampaikan materi, Keluhan mahasiswa dalam pembelajaran daring yaitu kesusahan meminta toleransi kepada dosen dengan alasan jaringan buruk, dan perkuliahan daring kadang-kadang efektif dilaksanakan oleh dosen di masa pandemi Covid-19.

 

References

Sumber Buku:

Irwanto. 2002. Psikologi Umum, (Buku PANDUAN mahasiswa). Jakarta: PT. Prehallindo.

Mifta Thoha. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Grafindo Persada.

Lawrence W Numan. 2015. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.

Susilana & Riyana. 2009. Media Pembelajaran (Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian). Bandung: Bumu Rancaekek kencana.

Walgito Bimo. 2004. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi.

Artikel Jurnal:

Bettinger, E. P. et al. 2017. ‘Virtual classrooms: How daring college courses affect student success’, American Economic Review, 107(9), pp. 2855–2875. doi: 10.1257/aer.20151193.

Mahesa, E. 2020. “Coronavirus: Covid-19 Has Killed More People than SARS and MERS Combined, despite Lower Case Fatality Rate .†The BMJ 2((1)): 150–59.

Ramli Muhammad. 2012. Media dan teknologi pembelajaran. Banjarmasin: IAIN Antasari Press.

Saifuddin. M. F. 2018. E-Learning dalam Persepsi Mahasiswa. Jurnal VARIDIKA, 29 (2), 102–109.

Sumber Artikel Jurnal Online:

Anim & Kairunnisa. (2020). Persepsi Dosen FKIP Tentang Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Di Masa Covid-19. Prosiding seminar nasional Multidisiplin Ilmu Universitas Asahan.

Khaerati dkk. (2021). Persepsi Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cokroaminoto PalopoTerhadap Pembelajaran Daring. Jurnal Biogenerasi Vol 6 No 1.

Mustofa, M. I., Chodzirin, M., Sayekti, L., & Fauzan, R. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Walisongo Journal of Information Technology, 1(2), 153. (Di akses april 22,2021).

Sumber Lain:

Kompas. Com (2020). Data Covid-19 Di Indonesia. 4 April 2021. https://www.kompas.com/covid-19

Downloads

Published

2021-11-20

Citation Check