Validitas Media Video Berbasis Animasi Dalam Pembelajaran Tematik

siska ismawati, Dea Mustika

Abstract


Kurangnya kemampuan guru dalam memanfaatkan fasilitas pendukung pembelajaran yang sudah tersedia yang berupa proyektor, laptop, listrik yang bagus. media video adalah alat yang digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran melalui gambar bergerak, sehingga cukup menarik dan efektif jika digunakan sebagai media tambahan pada kurikulum 2013. Media  video yang menarik dapat membuat suasana yang menyenangkan bagi peserta didik dalam proses pembelajaran. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video berbasis animasi serta mengetahui penilaian dari enam ahli yang terdiri dari dua ahli materi, dua ahli bahasa dan dua ahli media. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan menggunakan model 4D yang disederhanakan menjadi tiga tahapan yaitu (Define, Design, dan Development). Instrumen pengumpulan data berupa angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli bahasa dan ahli media untuk menguji kevalidan. Jenis data yang diperoleh dari hasil penelitian adalah data kualitatif yang dianalisis menggunakan data kuantitatif berupa data angka dan diinterpretasikan dengan pedoman kriteria penilaian untuk menentukan kualitas produk. Hasil dari penelitian ini, menghasilkan produk media video animasi yang telah memenuhi kriteria sangat valid dengan skor rata-rata dari ahli materi 90%, ahli bahasa 88% dan ahli media 92,5% dengan kriteria sangat valid. Dapat disimpulkan bahwa kriteria yang diperoleh media video animasi yakni sangat valid, sehingga dapat digunakan pada jenjang Sekolah Dasar sebagai media pembelajaran peserta didik.


Keywords


Kata Kunci: Media Pembelajaran,Video Animasi, Pembelajaran Tematik.

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Rafid & Ibda, H. (2018). Media Literasi Sekolah. CV.Pilar Nusantara.

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. PT.Remaja Rosda Karya.

Apri damai sagita, K. (2018). Pengembangan Media Video Tematik Sebagai Pengantar Pembelajaran Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar. Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 08, 01.

Guslinda dan Rita, K. (2018). media pembelajaran anak usia dini. CV.Jakad Publishing.

Hasbullah. (2011). dasar-dasar ilmu pendidikan.

Hidayah, N., Wahyuni, R., & Hasnanto, A. T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Gambar Berseri Berbasis Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 59–66. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/index

Purba, A. R. dkk. (2020). Teknologi Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.

Riv, & A’i, Z. dkk. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android pada Materi Himpunan Kelas VII. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9, 117.

Safira, A. R. (2020). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Caramedia Communication.

Sidi, J. dan M. (2016). pengembangan audio visual untuk meningkatkan hasil belajar IPS di SMP. 05, 01.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R &D. ALFABETA.cv.

Sukmanasa, E. dkk. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kota Bogor. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar(JPsd), 3, 178.

Susanti, B. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Videoscribe Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyyah At- Taqwa Paning Kota Tangerang Tahun 2018. Kajian Penelitian Dan Pendidikan Pembelajaran, 03, 396.

Sutarti, Tati & Irawan, E. (2017). Kiat Sukses Meraih Hibah Penelitian Pengembangan. CV.Budi Utama.

Switri, E. (2019). Teknologi Dan Media Pendidikan Dalam Pembelajaran. CV.Qiara Media.

Tanujaya, C. (2017). Perancangan Standar Operational Procedure Produksi Pada Perusahaan Coffeein. Manajemen Dan Start-up Bisnis, 02, 95.

Tri Mulyani Warastuti, Baedhowi, dan S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Dengan Model Kontekstual Untuk Pembelajaran Ekonomi. Pascasarjana FKIP,Universitas Sebelas Maret. uyani55@gmail.com

Widi E, R. (2011). Uji Validitas Dan Reliabilitas Dalam Penelitian Epidemiologi Kedokteran Gigi. Jurnal Unej, 8, 27.




DOI: https://doi.org/10.24256/iqro.v4i2.2251

Article Metrics

Abstract view : 22 times
PDF - 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright CC-BY- SA.

Creative Commons License

IQRO: Journal of Islamic Education, p-ISSN: 2622-2671 and e-ISSN: 2622-3201

 

My Stats