Development of Islamic Religious Education Learning Media Based on Audio Visual Fasting Worship Material Forms a Fearful Personal in Junior High School
DOI:
https://doi.org/10.24256/jiis.v3i1.4880Keywords:
Learning Media, Audio Visual, Islamic EducationAbstract
References
Abu Isa Muhammad bin Isa bin Saurah. (1994). Sunan At-Tirmidzi: Kitab As-Shaum (Juz. 2, No. 747). Beirut, Lebanon: Darul Fikri.
Adrian Qadhi Jafar, dkk. (2022). Pengenalan aplikasi Canva kepada siswa/siswi SMKN 1 Tanjung Sari, Lampung Selatan. Journal of Technology and Social For Community Service (JTSCS), 3(2), 187.
Ahmad, Aulia. (2015). Puasa dan hikmahnya terhadap kesehatan fisik dan mental spiritual. Jurnal Studi Pemikiran, Riset dan Pengembangan Pendidikan Islam, 3(1).
Ahsan, Muhammad & Sumiyati. (2017). Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VIII. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Al-Hasbyi, Muhammad Bagir. (2001). Fiqih Praktis Menurut Al-Quran, As-Sunnah dan Pendapat Para Ulama. Bandung: Penerbit Mizan.
Alti, Rahmi Mudia, dkk. (2022). Media Pembelajaran (Edisi pertama). Padang: PT Global Eksekutif Teknologi.
Andy, H. Safria. Hakikat puasa Ramadhan dalam perspektif tasawuf: Tafsir Q.S Al-Baqarah:183. Jurnal Ibn Abbas, 6-7.
Anggraini, Novia. (2019). Nilai-nilai edukatif dalam ibadah puasa Ramadhan menurut Al-Ghazali dan implementasinya terhadap pembentukan karakter (Skripsi). IAIN Curup.
Arifuddin & Abdul Rahim Karim. (2021). Konsep pendidikan Islam. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 10(1), 19.
Ariska. (2020). Pengembangan media pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis audio visual terintegrasi kearifan lokal di sekolah dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 3(1), 81-85.
Audie, Nurul. (2019). Peran media pembelajaran meningkatkan hasil belajar peserta didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 588.
Bakar, Bahrun Abu. (1996). Tafsir Jalalain (Cet. 3). Bandung: Penerbitan Sinar Baru Algensindo.
Fauzi, Ahmad, dkk. (2022). Metodologi Penelitian. Purwokerto Selatan: CV Pena Persada.
Gayo, Konadi Mahmiko. (2022). Pengembangan media pembelajaran PAI berbasis audio visual pada materi haji kelas X IPS SMAN 1 Permata (Skripsi). UIN Ar-Raniry, Banda Aceh.
Hasan, Muhammad, dkk. (2021). Media Pembelajaran. Klaten, Jawa Tengah: CV Tahta Media Grup.
Hasanah, Nurul. (2020). Pelatihan penggunaan aplikasi Microsoft PowerPoint sebagai media pembelajaran pada guru SD Negeri 050763 Gebang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 34-41.
Huda, Fatakhul. (2022). Pembentukan karakter melalui nilai-nilai edukatif puasa Ramadhan menurut perspektif Al-Ghazali. Taqorrub: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah, 3(2).
Husain, Nurjannah. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis audio visual pada materi pencemaran lingkungan kelas VII SMP Negeri 6 Duampanua Kabupaten Pinrang (Skripsi). UIN Makassar.
Ismail, Syiffaq Ayumiey binti. (2019). Studi komparatif terhadap putusan hakim Mahkamah Syariah Negeri Kelantan dan Terengganu mengenai makan di tempat umum pada siang Ramadhan (Skripsi). UIN SUSKA, Riau-Pekanbaru.
Juhasni. (2023, Februari 8). Wawancara ruang guru [Wawancara].
Kementerian Agama RI. (2018). Al-Qur’an dan Terjemahnya. Unit Percetakan Al-Qur’an: Bogor.
Kristanto, Andi. (2016). Media Pembelajaran. Surabaya: Bintang Surabaya.
Mardhiah, Ainal. (2022). Efektivitas pelaksanaan puasa Ramadhan sambil bersekolah pada siswa sekolah dasar di Banda Aceh. Jurnal Intelektual Prodi MPI, 1(1).
Melat, Eka, dkk. (2023). Pemanfaatan animasi sebagai media pembelajaran berbasis teknologi untuk meningkatkan motivasi belajar. Journal on Education, 6(1), 733.
Munggaran. (2012). Pemanfaatan Open Source Software Pendidikan oleh Mahasiswa dalam Rangka Implementasi Undang-Undang No.19 Tahun 2002 Tentang Hak Cipta. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Muhammad, Nur Ainun. (2019). Efektivitas penggunaan media audio visual terhadap kemampuan bermain peran di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Sungguminasa (Skripsi). UNM Makassar.
Naim, Ngainun & Achmad Patoni. (2007). Materi Penyusunan Desain Pembelajaran PAI. Yogyakarta: Pustaka Pelajaran.
Observasi Penelitian Awal, SMP Negeri 11 Palopo. (2023, Februari 8).
Pardede, Rivaldo & Anitha Paulina Tinambunan. (2022). Pengaruh keselamatan dan kesehatan kerja terhadap produktivitas kerja karyawan bagian produksi PT Inti Indosawit Subur Buatan Kabupaten Pelalawan. Seminar Nasional Manajemen dan Akuntansi, 1(1), 232.
Partini, Anita Widiasari & Agus Fakhruddin. (2021). Manfaat puasa dalam perspektif Islam dan sains. Al-Hikmah: Jurnal Studi Agama-Agama, 7(1), 108-120.
Prihatini, dkk. (2021). Pengaruh sarana prasarana terhadap pengembangan mutu pendidikan di sekolah dasar. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(3), 257.
Pudjiani, Hj. Tatik. (2019). Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Banteng Barat: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.
Rawe, Tenri. (2022). Penerapan model dan self-directed learning pada program English study at home berbasis e-learning di Eye Level Citra Gran Cibubur. Jurnal Instruksional, 3(2), 166.
Rayanto, Yudi Hari & Sugianti. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2: Teori dan Praktek. Pasuruan: Lembaga Academic & Research Institute.
Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Ridwan. (2013). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Rifa’i, Muhammad Nasir. (2011). Tafsir Ibnu Katsir. Jakarta: Gema Insani.
Riyana, Cepi. (2009). Media Pembelajaran (Edisi 1). Bandung: CV Wacana Prima.
Roni, Harsoyo. (2021). Model pengembangan mutu pendidikan tinjauan konsep mutu Kaoru Ishikawa. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 2(1), 106.
Saka, Muhammad Rimando Gili. (2019). Pengembangan media pembelajaran audio visual berbasis literasi sains dengan menggunakan software Camtasia Studio (Skripsi). UIN Lampung.
Sanjaya, Wina. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan (Cet. 6). Jakarta: Prenada Media Group.
Sari, Desi Yunita. (2019). Pengembangan metode pembelajaran fiqih berbasis media audio visual di MTS Pancasila Bengkulu (Skripsi). IAIN Bengkulu.
Setiyawan, Hery. (2020). Pemanfaatan media audio dan visual gambar pada siswa kelas V. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(2), 200.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharso & Ana Retnoningsih. (2008). Strategi Pembelajaran Berbasis Media. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Susanto, Ahmad. (2019). Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group.
Tafonao, Talizaro & Yosua Budi Ristiono. (2020). Peran guru agama dalam meningkatkan mutu pembelajaran dengan bantuan multimedia. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(1), 10.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Andini Masero, Hikmia A., St. Marwiyah, Arifuddin Arifuddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with the Journal of Indonesian Islamic Studies agree to the following terms:
- Authors have retained full articles copyright and grant the Journal of Indonesian Islamic Studies right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the Journal of Indonesian Islamic Studies published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (see also deposit policy and archiving on page journal).