Jenis-Jenis Belajar Matematika

Authors

  • A Ika Prasasti Abrar STAIN Palopo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/jpmipa.v3i1.218

Keywords:

Belajar Matematika

Abstract

Belajar adalah sebuah proses mental dari seseorang yang melakukannya. Ini berarti mendeteksi orang belajar atau tidak, bukanlah hal yang mudah. Dua orang sedang membaca buku yang sama secara bersamaan tidak dapat divonis bahwa mereka melakukan kegiatan belajar. Boleh jadi keduanya belajar, salah satunya atau mungkin dari keduanya tak ada yang belajar. Sebelum dijelaskan pengertian belajar matematika maka terlebih dahulu dikemukakan tentang karakteristik matematika. Terdapat enam karakteristik matematika yaitu: obyek kajiannya bersifat abstrak, memilikii simbol yang kosong dari arti, konsisten dalam sistemnya, dibatasi oleh semesta pembicaraan, berpola pikir deduktif, dan bertumpu pada kesepakatan. Selain itu salah satu ciri khas dari matematika adalah memiliki sifat hirarkis. Mengenal karakteristik dan sifat dari matematika akan lebih memudahkan untuk mempelajari matematika.            

References

Hudojo Herman. 1990. Strategi Mengajar Belajar Matematika. Malang: IKIP Malang.

Nasution, S. 2006. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Nur, Mohammad. 2000. Strategi – Strategi Belajar. Surabaya: UNESA University Press.

Nurdin. 2007. Model Pembelajaran Matemátika yang Menumbuhkan Kemampuan Metakognitif untuk Menguasai Bahan Ajar. Disertasi. Surabaya: Unesa

Ratumanan, T.G. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Edisi ke-2. Surabaya: Unesa University Press.

Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matemátika di Indonesia, Konstatasi Keadaan Masa Kini Menuju Harapan Masa Depan. Jakarta: Ditjen Dikti Depdiknas.

Tim MKPBM. 2001. Strategi Pembelajaran Matemátika Kontemporer. Bandung: JICA – Universitas Pendidikan Indonesia.

Winkel, W.S. 1996. Psikologi Pengajaran. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia

Downloads

Published

08-09-2018

How to Cite

Abrar, A. I. P. (2018). Jenis-Jenis Belajar Matematika. Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 3(1), 51–62. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v3i1.218

Citation Check