Jenis-Jenis Belajar Matematika

A Ika Prasasti Abrar

Abstract


Belajar adalah sebuah proses mental dari seseorang yang melakukannya. Ini berarti mendeteksi orang belajar atau tidak, bukanlah hal yang mudah. Dua orang sedang membaca buku yang sama secara bersamaan tidak dapat divonis bahwa mereka melakukan kegiatan belajar. Boleh jadi keduanya belajar, salah satunya atau mungkin dari keduanya tak ada yang belajar. Sebelum dijelaskan pengertian belajar matematika maka terlebih dahulu dikemukakan tentang karakteristik matematika. Terdapat enam karakteristik matematika yaitu: obyek kajiannya bersifat abstrak, memilikii simbol yang kosong dari arti, konsisten dalam sistemnya, dibatasi oleh semesta pembicaraan, berpola pikir deduktif, dan bertumpu pada kesepakatan. Selain itu salah satu ciri khas dari matematika adalah memiliki sifat hirarkis. Mengenal karakteristik dan sifat dari matematika akan lebih memudahkan untuk mempelajari matematika.

Keywords


Belajar Matematika

Full Text:

PDF

References


Hudojo Herman. 1990. Strategi Mengajar Belajar Matematika. Malang: IKIP Malang.

Nasution, S. 2006. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Nur, Mohammad. 2000. Strategi Strategi Belajar. Surabaya: UNESA University Press.

Nurdin. 2007. Model Pembelajaran Matemtika yang Menumbuhkan Kemampuan Metakognitif untuk Menguasai Bahan Ajar. Disertasi. Surabaya: Unesa

Ratumanan, T.G. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Edisi ke-2. Surabaya: Unesa University Press.

Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matemtika di Indonesia, Konstatasi Keadaan Masa Kini Menuju Harapan Masa Depan. Jakarta: Ditjen Dikti Depdiknas.

Tim MKPBM. 2001. Strategi Pembelajaran Matemtika Kontemporer. Bandung: JICA Universitas Pendidikan Indonesia.

Winkel, W.S. 1996. Psikologi Pengajaran. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia




DOI: https://doi.org/10.24256/jpmipa.v3i1.218

Article Metrics

Abstract view : 608 times
PDF - 1109 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats