Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Model Pembelajaran Langsung terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Bajo
DOI:
https://doi.org/10.24256/jpmipa.v3i2.239Keywords:
Hasil Belajar Matematika, Model Pembelajaran Langsung.Abstract
Pembelajaran langsung pada umumnya dirancang khusus untuk mengembangkan aktivitas belajar siswa yang berkaitan dengan aspek pengetahuan prosedural dan pengetahuan deklaratif yang dapat berupa fakta, konsep, prinsip, atau generalisasi yang terstruktur dengan baik dan dapat dipelajari selangkah demi selangkah. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto yang bertujuan untuk mengetahui apakah persepsi siswa tetang pembelajaran langsung berpengaruh terhadap hasil belajar matematikanya. Lokasi penelitian ini di SMA Negeri 2 Baji Kabupaten Luwu. Sampel dalam peenitlian ini sebanyak 72 orang siswa yang tersebar kedalam 3 kelas reguler. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa persepsi siswa tentang pembelajaran langsung berpengaruh terhadap hasil belajara matematika dengan KD 89,7%.
References
Aunurrahamn, Belajar dan Pembelajaran, Bandung : Alfabeta, 2012.
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2006.
Hamzah B dan Nurdin Mohammad, ”Model Pembelajaran”, (Cet. I ; Jakarta : Bumi Aksara, 2007)
Kartono, Kartini, Bimbingan Belajar di SMA dan Perguruan Tinggi, Jakarta : Rajawali, 1985.
M. Subana dan Sudrajat, Dasar-Dasar penelitian ilmiah, Bandung: Pustaka Setia, 2005.
Riduwan, Dasar – Dasar Statistika, (Cet. 8 ; Bandung : Alfabeta, 2010).
Rusman, Model – Model Pembelajaran, (Bandung : Ed..II ; Rajawali Pers, 2012).
Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta : PT Rineka Cipta, 1995.
Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), Bandung : Alfabeta, 2012.
Suhertien, Piet A., Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan, (Cet. I ; Jakarta : Rineka Cipta, 2000).
Sukardi, Metodelogi Penelitian Pendidikan, Jakarta : Bumi Aksara, 2008.
Usman, Husaini dan R. Purnomo Setiady Akbar, Pengantar Statistik, Jakarta: Bumi Askara, 1995.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who wish to publish and disseminate their papers with the Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, shall agree to the publishing rights set by Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Authors understand that they shall assign publication rights as part of the process upon acceptance for publication. The authors agreed that they would transfer certain copyrights to Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Consecutively, authors still retain some rights to use and share their own published articles without written permission from Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.
Authors granted Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam the following rights; (1) the right to publish and provide the manuscripts in all forms and media for publication and dissemination, (2) the authority to enforce the rights in the manuscript, for example in the case of plagiarism or in copyright infringement.
Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam will follow COPE's Code of Conduct and Best Practice Guidelines for Journal Editors to protect the research results and take allegations of any infringements, plagiarisms, ethical issues, and frauds should those issues arise. The manuscript is attributed as the authors' work, and is properly identified.