Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Model Pembelajaran Langsung terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Bajo
Abstract
Pembelajaran langsung pada umumnya dirancang khusus untuk mengembangkan aktivitas belajar siswa yang berkaitan dengan aspek pengetahuan prosedural dan pengetahuan deklaratif yang dapat berupa fakta, konsep, prinsip, atau generalisasi yang terstruktur dengan baik dan dapat dipelajari selangkah demi selangkah. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto yang bertujuan untuk mengetahui apakah persepsi siswa tetang pembelajaran langsung berpengaruh terhadap hasil belajar matematikanya. Lokasi penelitian ini di SMA Negeri 2 Baji Kabupaten Luwu. Sampel dalam peenitlian ini sebanyak 72 orang siswa yang tersebar kedalam 3 kelas reguler. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa persepsi siswa tentang pembelajaran langsung berpengaruh terhadap hasil belajara matematika dengan KD 89,7%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aunurrahamn, Belajar dan Pembelajaran, Bandung : Alfabeta, 2012.
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2006.
Hamzah B dan Nurdin Mohammad, ”Model Pembelajaran”, (Cet. I ; Jakarta : Bumi Aksara, 2007)
Kartono, Kartini, Bimbingan Belajar di SMA dan Perguruan Tinggi, Jakarta : Rajawali, 1985.
M. Subana dan Sudrajat, Dasar-Dasar penelitian ilmiah, Bandung: Pustaka Setia, 2005.
Riduwan, Dasar – Dasar Statistika, (Cet. 8 ; Bandung : Alfabeta, 2010).
Rusman, Model – Model Pembelajaran, (Bandung : Ed..II ; Rajawali Pers, 2012).
Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta : PT Rineka Cipta, 1995.
Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), Bandung : Alfabeta, 2012.
Suhertien, Piet A., Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan, (Cet. I ; Jakarta : Rineka Cipta, 2000).
Sukardi, Metodelogi Penelitian Pendidikan, Jakarta : Bumi Aksara, 2008.
Usman, Husaini dan R. Purnomo Setiady Akbar, Pengantar Statistik, Jakarta: Bumi Askara, 1995.
DOI: https://doi.org/10.24256/jpmipa.v3i2.239
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats