Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Model Pembelajaran Langsung terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Bajo

Authors

  • Nuryanti Nuryanti IAIN Palopo, Indonesia
  • Ino Sulistiani IAIN Palopo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/jpmipa.v3i2.239

Keywords:

Hasil Belajar Matematika, Model Pembelajaran Langsung.

Abstract

Pembelajaran langsung pada umumnya dirancang khusus untuk mengembangkan aktivitas belajar siswa yang berkaitan dengan aspek pengetahuan prosedural dan pengetahuan deklaratif yang dapat berupa fakta, konsep, prinsip, atau generalisasi yang terstruktur dengan baik dan dapat dipelajari selangkah demi selangkah. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto yang bertujuan untuk mengetahui apakah persepsi siswa tetang pembelajaran langsung  berpengaruh terhadap hasil belajar matematikanya. Lokasi penelitian ini di SMA Negeri 2 Baji Kabupaten Luwu. Sampel dalam peenitlian ini sebanyak 72 orang siswa yang tersebar kedalam 3 kelas reguler. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa persepsi siswa tentang pembelajaran langsung berpengaruh terhadap hasil belajara matematika dengan KD 89,7%.

References

Aunurrahamn, Belajar dan Pembelajaran, Bandung : Alfabeta, 2012.

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2006.

Hamzah B dan Nurdin Mohammad, ”Model Pembelajaran”, (Cet. I ; Jakarta : Bumi Aksara, 2007)

Kartono, Kartini, Bimbingan Belajar di SMA dan Perguruan Tinggi, Jakarta : Rajawali, 1985.

M. Subana dan Sudrajat, Dasar-Dasar penelitian ilmiah, Bandung: Pustaka Setia, 2005.

Riduwan, Dasar – Dasar Statistika, (Cet. 8 ; Bandung : Alfabeta, 2010).

Rusman, Model – Model Pembelajaran, (Bandung : Ed..II ; Rajawali Pers, 2012).

Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta : PT Rineka Cipta, 1995.

Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), Bandung : Alfabeta, 2012.

Suhertien, Piet A., Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan, (Cet. I ; Jakarta : Rineka Cipta, 2000).

Sukardi, Metodelogi Penelitian Pendidikan, Jakarta : Bumi Aksara, 2008.

Usman, Husaini dan R. Purnomo Setiady Akbar, Pengantar Statistik, Jakarta: Bumi Askara, 1995.

Downloads

Published

08-09-2018

How to Cite

Nuryanti, N., & Sulistiani, I. (2018). Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Model Pembelajaran Langsung terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Bajo. Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 3(2), 77–82. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v3i2.239

Citation Check