Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

Authors

  • Ririn Febriyanti Pendidikan Matematika, Universitas PGRI Jombang, Indonesia
  • Rizky Amalia Azisi SMA Ngoro Jombang, Indonesia
  • Ama Noor Fikrati Pendidikan Matematika, Universitas PGRI Jombang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/jpmipa.v11i2.2967

Keywords:

Pembelajaran Kooperatif, Kemampuan Komunikasi Matematis.

Abstract

Abstract:

Think Talk Write (TTW) is a type of cooperative learning that helps students be actively involved in learning activities, and have responsibilities to themselves and their peers. The purpose of this study is to describe the improvement of students' mathematical communication skills using TTW in grade X students in one of the high schools in Jombang. This research is a class action research that starts from planning, implementation, action, and reflection. The instruments used are observation sheets of students' mathematical communication skills orally and in writing and tests. The results showed an increase in students' oral mathematical communication skills from each cycle of the cycle I 50% with good enough criteria to 71% in cycle II with good criteria. The results of the mathematical communication skills test cycle I showed an average of 68.84 with a classical completeness of 68.75% and cycle II an average of 84.88 with a classical completeness of 84.38%.

Abstrak:

Think Talk Write (TTW) merupakan salah satu tipe dalam pembelajaran kooperatif yang membantu siswa terlibat secara aktif dalam kegiatanpembelajaran, memiliki tanggungjawab terhadap dirinya sendiri dan terhadap temannya. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan TTW pada siswa kelas X di salah satu SMA di Jombang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, tindakan dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi kemampuan komunikasi matematis siswa secara lisan dan tulisan dan tes. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa secara lisan dari setiap siklus siklus I 50% dengan kriteria cukup baik menjadi 71% pada siklus II dengan kriteria baik. Hasil tes kemampuan komunikasi matematis siklus I menunjukkan rata-rata 68,84 dengan ketuntasan klasikal sebesar 68,75% dan siklus II rata-rata 84,88dengan ketuntasan klasikal sebesar 84,38%.

References

Ansari, Bansu Irianto. “Menumbuhkembangkan Kemampuan Pemahaman Dan Komunikasi Matematik Siswa Sekolah Menengah Umum (SMU) Melalui Strategi Think Talk Write.†Disertasi Doktor Pada FPMIPA UPI Bandung: Tidak Diterbitkan, 2003.

Astin, Anita Ervina, M. Coesamin, and Arnelis Djalil. “Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TTW Ditinjau Dari Kemampuan Representasi Matematis.†Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung 3, no. 2 (March 24, 2015). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/7978.

Darhim. “Pengaruh Pembelajaran Matematika Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Dan Sikap Siswa Sekolah Dasar Kelas Awal Dalam Matematika.†Doctoral, Universitas Pendidikan Indonesia, 2004. http://repository.upi.edu.

E T Ruseffendi. Pendidikan Matematika 3. Jakarta: Depdikbud, 1992.

Huda, Miftahul. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran: Isu-Isu Metodis Dan Paradigmatis. Jakarta: Pustaka Pelajar, 2013. http://senayan.iain-palangkaraya.ac.id/index.php?p=show_detail&id=7761.

Martagalasa, Aloisius Rabata Taburarusta. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas XI IPA SMA Katolik Santo Bonaventura Madiun Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW).†Skripsi, Universitas Katolik Widya Mandala Madiun, 2015. http://repository.widyamandala.ac.id/1969/.

Ningsih, Wahyu, and Lenni Lenni. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write ( TTW ) Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Lembang.†JURNAL KONFIKS 2, no. 2 (2015): 109–18. https://doi.org/10.26618/konfiks.v2i2.411.

Nugroho, Prasetya Adhi. “Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Smp Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write (Ttw).†Skripsi, FMIPA, 2010. http://eprints.uny.ac.id/2119/.

Purwanto, Ngalim. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011.

Rosmala, Amelia. Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Bumi Aksara, 2021.

Suherman, Erman. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: FMIPA UPI, 2003.

Suparya, I. Ketut. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar.†Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama dan Budaya 2, no. 2 (January 8, 2019): 19–24. https://doi.org/10.55115/widyacarya.v2i2.95.

Surtiah, -. “Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Multimedia Interaktif Dalam Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematik Siswa SMP :Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas VIII SMPN 5 Bandung Pada Pokok Bahasan Persamaan Garis Lurus.†Other, Universitas Pendidikan Indonesia, 2008. http://repository.upi.edu.

Susanto, Ahmad. Teori Belajar Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group, 2016.

Downloads

Published

28-10-2023

How to Cite

Febriyanti, R., Azisi, R. A., & Fikrati, A. N. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 11(2), 127–138. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v11i2.2967

Citation Check