Pengaruh Model Project-Based Learning Berbasis Alat Peraga Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII MTS Raudhatul Thalabah

Authors

  • Zulfa Husniatul Islamiyah Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Indonesia
  • Windra Eka Lestari

DOI:

https://doi.org/10.24256/jpmipa.v6i2.300

Keywords:

Project-Based Learning, Props, Critical Thinking Ability.

Abstract

Abstract:

The purpose of this research was to know the influence of Project-Based Learning models by Props toward critical thinking of the seventh grade students in Mathematic learning. The design of the study was true-experimental research design with non-equivalent post-test only control group design. On the experimental group it was applied Project-Based Learning model, where as in the control group it was applied a conventional learning model. The data were collected through documentations as written test. This study concluded that students who follow the cooperative project-based learning are more critical thinking better learning outcomes than the other class who follow the direct instruction strategy. So, there is the influence of Project-Based Learning models by props toward critical thingking ability of the seventh grade students at MTs Raudhatul Thalabah.

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project-Based Learning berbasis alat peraga terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran Matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian true-experiment dengan rancangan non-equivalent post-test only control group design. Pada kelompok eksperimen diterapkan model pembelajaran berbasis proyek, sedangkan pada kelompok kontrol diterapkan model pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan menggunakan dokumentasi berupa tes tulis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa yang mengikuti cooperative Project-Based Learning lebih baik dibandingkan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung seperti yang dilaksanakan selama ini. Dengan kata lain ada pengaruh model pembelajaran Project-Based Learning berbasis alat peraga terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII MTs Raudhatul Thalabah.

References

Insyasiska, Dewi, Siti Zubaidah, and Herawati Susilo. “Pengaruh Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar, Kreativitas, Kemampuan Berpikir Kritis, Dan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Biologi.†Jurnal Pendidikan Biologi 7, no. 1 (April 5, 2017): 9–21.

Kurniawan, Muhammad Kharis, Natalia Rosa Keliat, Agna S. Krave, and Daud Ronal Hutagaol. “Penerapan Pembelajaran Aktif Berbasis Tugas Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII B SMP Kristen 2 Salatiga Tahun Pelajaran 2016/2017 Active Learning Application Based on Project Assignment in Improving Science Learning Results of Stu.†Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi 10, no. 1 (February 15, 2017): 33–42. https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v10i1.10140.

Maunah, Binti. Landasan Pendidikan. Yogyakarta: Teras, 2009.

Murti, Warda. “Pengaruh Pemberian Tugas Berbasis Proyek Terhadap Pengembangan Life Skill Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMP.†Jurnal Biotek 4, no. 1 (June 1, 2016): 21–32. https://doi.org/10.24252/jb.v4i1.1767.

“Peringkat Dan Capaian PISA Indonesia Mengalami Peningkatan.†Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, December 6, 2016. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2016/12/peringkat-dan-capaian-pisa-indonesia-mengalami-peningkatan.

Downloads

Published

30-12-2018

How to Cite

Islamiyah, Z. H., & Lestari, W. E. (2018). Pengaruh Model Project-Based Learning Berbasis Alat Peraga Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII MTS Raudhatul Thalabah. Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(2), 139–148. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v6i2.300

Citation Check