Efektivitas Model Pembelajaran ELPSA Berbantuan Aplikasi Wordwall dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa

Authors

  • Merita Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia
  • Nurbaiti Widyasari Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/jpmipa.v13i2.5556

Keywords:

ELPSA, Literasi Numerasi, Wordwall

Abstract

Abstract:

Good numeracy skills are essential for elementary school students because it helps them think independently and develop useful skills in everyday life. This study aims to determine how effectively the ELPSA learning model assisted by the Wordwall application improves students' numeracy literacy skills. This research uses a pre-experimental quantitative method with one group pretest post-test design. The sample used a purposive sampling technique. The data analysis technique with the effect size test obtained a result of 3.61 and is included in the very high criteria, which means that the use of the ELPSA learning model assisted by Wordwall application is very effective in improving students' numeracy literacy skills.

Abstrak:

Kemampuan numerasi yang baik sangat penting bagi siswa sekolah dasar karena membantu mereka berpikir mandiri dan mengembangkan berbagai keterampilan yang berguna dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif model pembelajaran ELPSA berbantuan aplikasi wordwall dalam meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif pre-experimental dengan bentuk one group pretest posttest design. Sebanyak 24 siswa dari kelas V menjadi sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data dengan uji effect size didapatkan hasil sebesar 3,61 dan termasuk dalam kriteria sangat tinggi yang artinya penggunaan model pembelajaran ELPSA berbantuan aplikasi wordwall sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa.

References

A.I Nadia, K.D.A. Afiani, and I. Naila. “Penggunaan Aplikasi Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Selama Pandemi Covid-19.” Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia 12, no. 1 (2022): 33–43. https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v12i1.791.

Almanasreh, Enas, Rebekah J. Moles, and Timothy F. Chen. “A Practical Approach to the Assessment and Quantification of Content Validity.” In Contemporary Research Methods in Pharmacy and Health Services, edited by Shane P. Desselle, Victoria García-Cárdenas, Claire Anderson, Parisa Aslani, Timothy F. Chen, and Aleda M.H. Chen. Elsevier, 2022. https://doi.org/10.1016/B978-0-323-91888-6.00013-2.

Andhika Ayu Wulandari. “Implementasi Worksheet ELPSA Pada Pembelajaran Relasi Rekurensi Implementation of ELPSA Worksheets on Recurrence Relation Learning.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) 6, no. 1 (2017): 60–67.

Arif Agus Mujahidin, Unik Hanifah Salsabila, Aisyah Luthfi Hasanah, Meti Andani, and Windy Aprillia. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Daring (Quizizz, Sway, Dan Wordwall) Kelas 5 Di SD Muhammadiyah 2 Wonopeti.” INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research 1, no. 2 (2021): 552–60.

Ayu Wikasari, I Made Suarsana, and I Gusti Nyoman Yudi Hartawan. “Penerapan Model Pembelajaran Experience, Language, Picture, Symbol, Application (ELPSA) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa.” JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) 4, no. 2 (2020): 308. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i2.3517.

Azizah Siti Lathifah. “Pemanfaatan Teknologi Digital Dalam Pembelajaran Konstruktivisme: Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Era Digital.” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan (JURDIKBUD) 4, no. 1 (2024): 69–76. https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v4i1.2838.

Bella Yurinda and Nurbaiti Widyasari. “Analisis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Guru Profesional Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar.” FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika 8, no. 1 (2022): 47. https://doi.org/10.24853/fbc.8.1.47-60.

Darwanto, Mar’atun Khasanah, and Anggi Monica Putri. “Penguatan Literasi, Numerasi, Dan Adaptasi Teknologi Pada Pembelajaran Di Sekolah (Sebuah Upaya Menghadapi Era Digital Dan Disrupsi).” Jurnal Eksponen 11, no. 2 (2021): 25–35.

Direktorat Sekolah Menengah Pertama. Inspirasi Pembelajaran Yang Menguatkan Numerasi. Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI, 2021.

Eka Patmi Seta, Suherman, and Farida. “Model Pembelajaran ELPSA: Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Dan Kecemasan Belajar.” Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung 9, no. 2 (2021): 156–68. https://doi.org/10.23960/mtk/v9i2.pp156-168.

Gerakan Literasi Nasional. Materi Pendukung Literasi Numerasi. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.

Graldo Immanuel Siagian and Daitin Tarigan. “Pengaruh Media Pembelajaran Berbantuan Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa Matematika Kelas IV SDN 173633 Porsea.” Journal on Education 06, no. 01 (2023): 886–93.

Herwandi and Andi Kaharuddin. “Exploration of the Influence of Learning ELPSA (Experiences, Language, Pictures, Symbols, and Applications) on the Understanding of Mathematical Concepts.” In Indonesian Journal of Instructional Media and Model, vol. 2. no. 2. 2020. www.journal.univetbantara.ac.id/index.php/ijimm.

Hilman Imadul Umam and Salma Hikmatul Jiddiyyah. “Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Ilmiah Sebagai Salah Satu Keterampilan Abad 21.” Jurnal Basicedu 5, no. 1 (2020): 350–56. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.645.

Karunia Eka Lestari and Mokhammad Ridwan Yudhanegara. Penelitian Pendidikan Matematika. PT Refika Aditama, 2017.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Seri Pendidikan Orang Tua: Mendidik Anak Di Era Digital. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018.

Khairunisa. Pemanfaatan Fitur Gamifikasi Daring Maze Chase Wordwall Sebagai Media Pembelajaran Digital Mata Kuliah Statistika Dan Probabilitas. 2021.

Mahmudi, Moh Rosyid, Salshabila, and Sonia Yulia Friska. “Pengembangan Media Game Edukasi Berbasis Web Wordwall Pada Materi Balok dan Kubus Kelas IV SD Dalam Kurikulum Merdeka.” Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 9, no. 4 (2023): 1015–18.

Mustakim. “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar Segiempat Melalui Model Pembelajaran ELPSA Dengan Permainan KSD Bagi Siswa Kelas VII A SMPN 2 Patean Kendal Semester 2 Tahun Pelajaran 2015/2016.” Jurnal Pendidikan 17, no. 1 (2016): 22–44.

Nadia Alfa Rizki and Najam Mudin. “Penerapan Pembelajaran ELPSA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Materi Peluang.” PHI: Jurnal Pendidikan Matematika 7, no. 2 (2023): 126. https://doi.org/10.33087/phi.v7i2.286.

Nana Sutrisna. “Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA Di Kota Sungai Penuh.” Jurnal Inovasi Penelitian 1, no. 12 (2021): 2683–94.

Nindy Puji Nabilah and Attin Warmi. “Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Website Wordwall Games Terhadap Motivasi Belajar Matematika Di Kelas VIII SMPN 2 Jalancagak.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara 4, no. 2 (2023): 1454–64. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v4i2.1062.

OECD. PISA 2022 Results (Volume I): The State of Learning and Equity in Education. PISA. OECD, 2023. https://doi.org/10.1787/53f23881-en.

Primanita Sholihah Rosmana, Sofyan Iskandar, Adesti Novita Sari, Asthiyani Kholida, Dzulfa Nur Firdaus, and Puput Trisnawati. “Penggunaan Media Wordwall Sebagai Evaluasi Pembelajaran Organ Pernapasan Pada Hewan Kelas V Di SDN 3 Nagri Kaler.” Journal on Education 05, no. 02 (2022): 1965–73.

Rahmah Johar, Nurhalimah, and Yusrizal. “Desain Pembelajaran ELPSA Pada Materi Pencerminan.” Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika 6, no. 2 (2016): 49–59.

Simon Panjaitan, Chirstina Sitepu, and Santa Goretty Pintubatu. “Analisis Penerapan Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Pada Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Di Kelas VII SMP Negeri 3 Barusjahe T.A 2023/2024.” INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research 3, no. 5 (2023): 7088–101.

Sri Hartatik and Nafiah. “Kemampuan Numerasi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika.” Education and Human Development Journal 5, no. 1 (2020): 32–42. https://doi.org/10.33086/ehdj.v5i1.1456.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta, 2022.

Syahrina Anisa Pulungan. “Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Pada Materi Persamaan Linear Siswa SMP PAB 2 Helvetia Syahrina Anisa Pulungan.” Journal on Teacher Education 3, no. 3 (2022): 2686–1798.

Tri Suryaningsih, Edwita, and Gusti Yarmi. “The Effect of Realia Media Based On Realistic Mathematics Education On Numeracy Literacy Ability.” AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam 10, no. 2 (2023): 193–204. https://doi.org/10.24252/auladuna.v10i2a6.2023.

U Hasanah, N Fajrie, and D Kurniati. “Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SD Melalui Pendidikan Matematika Realistik Berbantuan Ular Tangga.” PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia 7, no. 2 (2023): 321–30.

Ummu Soim Daimah and Suparni. “Pembelajaran Matematika Pada Kurikulum Merdeka Dalam Mempersiapkan Peserta Didik Di Era Society 5.0.” Journal of Mathematics Education and Applied 4, no. 2 (2023): 131–39. https://doi.org/10.36655/sepren.v4i1.

Wahidatun Nisa Umasyithoh, Febrisa Rifda Izharifa, Puji Lestari, and Diana Ermawati. “Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Wordwall Untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa Kelas I.” JURNAL MAGISTRA 14, no. 2 (2023): 103–14. https://doi.org/10.31942/mgs.

Published

01-10-2025

How to Cite

Merita, & Widyasari, N. (2025). Efektivitas Model Pembelajaran ELPSA Berbantuan Aplikasi Wordwall dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa. Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 13(2), 101–116. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v13i2.5556

Citation Check