Pengembangan Buku Cerita Sains untuk Meningkatkan Minat Belajar Sains Siswa Sekolah Dasar di Malang

Authors

  • Farida Farkhatuz Zuhriyah Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Titis Angga Rini Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Muhammad Iqbal Maulana SDN Percobaan 2 Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/jpmipa.v13i2.7591

Keywords:

Buku Cerita, Minat Belajar, Pengembangan, Sains

Abstract

Abstract:

This study aims to develop a science story book for improve science interest elementary school students in Malang. This research is classified as development research. The research stages use the ADDIE model. This research was conducted at SDN Percobaan 2 Malang, Malang City, East Java Province. The research instrument used validity and effective questionnaire sheet. The research data were analyzed descriptively quantitatively. The results of the study indicated that the science story book meets the validity. Based on the validation results of the material experts, the percentage results were 78% with valid criteria, the media experts obtained a percentage result of 98% with very valid criteria and the validation results of the educator response test obtained a percentage result of 84% with very valid criteria. The effective of science storybooks in students’ interest in learning science obtained a percentage result 83,54% with very high criteria. The conclusion of this study is that the developed science storybook is effective for use in science learning and improve the interest science elementary school students.

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan mengembangkan buku cerita sains untuk meningkatkan minat belajar sains siswa tingkat sekolah dasar. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Tahapan penelitian menggunakan model ADDIE. Penelitian ini dilakukan di SDN Percobaan 2 Malang, Kota Malang, Provinsi Jawa Timur. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket validitas dan angket minat belajar sains. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan buku cerita sains memenuhi syarat validitas. Berdasarkan hasil validasi ahli materi diperoleh hasil persentase 78% dengan kriteria valid, ahli media diperoleh hasil persentase 98% dengan kriteria sangat valid dan hasil validasi uji respon pendidik diperoleh hasil persentase 84% dengan kriteria sangat valid. Uji efektivitas buku cerita sains terhadap minat belajar sains siswa diperoleh hasil persentase 83,54% kategori sangat tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah buku cerita sains yang dikembangkan efektif digunakan dalam pembelajaran sains dan meningkatkan minat belajar sains siswa tingkat sekolah dasar.

References

Afifah, Nur Laila, Murtono Murtono, dan Santoso Santoso. “Pengembangan Buku Saku Berbasis Literasi Sains Untuk Meningkatkan Minat Belajar Tema Organ Gerak Hewan Dan Manusia Pada Siswa Sekolah Dasar.” Journal for Lesson and Learning Studies 3, no. 3 (2020): 448–53. https://doi.org/10.23887/jlls.v3i3.29774.

Argaruri, Y., J. Sulianto., I. Listyarini., D. N. K. S. P. Rini, “Penggunaan Media Pembelajaran Konkret dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika Peserta Didik,” INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 3 No 2 (2023): 189-201, :https://j innovative.org/index.php/Innovative

Andira, Piska Ayu, Andriani Utami, Mirli Astriana, dan Ahmad Walid. “Analisis Minat Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA.” PIONIR: Jurnal Pendidikan 11, no. 1 (2022). https://doi.org/10.22373/pjp.v11i1.13087.

Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) 2024. Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi

Dewi, Vera Rika Gusti, I. Nyoman Jampel, dan Desak Putu Parmiti. “Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas III Melalui Buku Cerita Bergambar.” Jurnal Edutech Undiksha 10, no. 2 (2022): 271–79. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i2.46904.

Dwipayana, Putu Agus Putra, I. Wayan Redhana, dan Putu Prima Juniartina. “Analisis Kebutuhan Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Konteks Budaya Lokal Untuk Pembelajaran IPA SMP.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI) 3, no. 1 (2020): 49–60. https://doi.org/10.23887/jppsi.v3i1.24628.

Ermono, Ervina Ayulia Yunitasari, Ade Cyntia Pritasari, dan Ana Naimatul Jannah. “Validasi Buku Cerita Sains Digital Petualangan Respira Berorientasi Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat.” Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia 4, no. 2 (2025): 120–32. https://doi.org/10.51574/judikdas.v4i2.2304.

Febiwanty, J., D. Mustika, “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Siswa Terhadap Pembelajaran IPA Pada Anak Kelas V di SD Negeri 1 Bukit Batu,” Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Indonesia 2, No 1(2024) : 18 – 25, https://doi.org/10.31004/fjzkcs46

Fitri, Amella Natasya, Yetty Auliaty, dan Imaningtyas. “Pengambangan Buku Cerita Bergambar Digital Berbasis Literasi Sains Pada Pembelajaran Ipa Materi Siklus Air Kelas V SD.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 8, no. 1 (2023): 364–74. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7157.

Gumilar, Eko Bayu. “Problematika Pembelajaran IPA Pada Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar / Madrasah Ibtidaiyah.” Jurnal Pedagogy 16, no. 1 (2023): 129–45. https://doi.org/10.63889/pedagogy.v16i1.159.

Isnaini, Siti Nur, Firman Firman, dan Desyandri Desyandri. “Penggunaan Media Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa Di Sekolah Dasar.” Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar 7, no. 1 (2023): 42–51. https://doi.org/10.24929/alpen.v7i1.183.

Iswanto, Iswanto. “Pengembangan Instrument Minat Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar.” Syntax Idea 3, no. 2 (2021): 338–46. https://doi.org/10.46799/syntax-idea.v3i2.1047.

Khoirunna’imah, ’Abidah, dan Bakti Fatwa Anbiya. “Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Melalui Media Buku Bergambar Dalam Pembelajaran Di Tingkat MI/SD.” Jurnal Harmoni Nusa Bangsa 2, no. 1 (2024): 56–61. https://doi.org/10.47256/jhnb.v2i1.500.

Larayba, L., N. M. Pujani, dan L. M. Priyanka. “Analisis Minat Baca Siswa Pada Materi IPA.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia 12, no. 1 (2022): 30–37. https://doi.org/10.23887/jppii.v12i1.56548.

Larimore, Rachel A. “Preschool Science Education: A Vision for the Future.” Early Childhood Education Journal (Germany) 48, no. 6 (2020): 703–14. https://doi.org/10.1007/s10643-020-01033-9.

Marudut, M. R. H., I. G. Bachtiar., Kadir., V. Iasha. "Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran IPA melalui Pendekatan Keterampilan Proses." Jurnal Basicedu 4, No 3 (2020): 577 - 585. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.401

Mujahidin, Endin, dan Agustini Diah Pancawati. “Pengaruh Materi Cerita Terhadap Perkembangan Kepribadian Anak.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 2 (2018): 211–28. https://doi.org/10.30868/ei.v7i2.283.

Neno, Fobona Eunike, dan Dani Kusuma. “Pengembangan Komik Congklak untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa SD.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 6, no. 6 (2024): 6682–93. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i6.7746.

Parisu, Chairan Zibar L., La Sisi, dan Arna Juwairiyah. “Pengembangan Literasi Sains Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran IPA.” Jurnal Pendidikan Multidisiplin 1, no. 1 (2025): 11–19. https://doi.org/10.54297/jpmd.v1i1.880.

Pratiwi, Sifa, Elsa Komala, dan Erma Monariska. “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Cerita Bergambar Matematika.” Jurnal Analisa 6, no. 2 (2020): 143–52. https://doi.org/10.15575/ja.v6i2.9033.

Putrawangsa, Susilahudin, dan Uswatun Hasanah. “Analisis Capaian Siswa Indonesia Pada PISA Dan Urgensi Kurikulum Berorientasi Literasi Dan Numerasi.” EDUPEDIKA: Jurnal Studi Pendidikan Dan Pembelajaran 1, no. 1 (2022): 1–12. https://doi.org/10.60004/edupedika.v1i1.1.

Rosyana, Aulia, Mohammad Liwa Ilhamdi, dan Nurul Kemala Dewi. “Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Pelajaran IPA.” Jurnal Pijar Mipa 16, no. 3 (2021): 302–9. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i3.2473.

Rusydiana, Uzlifatul, Wahono Widodo, dan Nadi Suprapto. “The Development of Picture Story Book to Improve the Science Literacy Skills of Grade 4 Elementary School Student.” Studies in Philosophy of Science and Education 4, no. 1 (2023): 22–34. https://doi.org/10.46627/sipose.v4i1.274.

Wijaya, I Komang Wisnu Budi, Ni Nyoman Tri Wahyuni, I Made Wiguna Yasa, Ni Nyoman Suastini, dan Ening Manika Santi. “Pengembangan Buku Cerita Sains Bergambar Untuk Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial (IPAS) Kelas III Sekolah Dasar.” Dharmas Education Journal (DE_Journal) 5, no. 2 (2024): 1280–89. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1636.

Published

14-10-2025

How to Cite

Farida Farkhatuz Zuhriyah, Titis Angga Rini, & Muhammad Iqbal Maulana. (2025). Pengembangan Buku Cerita Sains untuk Meningkatkan Minat Belajar Sains Siswa Sekolah Dasar di Malang. Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 13(2), 165–178. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v13i2.7591

Citation Check