Pengembangan Buku Cerita Sains untuk Meningkatkan Minat Belajar Sains Siswa Sekolah Dasar di Malang
DOI:
https://doi.org/10.24256/jpmipa.v13i2.7591Keywords:
Buku Cerita, Minat Belajar, Pengembangan, SainsAbstract
Abstract:
Abstrak:
References
Afifah, Nur Laila, Murtono Murtono, dan Santoso Santoso. “Pengembangan Buku Saku Berbasis Literasi Sains Untuk Meningkatkan Minat Belajar Tema Organ Gerak Hewan Dan Manusia Pada Siswa Sekolah Dasar.” Journal for Lesson and Learning Studies 3, no. 3 (2020): 448–53. https://doi.org/10.23887/jlls.v3i3.29774.
Argaruri, Y., J. Sulianto., I. Listyarini., D. N. K. S. P. Rini, “Penggunaan Media Pembelajaran Konkret dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika Peserta Didik,” INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 3 No 2 (2023): 189-201, :https://j innovative.org/index.php/Innovative
Andira, Piska Ayu, Andriani Utami, Mirli Astriana, dan Ahmad Walid. “Analisis Minat Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA.” PIONIR: Jurnal Pendidikan 11, no. 1 (2022). https://doi.org/10.22373/pjp.v11i1.13087.
Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) 2024. Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi
Dewi, Vera Rika Gusti, I. Nyoman Jampel, dan Desak Putu Parmiti. “Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas III Melalui Buku Cerita Bergambar.” Jurnal Edutech Undiksha 10, no. 2 (2022): 271–79. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i2.46904.
Dwipayana, Putu Agus Putra, I. Wayan Redhana, dan Putu Prima Juniartina. “Analisis Kebutuhan Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Konteks Budaya Lokal Untuk Pembelajaran IPA SMP.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI) 3, no. 1 (2020): 49–60. https://doi.org/10.23887/jppsi.v3i1.24628.
Ermono, Ervina Ayulia Yunitasari, Ade Cyntia Pritasari, dan Ana Naimatul Jannah. “Validasi Buku Cerita Sains Digital Petualangan Respira Berorientasi Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat.” Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia 4, no. 2 (2025): 120–32. https://doi.org/10.51574/judikdas.v4i2.2304.
Febiwanty, J., D. Mustika, “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Siswa Terhadap Pembelajaran IPA Pada Anak Kelas V di SD Negeri 1 Bukit Batu,” Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Indonesia 2, No 1(2024) : 18 – 25, https://doi.org/10.31004/fjzkcs46
Fitri, Amella Natasya, Yetty Auliaty, dan Imaningtyas. “Pengambangan Buku Cerita Bergambar Digital Berbasis Literasi Sains Pada Pembelajaran Ipa Materi Siklus Air Kelas V SD.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 8, no. 1 (2023): 364–74. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7157.
Gumilar, Eko Bayu. “Problematika Pembelajaran IPA Pada Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar / Madrasah Ibtidaiyah.” Jurnal Pedagogy 16, no. 1 (2023): 129–45. https://doi.org/10.63889/pedagogy.v16i1.159.
Isnaini, Siti Nur, Firman Firman, dan Desyandri Desyandri. “Penggunaan Media Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa Di Sekolah Dasar.” Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar 7, no. 1 (2023): 42–51. https://doi.org/10.24929/alpen.v7i1.183.
Iswanto, Iswanto. “Pengembangan Instrument Minat Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar.” Syntax Idea 3, no. 2 (2021): 338–46. https://doi.org/10.46799/syntax-idea.v3i2.1047.
Khoirunna’imah, ’Abidah, dan Bakti Fatwa Anbiya. “Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Melalui Media Buku Bergambar Dalam Pembelajaran Di Tingkat MI/SD.” Jurnal Harmoni Nusa Bangsa 2, no. 1 (2024): 56–61. https://doi.org/10.47256/jhnb.v2i1.500.
Larayba, L., N. M. Pujani, dan L. M. Priyanka. “Analisis Minat Baca Siswa Pada Materi IPA.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia 12, no. 1 (2022): 30–37. https://doi.org/10.23887/jppii.v12i1.56548.
Larimore, Rachel A. “Preschool Science Education: A Vision for the Future.” Early Childhood Education Journal (Germany) 48, no. 6 (2020): 703–14. https://doi.org/10.1007/s10643-020-01033-9.
Marudut, M. R. H., I. G. Bachtiar., Kadir., V. Iasha. "Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran IPA melalui Pendekatan Keterampilan Proses." Jurnal Basicedu 4, No 3 (2020): 577 - 585. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.401
Mujahidin, Endin, dan Agustini Diah Pancawati. “Pengaruh Materi Cerita Terhadap Perkembangan Kepribadian Anak.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 2 (2018): 211–28. https://doi.org/10.30868/ei.v7i2.283.
Neno, Fobona Eunike, dan Dani Kusuma. “Pengembangan Komik Congklak untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa SD.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 6, no. 6 (2024): 6682–93. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i6.7746.
Parisu, Chairan Zibar L., La Sisi, dan Arna Juwairiyah. “Pengembangan Literasi Sains Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran IPA.” Jurnal Pendidikan Multidisiplin 1, no. 1 (2025): 11–19. https://doi.org/10.54297/jpmd.v1i1.880.
Pratiwi, Sifa, Elsa Komala, dan Erma Monariska. “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Cerita Bergambar Matematika.” Jurnal Analisa 6, no. 2 (2020): 143–52. https://doi.org/10.15575/ja.v6i2.9033.
Putrawangsa, Susilahudin, dan Uswatun Hasanah. “Analisis Capaian Siswa Indonesia Pada PISA Dan Urgensi Kurikulum Berorientasi Literasi Dan Numerasi.” EDUPEDIKA: Jurnal Studi Pendidikan Dan Pembelajaran 1, no. 1 (2022): 1–12. https://doi.org/10.60004/edupedika.v1i1.1.
Rosyana, Aulia, Mohammad Liwa Ilhamdi, dan Nurul Kemala Dewi. “Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Pelajaran IPA.” Jurnal Pijar Mipa 16, no. 3 (2021): 302–9. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i3.2473.
Rusydiana, Uzlifatul, Wahono Widodo, dan Nadi Suprapto. “The Development of Picture Story Book to Improve the Science Literacy Skills of Grade 4 Elementary School Student.” Studies in Philosophy of Science and Education 4, no. 1 (2023): 22–34. https://doi.org/10.46627/sipose.v4i1.274.
Wijaya, I Komang Wisnu Budi, Ni Nyoman Tri Wahyuni, I Made Wiguna Yasa, Ni Nyoman Suastini, dan Ening Manika Santi. “Pengembangan Buku Cerita Sains Bergambar Untuk Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial (IPAS) Kelas III Sekolah Dasar.” Dharmas Education Journal (DE_Journal) 5, no. 2 (2024): 1280–89. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1636.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who wish to publish and disseminate their papers with the Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, shall agree to the publishing rights set by Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Authors understand that they shall assign publication rights as part of the process upon acceptance for publication. The authors agreed that they would transfer certain copyrights to Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Consecutively, authors still retain some rights to use and share their own published articles without written permission from Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.
Authors granted Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam the following rights; (1) the right to publish and provide the manuscripts in all forms and media for publication and dissemination, (2) the authority to enforce the rights in the manuscript, for example in the case of plagiarism or in copyright infringement.
Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam will follow COPE's Code of Conduct and Best Practice Guidelines for Journal Editors to protect the research results and take allegations of any infringements, plagiarisms, ethical issues, and frauds should those issues arise. The manuscript is attributed as the authors' work, and is properly identified.