ANALISIS KESULITAN BELAJAR BAHASA ARAB MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB IAIN PALOPO
DOI:
https://doi.org/10.24256/jale.v2i1.1206Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor Kesulitan Belajar Bahasa Arab Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palopo. jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Adapun hasil analisis penulis adalah: Faktor faktor kesulitan belajar bahasa Arab yang dihadapi oleh mahasiswa program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palopo  antara lain faktor kurikulum dimana kurikulum yang kurang baik berpengaruh terhadap cara belajar peserta didik dan adapun komponen-komponen kurikulum yaitu, tujuan, materi, metode, evaluasi. Selanjutnya faktor peserta didik yang terdiri dari mahasiswa, latar belakang pendidikan, Tidak ada dasar dan kurangnya kosakata. Selanjutnya faktor pendidik yaitu dosen atau guru tidak kalah penting untuk diperhatikan dan pendidik harus profesional, serta memberikan pengajaran yang baik. Selain itu ada faktor metode, faktor media, faktor fasilitas, faktor sosial atau lingkungan dan yang terakhir faktor fisiologi dan psikologis.
References
Daftar Pustaka
Arsyad, Azhar. 2004. Bahasa arab dan Metode Pengajarannya. (Beberapa Pokok Pikiran),Cet.II; Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Chaer, Abdul. 2003 Psikolinguistik Kajian Teoritik, Jakarta: PT Rineka Cipta.
Indrakusuma, Daien Amir. 1973. Pengantar Ilmu Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional.
Mujib, Fathul , dan Rahmawati Nailur. 2011. Metode Permainan-Permainan Edukatif dalam Belajar Bahasa Arab, Cet.I; Jogjakarta: Diva Press.
Purwanto Ngalim. 2007. Psikologi Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sukmadinata, Syaodih, Nana. 2007. Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sumarsono dan Partana, Paina. 2004. Sosiolinguistik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Syah Muhibbin. 2008 Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif,Cet. IV; Jakarta: PT Rineka Cipta, 1998.
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 1997.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2020 AL IBRAH: Journal of Arabic Languange Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under CC BY-SA 4.0
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.