Musykilat Taqwim Talim al-Lugah al-Arabiyyah wa Hillu laha fii al-Fasl al-Asyir al-Madrasah al-Aliyah al-Hukumiyyah Palopo

muhaemin muhaemin

Abstract


Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan dalam bentuk deskriptif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangakan metode analisis datanya adalah deskriptif, yang menggambarkan dan menganalisis semua hal yang menjadi fokus penelitian ini. Hasil penelitian adalah (1) model evaluasi yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab adalah evaluasi dasar kelas secara bekelanjutan. (2) Bentuk evaluasi yang dipergunakan oleh guru bahasa Arab adalah penggunaan dua bentuk tes saja dari jenis-jenis evaluasi. (3) Hambatan yang dihadapi oleh guru adalah masalah teknis pada uji ambang batas dari nilai 75 standar utuk dijadikan sempurna atau lengkap yang terasa berat bagi kebanyakan pengajar. Solusi yang ditawarkan adalah menggunakan sistem penjadwalan sehingga waktu terdengar cukup untuk menguji peserta didik dan memberikan tugas tambahan bagi mereka yang memiliki program remedial karena mereka belum mencapai minimum.

Kata kunci: Problematika pembelajaran bahasa Arab

Full Text:

PDF

References


Arifin, Zaenal. Evaluasi Pembelajaran. Bandung; Remaja Rosdakarya, 2009.

Muhajir, AsAril. Ilmu Pendidikan Perpektif Kontekstual. Cet, 1; Jogjalarta: Ar-Ruzz Media, 2011.

Mujib, Fathul. Rekontruksi Pendidikan Bahasa Arab dari Pendekatan Konvensional ke Integrative Humanis. Yogyakarta: Bintang: Pustaka Abadi 2010.

Mulyasa, E. Standar Kompotensi Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya 2007.

Purwanto, Ngalim. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.

Seputar pendidikan 003.blogspot.com/2010/06/Pentingnya Evaluasi Pembelajaran.html 09 september 2014.

Sudijono, Anas. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Cet VII Jakarta: Raja Grafindo Persada 2009.

Sukmara, Dewi. Implementasi Life Skill dalam KTSP. Bandung; Mughni Sejahtera, 2007.

Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan dalam Pendekatan Baru. Cet.XIII; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.




DOI: https://doi.org/10.24256/jale.v1i1.363

Article Metrics

Abstract view : 40 times
PDF - 51 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.